Hasil Program Beasiswa Luar Negeri IISMA 2024 dengan Tujuan 14 Negara Resmi Diumumkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengumuman hasil seleksi beasiswa luar negeri Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 rilis pada Rabu, 20 Maret 2024. Pendaftar dapat mengakses pengumuman IISMA 2024 Kemendikbud melalui website resmi iisma.kemdikbud.go.id. Peserta yang dinyatakan lolos IISMA 2024 akan memperoleh kesempatan belajar di kampus dan perusahaan luar negeri.

Pendaftaran IISMA 2024 sebelumnya telah berlangsung pada Januari hingga Februari 2024. Proses pendaftaran telah berlangsung secara online, melalui situs resmi IISMA. Peserta yang mendaftar akan diseleksi sebanyak empat kali. Keempat tahap seleksi IISMA 2024 meliputi seleksi administrasi, seleksi wawasan kebangsaan, seleksi wawancara, dan seleksi final. Peserta yang lolos keempat rangkaian seleksi akan dinyatakan lolos melalui pengumuman dan surat keputusan (SK) penyelenggara pada Maret 2024.

Mengutip Instagram @Iisma_ri pengumuman tersebut sudah rilis mulai Rabu, 20 Maret 2024. Pengumuman ini bisa dilihat dengan mengakses akun IISMA masing-masing pendaftar yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar.

Peserta yang dinyatakan lolos akan berangkat setelah proses pengumuman hasil kelulusan dan pengumpulan berkas-berkas. Masih menurut penyelenggara IISMA 2024, tanggal pengumpulan berkas-berkas saat ini memang belum diumumkan.

Peserta yang lolos seleksi IISMA 2024 berhak mendapat kesempatan belajar di luar negeri dengan beragam fasilitas dari pemerintah. Fasilitas-fasilitas tersebut terdiri dari transportasi dan akomodasi, tanggungan biaya hidup, hingga jaminan kesehatan.

Sementara peminat program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) mengalami peningkatan yang signifikan. Jumlah pendaftar meningkat hingga 6.041 mahasiswa dari pendaftar pada 2023 sebanyak 9.170 mahasiswa kini menjadi 15.211 mahasiswa. Jumlah pendaftar tersebut terdiri dari 12.268 mahasiswa jalur sarjana dan 2.943 mahasiswa untuk jalur vokasi. 

Direktur Akademisi Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, mengatakan, program IISMA memiliki tujuan ke 14 negara dengan total host university sebanyak 29 perguruan tinggi.

"Untuk program IISMA angkatan selanjutnya, host university juga siap memberikan fasilitas akomodasi yang lebih baik dan meningkatkan kuota mahasiswa,” ucap Beny dikutip dari laman resmi Kemendikbud Ristek dalam acara kepulangan dan serah terima beasiswa IISMA 2023 akhir Februari lalu.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani, berharap awardees IISMA mengaplikasikan semua yang didapatkan dalam program tersebut di Indonesia. 

Sri mengatakan awardee tak hanya belajar secara akademik. Namun belajar di luar kelas yang membuka sudut pandang tentang dunia yang beragam baik budaya dan nilai-nilai. “Ini tidak hanya pengalaman yang akan memperkaya kalian, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa kita,” ujar Sri yang turut hadir di acara kepulangan dan serah terima awardee IISMA 2023.

Program Kerjasama dengan Kemdikbud Ristek 

Program IISMA adalah hasil kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) serta Kementerian Keuangan. Dibuka pada 2021, sebanyak 2.551 mahasiswa telah mendaftar untuk bergabung dalam program IISMA. Memasuki 2022, program ini meningkat tiga kali lipat dengan jumlah 7.522 mahasiswa mendaftar untuk jalur sarjana dan 3.506 mahasiswa bergabung dalam jalur vokasi.

Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di perguruan tinggi dan industri terkemuka. IISMA bukan hanya menjadi penyedia pengetahuan, melainkan juga pendorong utama dalam perkembangan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan dalam era global saat ini.

Selain itu, program IISMA juga jadi salah satu fondasi dalam memperkuat hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan negara tujuan perguruan tinggi. 

Pilihan Editor: Tips Meraih Beasiswa Program Indonesian International Student Mobility Awards

MYESHA FATINA RACHMAN I INTAN SETIAWANTY | DWI ARJANTO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."