Kadar Kolagen Kulit Wajah Mulai Turun saat Usia 25 Tahun, Bagaimana Tips Mencegahnya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Skincare Anti Aging/Canva

Ilustrasi Skincare Anti Aging/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semakin bertambah usia, maka kadar kolagen di kulit wajah pun ikut menurun sehingga menimbulkan kerutan atau penuaan dini, khususnya bagi pemilik kulit kering. Oleh sebab itu penting merawat kulit sejak awal agar terhindar dari masalah aging

Aesthetic Doctor dan Beauty Educator, Dokter Abelina mengatakan kondisi kulit yang terjadi saat usia makin menua ialah kulit makin kendur, ototnya juga semakin mengecil. Risiko luka berbekas jadi semakin tinggi dan muncul noda hitam saat luka atau jerawat. 

"Salah satu penyebabnya stres yang berpengaruh pada hormon kortisol. Setiap umur 25 tahun kolagen perlahan menurun, begitu pula kemampuan memproduksi kolagen juga berkurang. Jadi akan lebih susah treatmentnya," ucap Dokter Abelina di acara campaign BASE bertajuk “Noor of Youth” di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2024.

Aesthetic Doctor dan Beauty Educator, Dokter Abelina usai ditemui di acara campaign BASE bertajuk “Noor of Youth” di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Oleh sebab itu, dokter Abelina menyarankan agar menjaga kemampuan sel memproduksi kolagen antara lain dengan memproduksi kolagen, memakai skincare termasuk sunscreen yang mengandung antioksidan, hindari polusi, diet tinggi gula. Gaya hidup sehat, pola tidur. Mencegah tidak hanya waktu muda. Hindari rokok dan alkoholnya. 

"Salah satu caranya dengan memakai skincare yang mengandung peptide sebab bisa men-trigger kulit secara langsung. Jadi untuk bahan aktif tidak harus yang mengandung retinol karena tidak semua bisa nyaman untuk efeknya," ujarnya.   

Serum Anti Aging Selain Bahan Retinol 

Menyambut bulan Ramadan, merek vegan skincare lokal BASE hadirkan campaign istimewa bertajuk “Noor of Youth” di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2024/Foto: Doc. BASE

Ratih Permata Sari, Co-Founder dan Chief Product Officer BASE mengatakan BASE Rich Moisture and Youthful Firming Serum adalah serum anti aging alternatif retinol dengan vegan peptide complex yang delapan kali lebih efektif untuk menghilangkan kerutan. Diformulasikan dengan bahan-bahan vegan yang kaya akan antioksidan dan sudah teruji klinis, serta diproses dengan bioteknologi untuk menangkal lima tanda-tanda penuaan dini, antara lain:

- Mengencangkan kulit kendur
- Mengurangi garis-garis halus dan keriput
- Menghaluskan tekstur kulit yang kasar
- Mencerahkan dan mengurangi hiperpigmentasi
- Menghidrasi secara intens dan memperkuat skin barrier

Kami ingin menggarisbawahi pentingnya merawat diri meski harus menjalani berbagai peran yang berbeda sebagai perempuan aktif masa kini, dan mengundang perempuan dari segala usia untuk menemukan radiant glow mereka dengan sentuhan self-care yang sesuai.

Selain itu, BASE berkomitmen untuk senantiasa menjadi pilihan skincare yang efektif dan aman tanpa bahan-bahan berbahaya maupun bahan yang berpotensi mengiritasi kulit. Sehingga, deretan produk BASE aman digunakan untuk kulit sensitif,  ibu hamil maupun ibu menyusui. Bersama dengan produk BASE, aktivitas self-care dapat dijalani dengan tanpa rasa khawatir.

Pilihan Editor: Ahli Ungkap Perbedaan Fungsi Bahan Skincare Retinol dan Peptide untuk Kulit Wajah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."