10 Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kering dan pori-pori besar. Freepik.com

Ilustrasi kulit kering dan pori-pori besar. Freepik.com

IKLAN

6. Ekstraksi dari Profesional

Mengunjungi klinik atau spa untuk perawatan wajah adalah langkah bagus untuk membuka pori-pori tersumbat. Setelah pori-pori terbuka, facialist Anda akan melakukan ekstraksi. “Ekstraksi manual adalah cara fisik untuk menghilangkan kotoran dari pori-pori, menghilangkan kemacetan dan membuatnya terlihat lebih kecil,” kata dokter Libby.

Dokter kulit bersertifikat Craig Austin mengatakan dia merekomendasikan ekstraksi bagi mereka yang rentan berjerawat. “Ini adalah pengobatan yang luar biasa,” katanya. “Terkadang pencabutan bisa menyakitkan, tetapi jika Anda melakukan pencabutan secara teratur—setiap lima hingga delapan minggu sekali—Anda membantu mencegah timbulnya jerawat.”

Dokter Libby merekomendasikan untuk melakukan perawatan ini kepada profesional dan tidak mencobanya di rumah.

7. Pakai Retinoid

Jika Anda belum ikut-ikutan menggunakan retinoid, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya kembali (jika Anda tidak sedang hamil atau menyusui). Bahan kuat ini umumnya dipuji karena kemampuannya melawan tanda-tanda penuaan. “Retinoid [membantu] merangsang produksi kolagen, yang pada gilirannya juga mengencangkan kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori,” kata dokter Libby.

Namun seperti semua bahan perawatan kulit yang ampuh, berhati-hatilah saat menggunakan retinoid. "Jika [retinoid] digunakan secara berlebihan, aktivitas kelenjar minyak bisa berkurang terlalu banyak, dan kulit bisa menjadi terlalu kering, jadi gunakanlah dengan hemat. Setelah beberapa minggu penggunaan, komedo biasanya akan muncul dengan tekanan lembut. Jika komedo tersebut tidak bergeming, temui dokter kulit Anda untuk menghindari kerusakan jaringan dan menimbulkan bekas luka," kata dokter Nazarian.

Selain itu, karena retinoid dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif, maka rajinlah memakai tabir surya di siang hari. Bicaralah dengan dokter kulit Anda tentang mencoba retinoid untuk mengetahui apakah itu pilihan yang tepat untuk kulit Anda.

8. Coba HydraFacial

HydraFacial adalah perawatan di klinik kecantikan yang patut untuk diperhatikan. Layanan ini melibatkan penggunaan tongkat seperti vakum yang mengelupas kulit Anda dengan lembut dan menyedot kotoran dari pori-pori Anda.

9. Gunakan Exfoliant AHA/BHA

Menggunakan exfoliant dengan asam alfa-hidroksi (AHA) dan asam beta-hidroksi (BHA) akan membantu membersihkan pori-pori tersumbat. Menurut dokter Libby, AHA/BHA seperti asam glikolat, laktat, dan salisilat semuanya akan membantu pengelupasan dan melarutkan sel-sel kulit mati dan kotoran, meminimalkan munculnya pori-pori dan mencegahnya membesar.

10. Obat Resep Dokter

Terkadang produk atau perawatan tidak dapat membantu membersihkan pori-pori  tersumbat. Ada komponen genetik dan lingkungan yang memicu. "Saya merekomendasikan untuk mengunjungi dokter kulit bersertifikat untuk memberitahu Anda tentang ekspektasi dan obat resep. Seorang dokter kulit dapat memberi saran kepada Anda tentang kombinasi terbaik antara resep dan produk yang dijual bebas," kata dokter Austin.

Mengenai cara membuka pori-pori yang tersumbat, dokter kulit bersertifikat Naana Boakye mengatakan, kebersihan kulit sangat penting. Menggunakan produk perawatan kulit dengan bahan-bahan seperti retinoid, tanah liat bentonit, AHA, dan BHA dapat membantu Anda membersihkan pori-pori di rumah. Namun, jika Anda mencari perawatan profesional, pertimbangkan untuk mengunjungi ahli kecantikan untuk perawatan wajah standar (dengan ekstraksi) atau hydrafacial. Dr. Boakye juga menyarankan untuk tidak mencungkil lesi dan menggosok lesi secara agresif. Singkatnya jika Anda mengingat tips di atas, Anda akan dapat mengatasi pori-pori tersumbat yang muncul dengan mudah.

Pilihan Editor: Selain Faktor Genetik, Dua Hal Ini Bisa Memicu Pori-Pori Wajah Membesar

 

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."