Dua Ribuan Mahasiswa Lolos Beasiswa IISMA 2024, Ketua Program: Selamat Datang Generasi Indonesia Emas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Mahasiswa Unair, Ali Assegaf (baju abu di tengah) menjadi salah satu penerima beasiswa IISMA di Lithuania. Dok. Unair

Mahasiswa Unair, Ali Assegaf (baju abu di tengah) menjadi salah satu penerima beasiswa IISMA di Lithuania. Dok. Unair

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah melalui serangkaian proses seleksi, program pertukaran mahasiswa ke luar negeri bernama Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 akhirnya mengumumkan nama-nama penerima beasiswa IISMA yang berasal dari jalur reguler dan afirmasi. Sebanyak 2.277 mahasiswa Indonesia berhasil lolos program IISMA tersebut.

“Tim IISMA mengucapkan selamat kepada semua mahasiswa yang berhasil terpilih untuk mengikuti program IISMA, baik dalam skema reguler maupun afirmasi,” ucap Kepala Program IISMA, Rachmat A. Sriwijaya dalam keterangan resminya, dikutip dari Tempo.co.

Pada program IISMA 2024, kuota yang disediakan untuk calon penerima beasiswa atau yang akrab disebut awardee sebanyak 3.000 mahasiswa. Angka ini naik 51 persen dari kuota tahun lalu. Dari target tersebut, sebanyak 2.030 kursi diisi oleh mahasiswa jalur reguler dan 247 kursi diisi oleh mahasiswa jalur afirmasi. Para awardee ini akan dikirim ke ratusan perguruan tinggi yang tersebar di 30 negara.

IISMA tahun ini melakukan seleksi calon awardee melalui tiga skema, reguler, afirmasi, dan co-funding. Skema reguler merupakan beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Adapun skema afirmasi merupakan beasiswa penuh Kemendikbudristek, namun dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024, atau mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah maupun mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Dengan penambahan kuota dan variasi skema pendaftaran, IISMA memberikan peluang yang lebih luas kepada seluruh mahasiswa di berbagai penjuru Indonesia untuk merasakan belajar di perguruan tinggi terkemuka di dunia selama satu semester.

“Pada program IISMA 2024, telah dilakukan upaya pembenahan dan penyesuaian berdasarkan masukan dari berbagai sumber yang diharapkan dapat memberikan nuansa baru yang lebih baik,” ujar Rachmat.

Rachmat mengungkap, harapan dari tim IISMA bahwa semua peserta yang telah berhasil lolos untuk senantiasa aktif memeriksa informasi terbaru, baik melalui email maupun portal masing-masing. Upaya ini untuk memastikan keterlibatan peserta dalam setiap tahapan selanjutnya dari program IISMA.

Selain itu, program IISMA 2024 akan membuka pendaftaran untuk jalur co-funding. Kuota IISMA Co-funding 2024 naik tiga kali lipat dibandingkan kuota tahun lalu yang dipatok di angka 250 mahasiswa.

Program IISMA 2024 diumumkan sejak Desember 2023 dengan membuka pendaftaran pada Januari hingga Februari 2024. Sementara, untuk seleksi administrasi dan rangkaian proses lainnya, dilaksanakan sepanjang Februari hingga Maret 2024.

Pengumuman awardee IISMA 2024 pada 20 Maret 2024 lalu jadi perbincangan hangat di media sosial dan jadi trending topic X. Banyak mahasiswa Indonesia yang mengungkapkan kebahagiaan usai diterima sebagai penerima beasiswa program IISMA tahun ini. “Selamat datang generasi Indonesia Emas 2045,” kata Rachmat.

Pilihan Editor: Hasil Program Beasiswa Luar Negeri IISMA 2024 dengan Tujuan 14 Negara Resmi Diumumkan

INTAN SETIAWANTY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."