Zaskia Adya Mecca Bicara Soal Itikaf: Nikmatnya yang Gak Terbayar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Zaskia Adya Mecca. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis, Zaskia Adya Mecca mengungkapkan sudah memasang niat itikaf di Ramadan tahun ini, namun belum bisa dilakukan. Kedua putranya sedang sakit.

"Masuk 10 hari trakhir ramadhan udah niat banget itikaf.. Qadarullah Kaba & Kama positif dbd + influenza b , mba udah pada mudik, ga mungkin ninggal anak sakit krn hrs jaga di Rs pun di rumah," tulis ibu lima anak itu di Instagram, Minggu, 7 Juli 2024.

Seperti kita ketahui bersama, itikaf adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Secara etimologis, Itikaf merujuk pada menetap dan menahan diri untuk tetap bersama-Nya. Sedangkan dalam konteks syariat, Itikaf berarti berdiam diri di masjid dengan niat ibadah kepada Allah SWT. Tak cuma berdiam diri, tetapi juga merenungkan dan berzikir kepada Allah SWT dengan memohon ampunan serta rahmat-Nya. Ibadah ini dilakukan dengan mengucapkan zikir dan asmaul husna.

Kembali ke Zaskia, di unggahan tersebut, dia juga mengenang masa itikaf sebelum menikah. 

"Apalagi dulu sebelum nikah mamaku suka bawa seluruh anak nya itikaf full 10hari trakhir ramadhan ga keluar masjid sama sekali.. udah tau nikmatnya yang ga terbayar," tulis bintang film Ayat-Ayat Cinta itu.

"Setelah punya anak, 14tahun ga berenti hamil-lahiran-punya bayi-nyusuin sampai skr anak sakit.. ga mudah banget buat bisa maksimal itikaf kaya dulu, dapet colongan dikit2 aja udah happy bgt rasanya," katanya.

Dia juga mengungkapkan adakalanya muncul rasa tidak puas terhadap diri sendiri. Meski demikian, dia diingatkan bahwa situasi keluarga saat ini lebih membutuhkan kehadirannya.

"Kalo imannya lagi lemah, iri sama yang lain, gemes sndiri “kenapa sihh jadi ga bisa maksimal ibadahnya” tapi suami & @fifiluthfiyahfifi kmrn ngingetin “lebih utama di rumah dengan situasi kamu.. malah akan salah kalo maksain ke masjid dengan situasi gitu"," tulisnya.

"Jadi met puas2in itikaf bagi yang memungkinkan, buat buibu yang kondisinya sama kaya aku.. semangaat, kita kejar pahalanya di rumah. Ini lumayan bisa kabur ke masjid pas tarawih," tutupnya.

Di unggahan tersebut, Zaskia menyertakan foto dia dan kedua putrinya, Kana Sybilla Bramantyo dan Kala Madali Bramantyo, tarawih di masjid.

Semoga putra-putra Zaskia Adya Mecca cepat pulih. 

Pilihan Editor: Resolusi 2024 Zaskia Adya Mecca: Palestina Bisa Free

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."