7 Cara Merawat Kulit Kepala, Pentingnya Eksfoliasi dan Pijat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memijat kulit kepala. Freepik.com

Ilustrasi memijat kulit kepala. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang kerap mengabaikan perawatan kulit kepala. Padahal kunci dari rambut yang sehat—atau tidak sehat—dimulai dari kulit kepala. Dengan menambahkan beberapa perawatan kulit kepala ke dalam rutinitas kecantikan, Anda bisa mendapatkan rambut yang lebih tebal, berkilau, dan sehat secara menyeluruh. Tak cuma itu, Anda juga dapat mencegah kondisi kulit kepala seperti ketombe, psoriasis, dan lainnya. Yuk, kita simak serba-serbi cara merawat kulit kepala yang dibagikan pakar kulit.

Pentingnya Kulit Kepala yang Sehat

Fondasi rambut sehat dimulai dari kulit di kulit kepala Anda. “Penting untuk merawat kulit kepala untuk  mencegah dan mengatasi berbagai kondisi kulit kepala seperti ketombe, dermatitis seboroik, psoriasis, tinea capitis (infeksi jamur), folikulitis (bakteri), dan lain-lain,” kata Lauren Penzi, dewan dermatolog bersertifikat dikutip dari Real Simple, 3 April 2024.

Menurut Davey Matthew, penata rambut selebriti, kulit dan rambut terbuat dari asam amino, jadi keduanya akan bekerja dengan cara yang sama. Untuk mendapatkan rambut berkilau, sehat, dan kuat, penting menutrisi kulit kepala secara rutin.

Matthew menjelaskan bahwa rambut terdiri dari tiga fase berbeda: pertumbuhan, istirahat, dan kerontokan. “Jika kita meningkatkan nutrisi pada kulit kepala dan menjaga kulit kepala tetap sehat, rambut kita akan hidup dalam fase pertumbuhan dan fase istirahat lebih lama dibandingkan fase kerontokan,” kata Matthew.

Untuk mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sangat penting untuk menutrisi dan merawat kulit kepala Anda agar dapat hidup dalam fase pertumbuhan dan istirahat lebih lama.

Cara Merawat Kulit Kepala

1. Mencuci Rambut Secara Konsisten

Dalam hal mencuci rambut, tidak ada pendekatan yang universal. Hal ini unik untuk setiap orang, mengingat produk yang Anda gunakan berbeda-beda dan seberapa sering Anda perlu keramas sesuai jenis rambut.

“Jika Anda hanya akan keramas sekali seminggu, Anda mungkin ingin menggunakan sesuatu yang lebih mencerahkan. Jika Anda melakukannya setiap hari, Anda sebaiknya menggunakan sesuatu yang lebih lembut,” kata Matthew.

Sebagai pedoman umum, jagalah kebersihan Anda dengan sering mencuci rambut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan penumpukan produk dari kulit kepala Anda. Dokter Penzi merekomendasikan untuk mencuci rambut secara teratur dengan sampo lembut yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Pastikan sampo Anda bebas dari bahan kimia keras atau sulfat yang dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala dan rambut Anda.

Seberapa sering Anda harus mencuci rambut?

Dokter Penzi menyarankan pembaca mencuci rambut minimal satu hingga dua kali seminggu, namun beberapa jenis rambut mungkin harus mencuci rambut setiap hari. Jika Anda memiliki rambut kering, kemungkinan besar Anda bisa lebih jarang mencuci rambut.

Namun, pastikan untuk tidak terlalu lama di antara keramas karena kulit kepala bisa mulai menumpuk. “Jenis penumpukan ini dapat menampung ragi, jamur, bakteri, dan menyebabkan dermatitis kulit kepala, serta infeksi,” ucap dokter Penzi.

2. Pengelupasan Kulit Kepala

Kita sering mendengar tentang eksfoliasi wajah, namun penting untuk memberikan perawatan eksfoliasi yang sama pada kulit kepala Anda. Matthew merekomendasikan untuk menambahkan scrub kulit kepala ke dalam rangkaian perawatan rambut Anda untuk mengelupas dan memecah produk di kulit kepala.

Perlu diingat, hindari bahan kimia keras dalam scrub kulit kepala dan carilah scrub kulit kepala dengan minyak pohon teh atau rosemary.

Ketika banyak penumpukan produk dari produk seperti sampo kering, kulit kepala tidak bisa bernapas dan akan mengalami efek buruk. Maka dari itu, Matthew menyarankan untuk menambahkan alat scrub kulit kepala berbahan silikon untuk memijat dan mengelupas kulit kepala.

Dokter Penzi pun merekomendasikan penggunaan scrub kulit kepala untuk mengelupas kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, dan penumpukan.

“Anda juga bisa membilas kulit kepala dengan cuka sari apel yang diencerkan untuk membantu menghilangkan penumpukan dan mengembalikan keseimbangan pH. Minyak pohon teh juga merupakan pilihan yang bagus, karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami yang dapat membantu mengurangi penumpukan dan ketombe,” kata dr. Penzi. Dia menyarankan untuk menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke sampo Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Pakai Minyak Rambut

Untuk hidrasi kulit kepala terbaik, pertimbangkan untuk menambahkan minyak rambut ke dalam rutinitas Anda. Minyak kulit kepala bisa dioleskan sebelum atau sesudah keramas untuk menutrisi kulit kepala. Gunakan pipet untuk mengoleskan minyak langsung pada kulit kepala di bagian yang berbeda.

Pijat minyak ke kulit kepala Anda dengan jari atau alat scrub kulit kepala silikon. Matthew merekomendasikan pepermin, rosemary, pohon teh, dan minyak jarak karena telah digunakan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kesehatan rambut.

4. Clarifying Shampoo

Clarifying shampoo juga berperan untuk kulit kepala yang bersih. “ Secara khusus menghilangkan penumpukan produk, pertimbangkan clarifying shampoo yang diformulasikan untuk secara efektif menghilangkan sisa produk dan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami kulit kepala,” ucap Matthew.

Dia juga mengatakan clarifying shampoo dapat bermanfaat untuk semua jenis rambut. Lakukan ritual mingguan dengan clarifying shampoo yang dipadukan dengan masker rambut. Ganti kondisioner biasa Anda dengan masker rambut saat menggunakan sampo penjernih untuk melembabkan ujung rambut Anda. 

5. Pijat Kulit Kepala

Cara lain merawat kulit kepala adalah memijat. “Memijat kulit kepala setiap hari membantu melancarkan aliran darah ke kulit kepala, yang membantu folikel tetap sehat,” kata Gretchen Friese, ahli trikologi Bosley.

Jika melakukannya sendiri, gunakan alat pemijat rambut silikon dan gerakkan di sepanjang setiap bagian kulit kepala Anda dengan gerakan memutar. Sebagai bonus tambahan, pijatan yang menyenangkan ini juga berfungsi sebagai pengelupasan kulit kepala Anda. Jika Anda sering menggunakan sampo kering, Matthew merekomendasikan untuk menambahkan pijat kulit kepala ke dalam rutinitas harian Anda untuk mengelupas kulit kepala.

6. Memilih Sampo yang Tepat

Ada beragam pilihan sampo, mulai dari sampo yang melembapkan hingga sampo yang mencerahkan. Saat memilih jenis sampo, Matthew merekomendasikan mencari warna dan konsistensi produk untuk menentukan jenis sampo yang berdampak pada kesehatan kulit kepala. “Jika sampo memiliki multiwarna seperti susu, maka sampo tersebut akan lebih melembapkan, semakin bening, secara tradisional akan semakin mencerahkan,” kata Matthew.

7. Tabir Surya Kulit Kepala

Tak cuma wajah dan leher, kulit kepala Anda pun bisa terbakar sinar matahari. Friese menyarankan penggunaan tabir surya untuk melindungi kulit kepala Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya. “Kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit adalah hal yang nyata, bahkan di kulit kepala. Saya lebih suka tabir surya semprot [karena] tabir surya semprot lebih mudah diaplikasikan pada kulit kepala dan tidak terlalu berminyak dibandingkan lotion,” kata Friese.

Pilihan Editor: Hindari Menggunakan Minyak Esensial Langsung ke Kulit Kepala

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."