5 Cara Membedakan Jam Tangan Rolex Asli atau Palsu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Rolex Oyster Perpetual. Dok. intime.co.id

Rolex Oyster Perpetual. Dok. intime.co.id

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jam tangan Rolex adalah salah satu merek jam terkemuka di seluruh dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Hans Wilsdorf dan saudara iparnya, Alfred Davis dari Jenewa, Swiss, pada 1905.

Memiliki reputasi yang sangat baik dan statusnya sebagai jam tangan mewah, jam tangan Rolex kerap dijadikan sasaran untuk diimitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa merugikan produsen maupun konsumen. Dikutip dari The Watch Co., berikut ini adalah 7 cara untuk membedakan jam tangan Rolex asli atau palsu.

1. Mendekatkan Arloji ke Telinga

Cara pertama untuk memeriksa keaslian jam tangan Rolex adalah dengan memeriksa bagian dalamnya. Jam tangan asli buatan Rolex biasanya menggunakan mesin jam otomatis, sehingga jika Anda mendengar suara detak dari jam tersebut, kemungkinan besar itu adalah jam palsu. Ini disebabkan karena gerakan otomatis pada jam tangan Rolex yang asli tidak menghasilkan suara apa pun, meskipun terdapat 8 bagian mikro di dalamnya.

2. Menyelidiki Ukiran Mahkota

Sejak 2002, Rolex telah menambahkan sebuah etsa atau ukiran kecil pada posisi jam 6. Ukiran ini biasanya dirancang dengan sangat rapi untuk menambah eksklusivitas bagi para pemakainya. Oleh karena itu, jika Anda melihat ukiran mahkota yang buruk, terlalu besar, atau terlalu kecil, itu bisa menjadi indikasi bahwa jam tersebut palsu.

3. Memeriksa Kualitas Cyclops

Sebagian besar jam tangan Rolex dilengkapi dengan tampilan tanggal dan kaca pembesar kecil untuk memperbesar angka tanggal hingga 2,5 kali lipat. Bagian pembesar ini disebut Cyclops. Pada jam tangan Rolex asli, Anda akan melihat bahwa Cyclops memiliki kualitas yang halus dan mulus. Jika sebaliknya, itu bisa menjadi tanda bahwa jam tersebut palsu.

4. Memeriksa Bagian Belakang Jam

Kecuali untuk model Sea-Dweller dan beberapa jam tangan Rolex vintage dari tahun 1930-an, semua jam tangan Rolex asli memiliki bagian belakang yang terbuat dari logam yang halus. Jika Anda melihat jam tangan Rolex dengan bagian belakang yang transparan, itu bisa menjadi tanda bahwa jam tersebut palsu. Rolex selalu memberikan perhatian khusus pada kehalusan pemolesan bagian belakang jamnya.

5. Memeriksa Nomor Seri Rolex

Setiap jam tangan Rolex memiliki nomor seri yang terukir. Anda dapat memeriksanya di toko resmi atau toko cabang resmi Rolex untuk memastikan keaslian jam tangan Anda.

Itulah 5 cara membedakan jam tangan Rolex asli dengan palsu. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: Sejarah Rolex, Merek Jam Tangan Mewah Asal Swiss yang Didirikan Tahun 1905

ANGELINA TIARA PUSPITALOVA | ACHMAD HANIF IMADUDDIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."