5 Menu Lebaran Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Hipertensi dan Kolesterol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi gulai kambing. Tabloidbintang

Ilustrasi gulai kambing. Tabloidbintang

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen istimewa bagi masyarakat Muslim setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa. Ragam hidangan menu lebaran pun tersaji. Namun, untuk penderita penyakit tertentu seperti kolesterol tinggi dan hipertensi sangat perlu memperhatikan kandungan yang ada dalam hidangan lebaran.

Berikut 5 hidangan yang sebaiknya dihindari penderita hipertensi dan kolesterol.

1. Gulai Kambing

Makan besar saat lebaran mungkin akan terasa kurang afdol tanpa kehadiran olahan daging kambing. Salah satu hidangan berbahan dasar kambing yang identik dengan lebaran adalah gulai kambing. Melansir dari Jurnal Kesehatan Masyarakat, daging kambing berpotensi meningkatkan tekanan darah karena memiliki protein yang tinggi. Protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen yang diikuti dengan peningkatan tekanan darah di dalam tubuh.

2. Daging Rendang

Tersusun atas bahan dapur yang kompleks rendang menghasilkan perpaduan cita rasa yang nikmat bagi orang Indonesia. Tak heran kuliner yang menjadi identitas Indonesia di kancah internasional ini tak pernah luput disajikan di hari-hari besar termasuk saat lebaran. Dalam membuat bumbu rendang umumnya kehadiran garam tak pernah absen. Dikutip dari Tempo.co, garam kaya akan kadar natrium di dalamnya, yang bila dikonsumsi penderita hipertensi dalam jumlah banyak bisa meningkatkan tekanan darah.

3. Opor Daging

Opor daging dalam pembuatannya juga melibatkan santan serta daging-dagingan seperti sapi dan kambing. Dalam santan sebenarnya tidak memiliki masalah kesehatan saat dikonsumsi dalam kondisi segar, namun, yang menyebabkan santan jadi memiliki lemak tinggi adalah melalui proses pemanasan hingga beberapa kali. Lemak dalam santan bisa berubah menjadi lemak jenuh yang berbahaya bagi aliran darah manusia.

4. Sambel Goreng Jeroan

Sambel goreng jeroan memadukan unsur kentang, jeroan ayam atau daging lainnya dan diolah dengan bumbu cabai merah. Sekilas masakan ini tampak sederhana, namun, buruk untuk penderita hipertensi. Dilansir dari yankes.kemkes.go.id jeroan sebenarnya banyak mengandung gizi yang diperlukan untuk tubuh, namun, di satu sisi jeroan juga mengandung kolesterol, lemak, serta purin yang tinggi. Penderita hipertensi sebaiknya tidak mencoba makanan jeroan.

5. Makanan Gorengan

Sekilas tampak sederhana, gorengan seperti bakwan, pisang goreng, cireng, tahu, dan sebagainya umumnya memang cocok disajikan sebagai teman ngobrol untuk silaturahmi. Yang membuat kurang sehat adalah kandungan minyaknya, orang dengan tekanan darah tinggi tidak diperkenankan mengonsumsi makanan yang berminyak karena memiliki lemak jenuh tinggi.

Itulah 5 menu Lebaran yang sebaiknya dihindari penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Pilihan Editor: Pasien Hipertensi, Hindari Minum Kopi 2 Cangkir atau Lebih dalam Sehari

MELINDA KUSUMA NINGRUM I  DINA OKTAFERIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."