Mbok Mlayu, Event Lari Khusus Perempuan Pertama Dihelat di Yogyakarta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lomba lari. Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi lomba lari. Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada acara atau event lari dan jalan kaki khusus untuk perempuan yang pertama digelar di Yogyakarta. Namanya Mbok Mlayu. Acara ini diadakan bertepatan Hari Kartini 21 April 2024.

Event yang mengusung unsur sport tourism itu rutenya melintasi rute Kota Yogyakarta dan terbagi dalam kategori 10k (kilometer) lari, 5k lari, dan 2k jalan kaki.

"Saat ini sudah ada 300-an perempuan dari berbagai kota baik Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mendaftarkan diri ikut event ini," kata panitia pelaksana event lari Mbok Mlayu, Dian Isnawati pada Rabu, 3 April 2024.

Dian menambahkan penyelenggaraan event lari kali ini sangat spesial karena peserta untuk kategori 10K akan melintasi jalur tak biasa, yakni masuk ke area Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. 

"Pengalaman tersebut akan sangat menarik karena sejauh ini belum ada event lari di Yogyakarta ini yang pesertanya diajak masuk dan merasakan rute Gembira Loka sebagai kebun binatang terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah," ucapnya.

Dian mengatakan event lari ini juga sengaja menghadirkan rute jalan kaki. Dengan tujuan perempuan berbagai usia bisa turut serta tak terkecuali para lanjut usia atau lansia.

"Soal usia menjadi hal baru event lari di Yogya ini, bagaimana kalangan perempuan berbagai usia bisa ikut serta untuk gerakan sehat bersama," kata dia.

Detail Event Mbok Mlayu, Lokasi hingga Jersey Batik

Event Mbok Mlayu ini mengambil lokasi start (awal) dan finish (akhir) di Sewandanan Pura Pakualaman Yogyakarta yang sangat ikonik. 

Di lokasi Pura Pakualaman itu, peserta dari event yang digagas bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal disambut berbagai pameran produk UMKM khas Kota Yogyakarta hingga aksi massal Zumba.

Wakil Ketua I TP PKK DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati (GKBRAA) Paku Alam yang akrab dipanggil Gusti Putri mengatakan event Mbok Mlayu utamanya mengkampanyekan gaya hidup sehat kaum perempuan. Yang seringkali dalam kesehariannya memiliki seabreg aktivitas dari mulai rumah tangga hingga dunia di luarnya.

"Event lari dan jalan kaki ini menjadi aktivitas olahraga paling sederhana sekaligus menjadi sarana me time dan healing kaum perempuan di sela kesibukannya," ujarnya.

Salah satu yang menarik dari event lari di Yogyakarta ini, adalah jersey dan lanyard medali bagi peserta yang berbeda dari biasanya event lari yang berupa sablon biasa. Gusti Putri mendesain motif batik khusus untuk jersey dan lanyard medali tersebut diberi nama Indrawidagdo, yang terinspirasi dari semangat RA Kartini dan nilai-nilai Batara Indra.

Pilihan Editor: Hindari Pakai Sepatu Baru saat Lomba Lari, Ini Alasannya

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."