7 Cara Alami Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita siap olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita siap olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penting untuk menjaga kadar gula darah stabil untuk mencegah komplikasi akut atau kronis dari diabetes tipe 2. Pradiabetes adalah tahap awal dari diabetes tipe 2 dan perkembangannya menjadi diabetes dapat diatasi. Demikian pula mereka yang sudah mengidap diabetes tipe 2 juga dapat mengontrol gula darah dengan baik.

Kebanyakan pasien diabetes tipe 2 dan pradiabetes memiliki resistensi insulin sebagai penyebab tingginya kadar gula darah. Tergantung pada stadium, tingkat keparahan diabetes, dan kondisi medis yang mendasarinya, spesialis diabetes akan memberikan obat untuk mengontrol gula dengan baik. Namun ada cara alami menjaga kadar gula darah stabil yang dapat membantu mengurangi kebutuhan obat atau membantu mengendalikan gula darah secara efektif dengan obat yang diberikan sehingga mencegah komplikasi atau perkembangannya.

Berikut beberapa cara alami menjaga kadar gula darah stabil

1. Perubahan gaya hidup

Menurut Dr. Vaishali S Naik, Konsultan Endokrinologi & Diabetologis, Rumah Sakit Keluarga Suci, gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah penyebab utama berkembangnya diabetes atau pradiabetes. Meningkatkan aktivitas sehari-hari, menghindari menjadi pemalas, aktif sepanjang hari, semuanya membantu energi yang digunakan dan kalori yang dikeluarkan.

2. Konsumsi makanan kaya serat dan rendah karbohidrat

Asupan karbohidrat adalah penyebab utama kenaikan gula darah dan fluktuasi gula. Tidak ada asupan karbohidrat yang tepat untuk semua orang, itu harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Hal penting yang perlu diingat, batasi asupan karbohidrat, gunakan karbohidrat dengan indeks glikemik lebih rendah.

Perlu kita ingat bersama, karbohidrat tidak hanya terdapat pada roti dan kentang, tetapi juga pada buah-buahan, sayuran, permen, dan kue kering. Lebih baik tingkatkan asupan serat. Serat dalam makanan membantu membatasi lonjakan glukosa yang disebabkan oleh asupan karbohidrat.

Serat juga membantu mengatur berat badan dan mencegah penyakit jantung. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan merupakan sumber serat yang baik. Hindari makan dalam porsi besar. Puasa intermiten dapat membantu dan harus dilakukan di bawah pengawasan dokter.

3. Berolahraga setiap hari

Olahraga berperan penting dalam menjadi sehat. Aktivitas fisik ini meningkatkan kekuatan otot dan tulang, menjaga keseimbangan, juga meredakan stres. Tak cuma itu, olahraga juga meningkatkan sensitivitas insulin, membantu menurunkan berat badan, dan semua ini membantu mencapai kontrol gula darah stabil.

Olahraga harus dilakukan secara individual – bergantung pada usia, kadar gula, kondisi lain yang mendasarinya, pengetahuan tentang hipoglikemia setelah olahraga intens, dan cara mencegah hipoglikemia. Tidak ada satu latihan yang cocok untuk semua. Namun itu merupakan pilihan bagi kesehatan setiap individu.

4. Menjaga hidrasi

Seseorang harus minum air yang cukup dan menjaga hidrasi dengan baik. Hal itu membantu mengontrol gula darah dengan mengeluarkan gula dari tubuh. Jumlah asupan air bagi penderita penyakit ginjal atau jantung harus diputuskan setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis. Hidrasi yang baik juga mengeluarkan racun dari tubuh serta membantu dalam menjaga penurunan berat badan.

5. Mengurangi stres

Stres memengaruhi dalam hampir semua penyakit termasuk diabetes, penyakit jantung, gangguan mental. Mengurangi stres memberikan kelegaan yang luar biasa terhadap perubahan kadar gula darah yang tiba-tiba. Untuk mengurangi stres, seseorang dapat melakukan yoga, meditasi, menekuni hobi berjalan, bermain, musik, menggambar, atau membantu orang lain. Mengontrol stres sangat membantu dalam menjalani kehidupan yang sehat dan bermanfaat.

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur mengubah ritme sirkadian banyak hormon yang menyebabkan stres dan penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung. Tidur selama 7-8 jam dianjurkan untuk menenangkan organ tubuh, otot, otak dan metabolisme secara umum. Seseorang harus tidur cukup di lingkungan gelap yang damai. Hindari kebisingan dan waktu layar selama jam tidur. Sebaiknya tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

7. Menjaga berat badan ideal

Mempertahankan berat badan ideal sangat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Cara ini mencegah perkembangan penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung dan juga kanker. Berat badan ideal tidak mungkin bisa dicapai semua orang kecuali menjaga gaya hidup sehat.

Pilihan Editor: 6 Kebiasaan Makan Malam Sehat Ini Bisa Kelola Gula Darah dan Mengontrol Berat Badan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."