Manfaat Daun Torbangun Sebagai Booster ASI, Meningkatkan Hormon Menyusui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMenyusui merupakan sebuah momen penting dalam perjalanan seorang Ibu dan bayinya. Bukan hanya sekedar memberikan nutrisi yang optimal, tetapi juga tentang hubungan emosional dan membangun ikatan yang kuat antara Ibu dan bayi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa proses menyusui seringkali dapat menimbulkan tantangan bagi Ibu, terutama dalam hal memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil.

Menjaga kelancaran produksi ASI seringkali menjadi perjuangan bagi banyak ibu menyusui. Faktor-faktor seperti stres, kurangnya waktu beristirahat, asupan nutrisi yang kurang  memadai, atau masalah kesehatan tertentu bisa mempengaruhi produksi ASI, menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran bagi Ibu. 

Berbagai upaya dilakukan oleh para Ibu untuk dapat memenuhi kecukupan ASI bagi Si Kecil, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai suplemen herbal. Suplemen herbal dipercaya aman bagi Si Kecil dan tidak memberikan efek samping. Namun banyak dari suplemen herbal yang dikonsumsi para Ibu mengandung Fenugreek, yang ternyata berdasarkan penelitian para ahli, pada beberapa orang dapat menyebabkan alergi dan rasa tidak nyaman pada perut Ibu dan bayi (kolik). 

Founder Evermom, Jessica Lin menceritakan karena kekhawatiran supply ASI-nya tidak cukup untuk bayi kembarnya, dokter menyarankan dia untuk konsumsi daun torbangun, dan ternyata efektif untuk meningkatkan produksi ASI, sehingga kedua bayi kembar bisa mendapatkan ASI yang cukup. 

Manfaat Daun Torbangun Sebagai Booster ASI

Daun torbangun atau disebut juga laktagogum memiliki kandungan saponin, flavonoid, dan polifenol yang mampu meningkatkan hormon menyusui seperti prolaktin dan hormon oksitosin, serta vitamin C, vitamin B1, vitamin B12, betakaroten, niasin, carvacrol, kalsium, asam lemak, asam oksalat, dan serat. Antioksidan, diuretik, analgesik, antitumor, antivertigo, imunostimulan, anti inflamasi, antiinfertilitas, hipokolesterolemia, hipotensi, antioksidan, diuretik, analgesik, antitumor, antivertigo, imunostimulan, antiinflamasi, antiinfertilitas. 

Mengonsumsi daunnya mempunyai efek yang berarti meningkatkan jumlah berbagai mineral dalam ASI, termasuk zat besi, kalium, seng, danmagnesium, serta membantu penambahan berat badan bayi. Tidak ada melaporkan efek negatif dari daun torbangun, yang telah diteliti oleh sejumlah orang peneliti.

"ASI layak diperjuangkan karena penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi kita.  Maka itu aku ingin berbagi manfaat yang telah aku rasakan dengan Ibu-Ibu menyusui lainnya, agar bisa berjuang bersama untuk bisa meng-ASI-hi buah hati kita," ucap Jessica Lin melalui siaran pers, Jumat 22 Maret 2024 

Jessica Lin juga menambahkan jika ia percaya bahwa setiap Ibu berhak mendapatkan dukungan terbaik dalam perjalanan menyusui mereka. Karena keamanan untuk Ibu dan bayi menjadi prioritas, Evermom juga menggunakan Vegetable Capsules, 100 persen natural sehingga tidak memicu timbulnya alergi, aman bagi hati dan ginjal juga dapat dikonsumsi oleh Ibu vegetarian dan sudah bersertifikasi BPOM.

 "Kami berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan menyusui agar para Ibu bisa menjadi Pahlawan ASI terbaik. Karena Supermom terbaik seperti Mom layak mendapatkan produk terbaik, untuk memberikan yang terbaik bagi sang buah hati," pungkasnya. 

Pilihan Editor: Durasi Menyusui Menurut Saran Dokter

JOURNAL OF MIDWIFERY AND NURSING

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."