Hindari Menggunakan Minyak Esensial Langsung ke Kulit Kepala

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak rosemary. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi minyak rosemary. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak esensial salah satu produk perawatan rambut. Contohnya, minyak rosemary dikenal bisa merangsang pertumbuhan rambut dan menambah kekuatan rambut. Namun perlu diketahui, minyak esensial apa pun termasuk minyak rosemary bisa membuat rambut rontok dan iritasi. Kok, bisa? Ya, efek samping itu akan muncul jika kamu salah menggunakannya.

Para pakar rambut mengimbau untuk tidak menggunakan minyak esensial apa pun secara langsung dan tidak dicampur ke produk lain. Sebab hal itu dapat mengiritasi kulit, termasuk kulit kepala.

Iritasi adalah salah satu cara untuk mengganggu mikrobioma kulit kepala yang sehat. Belum lagi, iritasi terus-menerus dapat menyebabkan peradangan kulit kepala, sehingga kerontokan rambut jika tidak ditangani. Lantas, bagaimana cara pemakaian minyak esensial yang tepat ke kulit kepala? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Penggunaan Minyak Esensial

1. Pilih Minyak Dasar sesuai Kebutuhan

Pertama, pilih minyak dasar kamu. Beberapa pilihan bagus termasuk jojoba, argan, atau minyak kelapa untu rambut. Kemudian di dalam botol penetes, tambahkan tiga hingga 15 tetes minyak rosemary, tergantung ukuran wadah pembawa kamu—semakin besar ukurannya, semakin banyak minyak rosemary yang dapat kamu gunakan.

2. Tambahkan ke Produk Rambut

Jika kamu memiliki minyak rambut atau serum kulit kepala yang sudah kamu sukai, mungkin akan lebih mudah untuk menambahkan minyak rosemary ke produk tersebut. Lakukan dengan rasio yang sama seperti di atas. 

Cara Membuat Minyak Rosemary di Rumah

1. Tuang 5 gelas air ke dalam panci besar.

2. Masukkan 5 tangkai rosemary (1 tangkai untuk setiap cangkir air), dan nyalakan api sedang-tinggi. Biarkan air mendidih.

3. Setelah mendidih, biarkan campuran selama 15 menit.

4. Setelah 15 menit, matikan api lalu diamkan lagi selama 25 menit.

Saring campuran dan tuangkan cairan ke dalam stoples. Simpan pada suhu kamar jauh dari sinar matahari dan gunakan dalam waktu 3 bulan untuk hasil terbaik.

Baca juga: Sederet Manfaat Minyak Jarak untuk Rambut, Bikin Rambut Lebih Berkilau

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."