Tips Turunkan Berat Badan dengan Cuka Apel, Meningkatkan Rasa Kenyang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Cuka apel. Freepik.com/Rawpixel.com

Cuka apel. Freepik.com/Rawpixel.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu tips turunkan berat badan ialah dengan konsumsi cuka apel. Sebuah studi baru menemukan bahwa minum cuka apel dapat turunkan berat badan, seperti yang dilakukan remaja dan orang dewasa muda Lebanon yang minum hingga satu sendok makan cuka apel setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan rata-rata 15 pon atau 6,8 kg.

Dikutip dari Health, Kamis, penelitian tersebut, yang dipublikasikan dalam BMJ Nutrition, Prevention, & Health, juga menemukan bahwa peserta memiliki kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida yang lebih rendah pada akhir periode tiga bulan tersebut.

Penelitian sebelumnya telah menilai kemampuan minuman asam tersebut untuk mengurangi berat badan pada orang dewasa yang lebih tua, namun ini adalah studi pertama yang menguji strategi tersebut pada orang muda.

"Kelompok usia ini dipilih untuk mengatasi kurangnya penelitian tentang efek ACV secara khusus pada individu muda, dan untuk intervensi awal dalam hidup untuk potensial mencegah komplikasi kesehatan jangka panjang yang terkait dengan obesitas," kata penulis studi Rony Abou-Khalil, Kepala Departemen Biologi dan Biokimia di Universitas Holy Spirit of Kaslik di Jounieh, Lebanon, kepada Health.

Meskipun penelitian tersebut mungkin membuat terlihat seperti minum cuka apel setiap hari bisa menjadi alat yang efektif untuk menurunkan berat badan, beberapa ahli memperingatkan untuk tidak terlalu memperbesar studi tersebut mengingat keterbatasan yang signifikan.

Abou-Khalil mengatakan para peneliti bertujuan untuk menilai solusi potensial terhadap obesitas yang akan sejalan dengan minat yang meningkat terhadap non-farmasi. "Kami termotivasi untuk mengeksplorasi obat-obatan alami potensial untuk penurunan berat badan yang dapat menawarkan alternatif yang aman dan efektif untuk intervensi tradisional," katanya.

Mereka memutuskan untuk menguji cuka apel, yang terbuat dari apel yang dihancurkan dan difermentasi dan telah lama digunakan sebagai tonik kesehatan.

Tim merekrut 120 peserta berusia 12 hingga 25 tahun. Mereka membaginya menjadi empat kelompok dan menginstruksikan orang-orang dalam tiga kelompok untuk minum 5, 10, atau 15 mililiter (ml) cuka apel di pagi hari. (Sebagai referensi, 15 ml setara dengan sekitar satu sendok makan.) Kelompok keempat minum plasebo.

Saat studi dimulai, rata-rata berat badan peserta sekitar 173 pon atau 78 kg. Setelah 12 minggu, para peneliti menemukan bahwa kelompok-kelompok yang minum cuka apel mengurangi berat badan secara keseluruhan.

Kelompok yang minum 15 ml setiap hari kehilangan yang paling banyak, menurunkan rata-ratanya menjadi sekitar 155 pon. Mereka yang minum 10 ml mengurangi rata-rata berat badan mereka menjadi 159 pon, dan kelompok yang mengonsumsi 5 ml turun menjadi rata-rata 163 pon. Ketiga kelompok tersebut mengalami penurunan lingkar pinggang dan pinggul serta indeks massa tubuh (BMI).

Tim juga menemukan perbaikan yang signifikan dalam kadar glukosa darah, trigliserida, dan kolesterol. Studi ini adalah yang pertama untuk menilai dampak cuka apel pada kesehatan selain berat badan. Ini juga merupakan satu-satunya studi yang menguji bagaimana minuman tersebut memengaruhi orang muda - meskipun penelitian lain telah menguji apakah itu membantu orang dewasa yang lebih tua mengurangi berat badan.

Sebuah uji coba kecil (tetapi sering dikutip) pada tahun 2009 menemukan bahwa mengonsumsi 1 atau 2 sendok makan minuman asam tersebut setiap hari menghasilkan penurunan berat badan yang sederhana sebesar 2 hingga 4 pon setelah tiga bulan.

Dalam studi kecil lainnya, para peneliti memberikan cuka apel kepada orang-orang yang menjalani diet terbatas kalori dan diet reguler. Setelah 12 minggu, kedua kelompok telah kehilangan berat badan, tetapi mereka yang mengonsumsi ACV kehilangan lebih banyak.

Abou-Khalil mengatakan tidak jelas apa yang menjadi penyebab potensi efek cuka apel pada penurunan berat badan, tetapi ia memiliki beberapa teori.

"Salah satu mekanisme yang diajukan adalah bahwa ACV dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, yang menyebabkan pengurangan asupan kalori. Selain itu, ACV telah diusulkan untuk memengaruhi metabolisme dan sensitivitas insulin, yang berpotensi berkontribusi pada oksidasi lemak dan penyimpanan lemak yang berkurang," ujarnya.

Pilihan Editor: Tips Turunkan Berat Badan Sekaligus Menguatkan Otot Secara Bersamaan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."