Penderita Diabetes, Berikut 9 Olahraga untuk Mengontrol Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutin berolahraga termasuk gaya hidup sehar bagi kita semua, termasuk penderita diabetes. Selain menyehatkan jantung dan mengurangi stres, aktivitas fisik meningkatkan sensitivitas insulin, memungkinkan penyerapan glukosa lebih baik oleh sel. Ini membantu pengelolaan berat badan, mengurangi risiko diabetes tipe 2, dan membantu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Berikut sejumlah olahraga untuk mengontrol gula darah.

1. Jalan Cepat

Jalan cepat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Gabungkan latihan ini ke dalam rutinitas harian Anda dengan berjalan cepat di sekitar lingkungan Anda atau menggunakan treadmill. Lakukan jalan cepat selama 30 menit hingga satu jam.

2. Bersepeda

Bersepeda adalah latihan aerobik berdampak rendah yang membantu regulasi glukosa dan kesehatan jantung. Pertimbangkan bersepeda di luar ruangan atau menggunakan sepeda stasioner untuk kenyamanan. Bersepeda 30 menit per hari dianjurkan bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi.

3. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan membangun massa otot, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan metabolisme glukosa. Sertakan latihan beban tubuh atau gunakan resistance band, angkat beban, atau mesin gym. Lakukan latihan kekuatan selama 20-30 menit sehari selama tiga kali seminggu.

4. HIIT

Pelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) efektif untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam waktu yang lebih singkat. Gabungkan latihan singkat dengan intensitas tinggi, selama 20-30 menit, dengan waktu istirahat.

5. Berenang

Berenang adalah latihan seluruh tubuh yang meningkatkan sensitivitas insulin dan kesehatan jantung. Berenang beberapa putaran atau ikut serta dalam aerobik air untuk pilihan olahraga berdampak rendah. Berenanglah selama sekitar 30 menit hingga satu jam.

6. Lompat Tali

Lompat tali meningkatkan detak jantung, membantu pengelolaan berat badan, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Mulailah secara perlahan dan secara bertahap tingkatkan intensitas seiring dengan peningkatan tingkat kebugaran Anda

7. Yoga

Sesi yoga intens selama 30 menit hingga satu jam dapat membantu mengatur kadar gula darah. Yoga membantu mengurangi stres, meningkatkan fleksibilitas, dan relaksasi berkontribusi pada pengelolaan gula darah yang lebih baik. Pilih kombinasi pose dan lakukan latihan pernapasan dalam untuk mendapatkan manfaat optimal.

8. Tai Chi

Tai Chi mencakup gerakan lembut dan pernapasan dalam yang meningkatkan keseimbangan dan pengendalian gula darah. Sertakan Tai Chi sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan selama 30 menit.

9. Pilates

Pilates adalah latihan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan core, koordinasi, dan keseimbangan. Menurut sebuah studi pada 2020 di The Journal of Strength and Conditioning Research, terhadap wanita dewasa yang lebih tua dengan diabetes tipe 2, pilates juga dapat membantu mengontrol gula darah.

Pilihan Editor: Menu Makanan Penderita Diabetes, dari Sarapan hingga Makan Malam

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."