Hipertensi Selama Kehamilan Bisa Tingkatkan Risiko Gangguan Kardiovaskular

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita hamil. Freepik.com/user18526052

Ilustrasi wanita hamil. Freepik.com/user18526052

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebuah studi oleh Rutgers Health menemukan bahwa masalah hipertensi selama kehamilan meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular hingga satu tahun setelah melahirkan. Para peneliti di Rutgers Health menemukan bahwa masalah hipertensi selama kehamilan sangat berkaitan dengan penyakit kardiovaskular hingga satu tahun setelah kelahiran. 

Semua kelainan hipertensi yang menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya selama kehamilan--hipertensi kronis, hipertensi gestasional, preeklamsia tanpa gejala berat, preeklampsia dengan gejala berat, preeklampsia superimpose, dan eklampsia--kecuali diabetes gestasional, dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian sebesar dua kali lipat. penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan wanita dengan tekanan darah normal.

Ibu hamil dengan gangguan hipertensi, terutama yang sudah memiliki riwayat hipertensi, memerlukan perawatan berkualitas tinggi karena penyakit jantung dan gejala jantung terkait dapat disalahartikan sebagai gejala umum kehamilan normal. Eklampsia, sebuah sindrom di mana masalah hipertensi menyebabkan kejang, dikaitkan dengan peningkatan sekitar 58 kali lipat penyakit kardiovaskular yang fatal, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Epidemiologi Pediatri dan Perinatal.

“Angka kematian ibu dan nifas di AS lebih tinggi dibandingkan negara berpendapatan tinggi lainnya dan terus meningkat, namun lebih dari separuh kematian akibat penyakit kardiovaskular dapat dicegah,” kata penulis utama Rachel Lee, analis data di Rutgers Robert Wood Johnson Medical. 

“Studi ini memberikan informasi baru tentang bagaimana setiap gangguan hipertensi berhubungan dengan penyakit kardiovaskular yang fatal, sehingga penyedia layanan kesehatan dapat memantau pasien dengan komplikasi tersebut lebih dekat dan mengembangkan strategi untuk menjaga mereka tetap sehat pasca-melahirkan.”

Para peneliti menggunakan Nationwide Readmissions Database untuk memeriksa angka kematian terkait kehamilan pada wanita berusia 15 hingga 54 tahun dari tahun 2010 hingga 2018. Data dari lebih dari 33 juta rawat inap yang melahirkan mengidentifikasi gangguan hipertensi pada 11 persen pasien, namun jumlah tersebut meningkat seiring berjalannya waktu. Pada tahun 2010, 9,4 persen pasien dalam penelitian ini menderita gangguan hipertensi dalam kehamilan. Pada tahun 2018, angka tersebut meningkat lebih dari setengahnya menjadi 14,4 persen.

“Kita sudah lebih baik dalam memprediksi, mendiagnosis, dan mengobati preeklamsia di negara ini, sehingga risiko kematian setiap pasien dengan kondisi tersebut berkurang,” kata Cande Ananth, kepala Divisi Epidemiologi dan Biostatistik di Departemen Epidemiologi dan Biostatistik. Ilmu Obstetri, Ginekologi, dan Reproduksi di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School dan penulis senior studi ini.

Sayangnya, Ananth mencatat, peningkatan tajam jumlah pasien yang mengidap hipertensi kronis tidak hanya mengimbangi peningkatan kemampuan untuk mengobatinya.

“Kasus hipertensi kronis meningkat tajam di kalangan usia subur, namun strategi pengobatan yang optimal masih belum pasti,” katanya. “Meskipun kita merawat lebih banyak orang hamil dengan hipertensi ringan dengan obat antihipertensi, masih banyak pertanyaan tentang definisi yang tepat mengenai hipertensi pada wanita hamil dibandingkan dengan orang yang tidak hamil.”

Ibu hamil dengan gangguan hipertensi, terutama yang sudah memiliki riwayat hipertensi, memerlukan perawatan berkualitas tinggi karena penyakit jantung dan gejala jantung terkait dapat disalahartikan sebagai gejala umum kehamilan normal. Keterlambatan diagnosis dikaitkan dengan peningkatan kejadian komplikasi yang dapat dicegah, kata penulis penelitian. Identifikasi dini dan pengobatan optimal gangguan hipertensi, khususnya preeklampsia-eklampsia, sangat penting untuk pencegahan primer stroke pada ibu.

Pilihan Editor: 5 Menu Lebaran Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Hipertensi dan Kolesterol

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."