10 Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kering dan pori-pori besar. Freepik.com

Ilustrasi kulit kering dan pori-pori besar. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pori-pori tersumbat adalah akibat dari sel kulit mati dan sebum yang menumpuk seiring berjalannya waktu. Ukuran dan jumlah pori-pori wajah sangat bervariasi berdasarkan jenis kelamin, lokasi di tubuh, dan etnis.

Beragam penyebab pori-pori tersumbat mulai dari genetik, peningkatan produksi sebum, peradangan, dan peningkatan C. acnes. Ketika sebum menumpuk, mikrokomedo terbentuk. Ada dua jenis komedo, yakni komedo tertutup (komedo putih) dan komedo terbuka (komedo hitam).

Jenis kulit berminyak lebih rentan mengalami penyumbatan pada pori-porinya. Namun, setiap jenis kulit rentan terhadap penyumbatan pori-pori. Berikut sejumlah cara mengatasi pori-pori tersumbat yang perlu diketahui. 

1. Bersihkan dengan Soda Kue

Sebelum pergi ke apotek, periksa dapur Anda untuk mencari bahan-bahan yang dapat membuka pori-pori yang tersumbat, seperti soda kue. Ternyata bahan standar rumah tangga bisa menjadi pembersih pori-pori dalam yang mudah terkelupas dengan lembut juga.

Cobalah scrub pembersih DIY soda kue, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

1. Pertama, campurkan dua sendok teh soda kue dengan satu sendok teh air untuk membuat pasta.

2. Ambil campuran tersebut dengan jari Anda dan, dengan gerakan memutar, pijat lembut pasta soda kue ke wajah Anda.

3. Biarkan di kulit selama lima hingga 10 menit.

4. Bilas hingga bersih.

Namun dokter kulit bersertifikat Rachel Nazarian mencatat bahwa bagi banyak orang, soda kue dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Dia merekomendasikan Anda 'menggunakan secara konservatif dan memantau kemerahan, gatal, atau tanda-tanda peradangan.'

Untuk mencegah kekeringan dan mengoptimalkan manfaat masker wajah Anda, pastikan untuk segera menindaklanjutinya dengan toner dan pelembap.

2.  Eksfoliasi dengan Asam Laktat

Terkait eksfoliasi, Anda memiliki dua pilihan utama: eksfoliator fisik atau jenis eksfoliasi kimia. Asam laktat adalah asam alfa-hidroksi (AHA) yang mungkin lebih lembut dibandingkan bahan pengelupas kulit lainnya, seperti asam sitrat. “Ia bekerja dengan [melarutkan] kotoran dari dalam pori-pori,” kata dokter kulit bersertifikat Tiffani J. Libby.

“Saya akan merekomendasikan penggunaan yogurt Yunani, yang mengandung enzim asam laktat untuk memecah sel kulit mati, dan mungkin lebih berguna untuk memperbaiki pori-pori yang tersumbat tanpa risiko tinggi [iritasi],” ucap dokter Nazarian dikutip dari Byrdie

3. Bersihkan Secara Mendalam dengan Pore Strips

Pore strip adalah salah satu solusi untuk menghilangkan komedo dan penumpukan di sekitar hidung. Saat ini, ada cara yang lebih lembut dan efektif untuk membuka pori-pori yang tersumbat di sekitar lubang hidung, namun ada pula yang berhasil dengan strip dan tidak mengalami iritasi. Bioré Deep Cleansing Pore Strips, misalnya, dibuat dengan bahan pengikat selektif yang bertindak sebagai magnet, mengunci dan mengangkat kotoran dan penumpukan dari dalam pori-pori Anda, menurut mereknya.

4. Eksfoliator Mekanis

Ini adalah salah satu cara paling sederhana dan mendasar untuk membuka pori-pori tersumbat dan menjaganya tetap seperti itu. Meskipun demikian, mengganggu pelindung kulit berulang kali dapat memperburuk masalah yang Anda alami. Pastikan untuk melakukan eksfoliasi hanya beberapa kali seminggu agar kulit Anda memiliki waktu untuk menyeimbangkan kembali dirinya.

Jika Anda suka menggunakan eksfoliator fisik (juga dikenal sebagai manual atau mekanis) dan kulit Anda dapat mengatasinya, setidaknya pilihlah alat yang tidak terlalu keras, seperti sikat atau kain, daripada scrub jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat. Lulur yang kasar justru dapat menyebarkan bakteri, dan hal ini merupakan kebalikan dari apa yang Anda inginkan saat membuka pori-pori yang tersumbat.

Dan jika eksfoliator manual Anda tidak berhasil, cobalah kombinasi perangkat pembersih dengan eksfoliator kimia. 

5. Pakai Masker Tanah Liat

Masker arang, meski populer, tidak memiliki banyak bukti di balik kemanjurannya dalam menghilangkan minyak dan kotoran.

“Saya akan merekomendasikan alternatif seperti masker dengan tanah liat bentonit, yang telah menunjukkan keberhasilan dalam menyerap minyak. Saya menyukai Masker Tanah Liat Purifikasi Cetaphil, yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan menggunakan tanah liat bentonit dan bahan pelembab lainnya untuk secara efektif menghilangkan minyak berlebih sekaligus menutrisi kulit. kulit pada saat yang sama," kata dokter Libby.

Di halaman selanjutnya, ektraksi hingga hydrafacial termasuk cara mengatasi pori-pori tersumbat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."