Ini Alasan Pentingnya Anak Bermain di Luar Ruangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak perempuan sedang bermain dengan anjing peliharaannya. Foto: PIxabay.com/Pexels

Ilustrasi anak perempuan sedang bermain dengan anjing peliharaannya. Foto: PIxabay.com/Pexels

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di era digital yang serba cepat saat ini, anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, terpaku pada layar, ketimbang bermain di luar ruangan. Meskipun teknologi memiliki kelebihan, bermain di luar ruangan sangat penting untuk perkembangan fisik, mental, dan emosional anak.

Selama bertahun-tahun, terjadi penurunan nyata dalam waktu bermain di luar ruangan pada anak-anak. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perubahan ini, termasuk daya tarik video game, media sosial, dan kenyamanan hiburan dalam ruangan.

Konsekuensi dari peralihan ke kehidupan di dalam ruangan ini sangat signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya bermain di luar ruangan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti obesitas pada masa kanak-kanak, penurunan kebugaran fisik, dan stres emosional.  Selain itu, anak-anak yang tidak mendapat cukup paparan di luar ruangan mungkin kehilangan pengalaman belajar penting yang hanya bisa diberikan oleh alam.

Mari kita telusuri pentingnya bermain di luar ruangan dan tips bagaimana orang tua dapat mendorong anak-anak mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu di alam bebas.

Manfaat bermain di luar ruangan

Selain meningkatkan kesehatan fisik anak, bermain di luar ruangan berdampak baik pada kesehatan emosional dan kognitif juga mengembangkan imajinasi, kreativitas, serta kemampuan sosial. Bermain di luar ruangan jug a mendorong pengambilan risiko, pemecahan masalah, dan eksplorasi—semua keterampilan yang penting untuk mengembangkan ketahanan dan rasa percaya diri.

Selain itu, paparan sinar matahari meningkatkan sintesis Vitamin D, yang memperkuat tulang dan sistem kekebalan tubuh. Secara umum, bermain di luar ruangan perlu terus didorong karena sangat penting untuk perkembangan anak secara utuh.

Sebagai orang tua, kita mempunyai tanggung jawab untuk memberikan anak-anak kesempatan untuk terhubung dengan alam. Mendorong bermain di luar ruangan tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak kita tetapi juga berkontribusi terhadap masa depan mereka yang lebih sehat dan bahagia. Jadi, jika anak Anda tidak bermain di luar ruangan setiap hari, pertimbangkan untuk melakukan perubahan hari ini. Manfaat bermain di luar ruangan tidak terbatas, dan kenangan yang tercipta akan bertahan seumur hidup.

Pilihan Editor: Ide Permainan Bersama Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."