Ketahui 10 Efek Samping setelah Operasi Caesar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi operasi caesar. Shutterstock

Ilustrasi operasi caesar. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Efek samping setelah operasi caesar pada setiap orang berbeda-beda. Namun menurut pakar kesehatan, ada beberapa efek samping umum setelah operasi caesar seperti sembelit hingga masalah dasar panggul. 

1. Mengalami Sembelit

Operasi caesar dapat memperlambat buang air besar Anda. Ada tiga alasan utama untuk hal ini, menurut Stephanie Hack, dokter kandungan dan ginekolog bersertifikat dan pendiri Lady Parts Doctor.

“Pertama, usus sedikit ‌terkejut‌ setelah operasi caesar,” kata dr. Hack dikutip dari Livestrong, 10 Januari 2024. Selama operasi, usus Anda mengalami banyak hal - usus dimanipulasi secara manual dan dipindahkan ke rahim Anda, tambahnya.

Kedua, beberapa obat yang Anda minum memiliki efek memperlambat buang air besar. Ini termasuk anestesi yang digunakan selama operasi caesar serta obat pereda nyeri yang mungkin Anda minum setelah operasi, kata Marcy Crouch, ahli terapi fisik dasar panggul.

“Terakhir, Anda sering diminta untuk tidak makan selama jangka waktu tertentu sebelum dan sesudah operasi caesar,” kata dr. Hack.

"Ini mengurangi jumlah makanan di usus Anda, dan dengan demikian dapat menambah waktu sebelum Anda buang air besar lagi."

Kurangnya makanan dan cairan juga dapat membuat Anda dehidrasi, yang menyebabkan sembelit. Menyusui juga dapat memperburuk sembelit, kata Crouch. Itu karena banyak air yang Anda minum digunakan untuk membuat susu (bukan untuk buang air besar).

Cara mengatasi

Penuhi kebutuhan cairan, makanan kaya serat khususnya buah plum, dan banyak jalan kaki.

Dan jika memungkinkan, batasi obat-obatan yang menyebabkan sembelit atau strategi manajemen nyeri, saran dr. Hack.

2. Tidak Dapat Mengangkat Benda yang Berat

Setelah operasi caesar, rekomendasi umum adalah menghindari mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bayi Anda selama enam hingga delapan minggu pertama, menurut Mount Sinai. Sebab mengangkat benda berat dapat menghambat proses penyembuhan.

Selama operasi caesar, dokter harus memotong banyak lapisan jaringan di perut Anda untuk sampai ke rahim Anda. “Memberikan terlalu banyak tekanan pada lapisan ini sebelum benar-benar sembuh dapat menyebabkan lapisan tersebut terbuka kembali, sehingga Anda kesakitan dan cedera,” kata dr. Hack.

Cara mengatasi

Kesabaran adalah kuncinya. “Biarkan tubuh Anda pulih,” kata dr. Hack.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mendapat lampu hijau untuk melanjutkan aktivitas normal setelah delapan minggu. Selalu konfirmasi dengan dokter atau bidan Anda sebelum meningkatkan aktivitas fisik Anda, pesan dr. Hack.

3. Sakit di Lokasi Sayatan

Kebanyakan orang merasakan nyeri di lokasi sayatan setelah operasi caesar, kata Crouch. Anda mungkin merasakannya kapan pun Anda mengaktifkan area perut, atau bahkan saat Anda tidak menduganya seperti saat Anda tertawa, batuk, atau bersin.

Ingat, Anda baru saja menjalani operasi besar yang melibatkan pemotongan banyak lapisan jaringan. Merasa sakit adalah hal yang wajar.

Lokasi sayatan Anda mungkin akan terasa lunak selama tiga minggu atau lebih, tetapi untungnya, rasa sakit yang hebat akan hilang setelah sekitar tiga hari pasca operasi, menurut Mount Sinai.

Bagi sebagian orang, sensitivitas bekas luka dan nyeri [bekas luka] dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Cara mengatasi

“Menjaga area sayatan tetap bersih dan kering, dan mengikuti saran dokter mengenai manajemen nyeri, dapat membantu,” kata Crouch.

Selama dua minggu pertama, kebanyakan orang meminum obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Meskipun banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas umumnya aman, selalu bicarakan dengan dokter kandungan atau bidan Anda sebelum meminum obat apa pun, terutama jika Anda sedang menyusui.

Tips lainnya untuk mengurangi rasa sakit pada sayatan adalah memeluk bantal saat Anda harus tertawa, batuk, atau bersin.

“Hal ini memberikan pertahanan pada perut dan bekas luka Anda, dan membuat gerakan tersebut lebih nyaman,” kata Crouch.

Mengenakan pakaian longgar, yang tidak akan bergesekan dengan lokasi sayatan, juga merupakan cara bagus untuk mencegah rasa sakit.

Dan jika sensitivitas dan nyeri bekas luka Anda bertahan lebih lama, beri tahu dokter kandungan atau bidan Anda. Mereka mungkin dapat merujuk Anda ke terapi fisik atau dasar panggul.

4. Berisiko Lebih Besar Mengalami Penggumpalan Darah

Secara umum, kehamilan membuat Anda berisiko lebih besar mengalami pembekuan darah. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada faktor pembekuan Anda pada masa prenatal dan postpartum, menurut dr. Hack.

Peningkatan risiko Anda juga bisa disebabkan oleh tekanan pada pembuluh darah di panggul dan kaki akibat rahim Anda yang semakin besar, menurut UT Southwestern Medical Center. Tekanan ini memperlambat kembalinya darah, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya penggumpalan.

Secara khusus, operasi caesar sendiri menggandakan risiko penggumpalan darah di kaki, organ panggul, atau paru-paru, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Jika Anda tidak banyak bergerak, aliran darah menjadi lamban sehingga membuat darah menggenang di tempat tertentu dan kemungkinan menggumpal.

Tanda-tanda penggumpalan darah di lengan atau kaki Anda mungkin termasuk yang berikut, menurut CDC:

- Pembengkakan

- Nyeri yang bukan disebabkan oleh cedera

- Kulit hangat saat disentuh

- Kemerahan atau perubahan warna pada kulit

Tanda-tanda penggumpalan darah di paru-paru Anda mungkin termasuk yang berikut, menurut CDC:

- Sulit bernapas

- Nyeri dada yang memburuk saat menarik napas dalam atau batuk

- Batuk darah

- Detak jantung lebih cepat dari normal atau tidak teratur

Jika Anda merasakan gejala-gejala ini, segera dapatkan pertolongan medis karena pembekuan darah bisa berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.

Cara mengatasi

Setelah operasi caesar, dokter Anda mungkin memasang alat kompresi di kaki Anda agar darah Anda tidak menggenang, menurut UT Southwestern Medical Center. Kompresi lembut membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penggumpalan.

Selain itu, menjadi aktif sesegera mungkin setelah operasi caesar dapat membantu, menurut dr. Hack. Misal berjalan di sekitar ruangan rumah sakit, atau bahkan menggerakkan lengan dan kaki sambil duduk, dapat membantu.

Selain itu, pastikan untuk mendiskusikan riwayat kesehatan Anda dengan dokter atau bidan. Kondisi medis tertentu mungkin membuat Anda rentan mengalami pembekuan darah dan memerlukan obat anti-pembekuan darah.

5. Inti Tubuh Mungkin Lemah

Operasi caesar untuk sementara dapat melemahkan inti tubuh Anda karena dua alasan. Yang pertama adalah kehamilan itu sendiri, yang telah meregangkan otot perut Anda selama sembilan bulan.

“Hal lainnya adalah ini adalah operasi besar [perut],” kata Crouch. Sifat dari prosedur ini semakin melemahkan inti Anda. “Untuk mencapai rahim Anda, otot perut Anda dipisahkan di garis tengah, dan dalam beberapa kasus, dipotong,” kata dr. Hack.

Ditambah lagi sayatannya menembus banyak lapisan jaringan, tambah Crouch. Pantas saja inti Anda terasa tidak stabil saat dalam proses pemulihan.

Cara mengatasi

Meskipun Anda mungkin terburu-buru untuk membangun kembali kekuatan inti, Anda harus memberikan waktu yang cukup untuk penyembuhan guna mencegah kemungkinan cedera, kata dr. Hack.

Sit-up dan latihan lain yang berfokus pada otot perut terlalu berat (dan berpotensi berbahaya) selama hari-hari dan minggu-minggu awal penyembuhan, namun masih ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kekuatan inti Anda.

Berikut tips untuk merehabilitasi otot inti Anda dengan aman menurut Crouch.

- Lakukan gerakan lembut seperti jalan ringan

- Fokus pada latihan pernapasan

- Aktifkan perut Anda secara perlahan saat Anda bangun dari tempat tidur, mengangkat bayi, atau bergerak di sekitar rumah

- Saat bangun dari tempat tidur, bergulinglah ke samping dan gunakan tangan Anda untuk mendorong hingga posisi duduk

- Setelah dokter atau bidan memberi Anda lampu hijau untuk berolahraga (biasanya sekitar enam hingga delapan minggu), mulailah dengan program pascapersalinan yang lambat dan terfokus.

Selanjutnya, efek samping setelah operasi caesar seperti keputihan hingga kerusakan saraf.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."