9 Buah yang Baik untuk Hidrasi, Cocok Setelah Konsumsi Makanan Bersantan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Semangka

Ilustrasi Semangka

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pola makan Anda memainkan peran penting dalam mendinginkan tubuh secara alami dan mencegah penyakit. Di momen Lebaran yang terkadang terasa panas ini, hidrasi berperan penting dalam pengaturan suhu tubuh. Terlebih kebanyakan hidangan Lebaran didominasi makanan bersantan

Selain mengonsumsi 7-8 gelas air setiap hari, penting untuk memasukkan buah dan sayuran yang berfungsi sebagai hidrasi dalam makanan Anda untuk memperlancar pencernaan, menjaga keseimbangan elektrolit, mendukung kekebalan, dan mengatasi suhu ekstrem. 

Mengonsumsi buah-buahan adalah cara terbaik untuk menambah serat yang dibutuhkan tubuh Anda, memuaskan rasa manis Anda, dan merasa segar karena kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Tidak hanya membantu Anda mengatasi panas, tetapi juga meningkatkan tingkat energi dan suasana hati Anda. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, tekanan darah, dan penyakit kronis lainnya.

Shruti K Bhardwaj, Kepala Ahli Diet Rumah Sakit Zydus, Ahmedabad dalam wawancara dengan HT Digital membagikan daftar makanan yang menghidrasi yang bisa sangat bermanfaat selama musim panas yang terik dan cocok juga untuk dikonsumsi setelah menikmati makanan bersantan. 

1. Semangka

Semangka bisa menjadi teman terbaik Anda selama musim panas yang terik karena mengandung banyak air dan serat dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk camilan di tengah waktu makan. Mudah dicerna, manis dan berair, semangka juga dapat membantu menyembuhkan rasa lelah dan penat di hari yang panas dan lembap. Selain itu, ini adalah gudang vitamin dan mineral penting yang dapat menjaga kekebalan tubuh Anda tetap tinggi. Belum lagi, buah ini sangat baik untuk menunjang kesehatan usus Anda.

2. Mangga

Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

Selain dinikmati sebagai shake mangga untuk minuman yang menyegarkan, menikmatinya dalam salad dan smoothie, hingga membuat chutney yang manis dan tajam, mangga dapat dinikmati dengan banyak cara. selama musim ini. Mangga juga kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang dapat memperlancar pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Kandungan air yang tinggi dalam mangga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melawan dehidrasi. Selain itu, mangga kaya akan antioksidan, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Mentimun

Ilustrasi tonik mentimun. cooking.nytimes.com

Menambahkan mentimun ke dalam makanan Anda dapat memberikan tambahan vitamin dan mineral seperti vitamin K, potasium, dan magnesium, yang sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Sayuran rendah kalori dapat ditambahkan ke salad, sandwich, roti gulung, dan smoothie. Mentimun mengandung antioksidan dan senyawa anti inflamasi yang juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi risiko penyakit kronis.

4. Pepaya

Ilustrasi buah pepaya. Unsplash.com/Pranjall Kumar

Dengan kandungan air dan serat yang sangat baik, pepaya dapat mencegah gangguan pencernaan selama gelombang panas. Dengan banyaknya vitamin C dan antioksidan, pepaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit panas dan juga memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Pepaya juga mengandung enzim pencernaan seperti papain, membantu pencernaan dan mengurangi kembung atau gangguan pencernaan, yang umum terjadi di musim panas. Seseorang bisa memasukkan buah pepaya ke dalam menu sarapan.

5. Jeruk

Ilustrasi mentimun dan jeruk. shutterstock.com

Kaya akan elektrolit, kandungan air, dan Vitamin C, jeruk bisa menjadi salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi saat musim panas. Menyegarkan dengan rasa manis dan tajam, jeruk juga bisa memuaskan hasrat Anda. Buah membantu tubuh mengatasi suhu ekstrim dan membantu menjaga keseimbangan cairan, mencegah kelelahan akibat panas atau sengatan panas.

6. Apel Kayu

Jus bael atau apel kayu adalah makanan super musim panas yang telah digunakan sejak berabad-abad karena sifatnya yang mendinginkan dan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan panas. Dapat menjaga tubuh tetap sejuk secara alami dan mencegah serangan panas. Karena kandungan seratnya yang kaya, buah ini juga dapat membantu meredakan sembelit dan mengatur pergerakan usus selama musim panas. Sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik, bael dapat mendukung kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan selama musim panas. Seseorang harus mengonsumsi jus buah Bael di musim panas tanpa tambahan gula. Untuk mencegah kelelahan akibat panas, waktu yang tepat untuk meminum jus buah bael adalah sebelum keluar.

7. Persik

Berair dan lezat, buah persik merupakan salah satu buah musim panas yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan memberikan antioksidan yang bermanfaat. Kaya akan vitamin A dan C, buah ini meningkatkan kesehatan kulit. Ringan di perut, buah persik dapat mendukung perjalanan penurunan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan dalam kondisi prima.

8. Nanas

Dengan manfaatnya yang luar biasa dalam merehidrasi tubuh, membantu menghilangkan lemak, dan mendukung pencernaan, nanas adalah salah satu buah terbaik yang bisa Anda konsumsi di musim panas. Ini bersifat anti-inflamasi dan membantu mencegah banyak penyakit. Ini juga membantu penurunan berat badan di musim panas selain memberi Anda energi sepanjang hari. Mulai dari dimasukkan ke dalam salad hingga ditambahkan ke dalam raita, nanas dapat dikonsumsi dengan berbagai cara.

9. Buah beri

Ilustrasi buah blueberry. Foto: Unsplash.com/Joanna Kosinska

Lezat dan kaya akan antioksidan, buah beri adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik dan dapat membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Mereka juga tinggi serat dan membantu mengontrol gula darah.

Pilihan Editor: Alasan Opor Ayam dan Makanan Bersantan Lainnya Jangan Dipanaskan Berulang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."