A to Z Mikrodermabrasi, dari Manfaat, Jenis, dan Kisaran Biayanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perawatan non-invasif mikrodermabrasi. Foto: Freepik.com/ArthurHidden

Ilustrasi perawatan non-invasif mikrodermabrasi. Foto: Freepik.com/ArthurHidden

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tekstur kulit yang kasar dan warna tidak merata termasuk masalah kulit teratas yang dialami banyak orang, dan mikrodermabrasi adalah perawatan yang dapat menargetkan keduanya sekaligus. Proses invasif minimal ini melibatkan pengelupasan sel-sel kulit mati dengan perangkat khusus dan dilakukan profesional yang membuat kulit tampak halus dan cerah. Untuk mengenal lebih dalam terkait mikrodermabrasi, berikut manfaat, jenis, dan perawatan yang perlu dilakukan usai treatment.

Apa itu Mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi adalah perawatan lembut non-bedah di mana perangkat yang bersifat abrasif ringan mengelupas lapisan atas kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah satu kali perawatan, kulit akan tampak lebih halus dan bercahaya, dan dengan perawatan yang berkelanjutan, Anda dapat melihat peningkatan warna kulit secara keseluruhan.

“Jenis peremajaan kulit ini digunakan untuk mengobati jaringan parut ringan, perubahan warna, kerusakan akibat sinar matahari, dan dapat membantu meningkatkan kerja obat topikal lainnya untuk meningkatkan kesehatan kulit,” kata Maya Thosani, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Scottsdale, Ariz, Amerika, dikutip dari Real Simple, Rabu, 3 April 2024.

Mikrodermabrasi dapat memperbarui warna dan tekstur kulit secara keseluruhan, serta memperbaiki penampilan kulit yang terkena paparan sinar matahari, kerutan, jerawat, dan kondisi lainnya.

Manfaat Mikrodermabrasi

- Secara instan menciptakan kulit terasa lebih halus

- Membuat kulit terlihat lebih bersinar

- Menargetkan warna kulit yang tidak merata, termasuk bintik matahari dan hiperpigmentasi terkait jerawat

- Membantu meningkatkan pergantian sel kulit

- Membuka pori-pori yang tersumbat bagi mereka yang rentan berjerawat

- Memungkinkan produk lain menyerap lebih dalam untuk meningkatkan kemanjuran

- Meminimalkan tampilan garis-garis halus dan kerutan

Ini menawarkan hasil yang hampir seketika, menjadikannya pilihan yang bagus sekitar seminggu sebelum acara besar, dan juga memiliki hasil kumulatif jika Anda melakukan perawatan secara teratur.

Jenis-jenis Mikrodermabrasi

Perawatan ini biasanya dilakukan pada wajah, namun Anda juga dapat melakukannya pada bagian tubuh lain. Anda juga akan menemukan beberapa jenis mikrodermabrasi:

Mikrodermabrasi Berlian: Metode mikrodermabrasi ini menggunakan tongkat berujung berlian untuk mengangkat dan menyedot sisa kulit mati dengan lembut. Ini seperti menggunakan amplas yang sangat halus.

Mikrodermabrasi Kristal: “Mikrodermabrasi kristal menembakkan kristal-kristal kecil melalui tabung yang mengangkat sel-sel kulit mati,” kata dokter Thosani. “Sementara itu, bagian vakum menyedot kulit mati, serpihan, dan kristal—seperti ledakan pasir.”

Hidradermabrasi: Hidradermabrasi menggabungkan pengelupasan kulit dengan hidrasi. Pada saat yang sama perangkat menghilangkan sel-sel kulit mati, serum yang menghidrasi dimasukkan ke dalam kulit.

Siapa yang Perlu Mendapatkan Mikrodermabrasi?

Jika tujuan akhir Anda adalah mendapatkan kulit halus, bercahaya, dan tampak sehat, maka mikrodermabrasi adalah pilihan yang tepat. Thosani menambahkan bahwa produk ini juga ideal bagi mereka yang ingin mengatasi hiperpigmentasi, perubahan warna, garis-garis halus, kerutan, dan bekas jerawat ringan.

Siapa yang Tidak Perlu Mendapatkan Mikrodermabrasi?

Tidak semua orang cocok untuk melakukan mikrodermabrasi, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif atau reaktif. “Mereka yang menderita iritasi atau kondisi peradangan kulit seperti psoriasis, rosacea, atau eksim harus menghindari mikrodermabrasi kecuali jika diarahkan oleh profesional medis,” kata Dendy Engelman, dokter kulit kosmetik bersertifikat di New York. Sebab mikrodermabrasi berpotensi memperburuk kondisi kulit tersebut.

Biaya Mikrodermabrasi

Kisaran biaya mikrodermabrasi antara USD100 dan USD500 atau sekitar Rp1,6 juta hingga Rp8 juta. Namun dokter Engelamn mengatakan bahwa biaya pada akhirnya bergantung pada faktor-faktor seperti siapa yang melakukan perawatan, di mana Anda tinggal, dan jenis mikrodermabrasi. Harganya juga dapat bervariasi tergantung pada area perawatan Anda dan apakah Anda memilih untuk mendapatkan layanan tambahan.

Saran Perawatan setelah Mikrodermabrasi

Setelah perawatan mikrodermabrasi, dokter  Thosani mengatakan Anda sebaiknya menghindari produk eksfoliasi atau produk keras lainnya setidaknya selama tiga hari pertama. Bahan-bahan ini dapat mengiritasi atau mengelupas kulit, sehingga berdampak negatif pada pelindung kulit. Anda juga mungkin mengalami iritasi, kemerahan, atau bahkan pengelupasan atau gatal pasca perawatan. Sebagai gantinya, gunakan toner, serum, dan pelembap yang lembut dan menghidrasi untuk meredakan dan menjaga kilau Anda.

Pilihan Editor: Kadar Kolagen Kulit Wajah Mulai Turun saat Usia 25 Tahun, Bagaimana Tips Mencegahnya?

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."