Salvatore Ferragamo, Legenda Alas Kaki Para Bintang yang Tergila-gila jadi Pembuat Sepatu Sejak Kecil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
 Salvatore Ferragamo/Foto:  Historical Archive Data Bank Foto Locchi Florence

Salvatore Ferragamo/Foto: Historical Archive Data Bank Foto Locchi Florence

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ini adalah kisah tentang seorang seniman yang sejak usia dini mengetahui apa panggilan hidupnya. Lahir di Bonito, Italia, pada tahun 1898, Salvatore Ferragamo adalah anak ke-11 dari 14 bersaudara.

Sejak kecil, Salvatore bercita-cita menjadi pembuat sepatu. Dia menghabiskan waktu berjam-jam mengawasi pembuat sepatu setempat di tempat kerja, meskipun ayahnya tidak setuju karena pembuatan sepatu dianggap sebagai pekerjaan paling sederhana. Keajaiban terjadi ketika Salvatore muda berusia sembilan tahun, dan tibalah waktunya untuk Komuni Pertama seorang saudarinya.

Ketika dia mengetahui bahwa orang tuanya tidak mampu membelikan sepasang sepatu tradisional berwarna putih untuknya, Salvatore memutuskan untuk membuatnya sendiri. Dia meminjam paku, benang, kanvas putih, dan peralatan yang dia butuhkan dari pembuat sepatu setempat. 

Secara rahasia, malam sebelum acara besar tersebut, dia mulai membuat sepasang sepatu pertamanya. Mereka sudah siap di pagi hari, dan saudara perempuannya mengenakan sepatu barunya yang indah, yang membuat semua orang tercengang. Nasib Salvatore sudah ditentukan. Dia akan menjadi pembuat sepatu. 

Dia segera menyadari bahwa dia telah menemukan jalan hidupnya dan pergi ke Naples, Italia, untuk belajar pembuatan sepatu. Beberapa tahun kemudian, pada usia tiga belas tahun, dia kembali ke Bonito dan membuka bisnis pertamanya, yang dijalankan dari rumah orang tuanya. Dari awal yang sederhana ini, merek mewah True Fashionista Ferragamo akan muncul.

Pembuat Sepatu bagi Para Bintang 

Pada tahun 1914, pada usia 16 tahun, Ferragamo berangkat ke AS untuk tinggal bersama salah satu saudara laki-lakinya yang bekerja di pabrik sepatu boot koboi di Boston. Meskipun dia terkesan dengan teknik dan mesin modern yang digunakan untuk membuat sepatu bot tersebut, dia tidak menyukai produk akhirnya. Dia akhirnya pergi ke California untuk melanjutkan karir dan bisnisnya.

Tinggal di Santa Barbara, California, Ferragamo mulai membuat alas kaki True Fashionista untuk industri film menggunakan teknik tradisional yang telah dipelajarinya dengan susah payah. Para bintang film begitu kagum dengan keahliannya sehingga mereka mulai memesan alas kaki khusus. Maka dimulailah masa bersinarnya "Pembuat Sepatu bagi Bintang".

Bisnisnya begitu kuat sehingga pada tahun 1923 ia pindah ke Hollywood. Tokonya, Hollywood Boot Shop, sering dikunjungi oleh bintang film terbesar saat itu, termasuk Marilyn Monroe, Judy Garland, Joan Crawford, dan Greta Garbo, dan masih banyak lagi.

Maka dimulailah masa pemerintahan Salvatore sebagai pencipta beberapa sepatu paling legendaris dalam film. Dia membuat sandal untuk berbagai project , stiletto seksi Marilyn Monroe di The Seven Year Itch , dan seperti yang disebutkan di atas, sandal rubi Dorothy di The Wizard of Oz . Film lain yang juga menampilkan karya-karyanya antara lain Some Like It Hot , Mildred Pierce , dan The Postman Always Rings Twice.

Sepatu boot dari Salvatore Ferragamo/Foto: Instagram/ Ferragamo

Kenyamanan, Kreativitas, dan Inovasi 

Sepatu Ferragamo awalnya populer karena kreativitas, inovasi, dan dedikasinya terhadap kualitas. Ia juga mengupayakan sesuatu yang unik: keyakinan bahwa seseorang tidak perlu menderita untuk tampil cantik. Dia menetapkan tujuan untuk merancang sepatu yang nyaman dipakai dan indah untuk dilihat.

Sejauh ini, ia mengikuti kursus anatomi di The University of Southern California untuk mempelajari seluk-beluk kaki manusia. Dengan menggunakan pengetahuan ini, ia menciptakan model kayu khusus untuk klien tetapnya (dikenal sebagai yang terakhir). Dari sinilah ia mampu menciptakan sepatu yang benar-benar nyaman dipakai dan juga indah dipandang mata.

Pada tahun 1927, permintaan Ferragamo begitu tinggi sehingga dia pindah kembali ke Italia untuk mempekerjakan pengrajin terlatih untuk membuat sepatu couture miliknya. Wanita terkaya di dunia berbondong-bondong mengunjungi tokonya. Ketika persediaan kulit dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan menjadi langka pada tahun 1930-an, ia mulai menggunakan bahan-bahan non-tradisional. 

Salah satu penemuannya yang paling terkenal adalah sepatu wedge sol gabus, yang pertama dibuat menggunakan gabus dari botol anggur! Ia juga mendesain sandal pertama untuk wanita dan menggunakan bahan unik seperti kayu, kawat logam, dan bahkan emas 18 karat. Ketika tumit interior berbahan logam diperkenalkan pada tahun 1950-an, ia menciptakan tumit stiletto.

Ferragamo memperkenalkan dunia pada banyak desain yang memicu banyak tren baru. Beberapa kreasi inovatifnya antara lain tumit sangkar, tumit pahatan, sol berbentuk cangkang, dan sandal "tak terlihat". Dia juga dikenal karena pilihan warnanya yang berani, memadukan warna kuning yang menakjubkan, hijau zamrud, dan biru royal, terkadang semuanya dalam satu sepatu yang sama!

Pada tahun 1938, ia membeli kantor pusat baru di Florence, Italia, khususnya Palazzo Spini Feroni, sebuah istana Abad Pertengahan yang dibangun pada tahun 1289. Bangunan tersebut masih berdiri dan berfungsi tidak hanya sebagai lokasi ritel unggulan yang bergengsi tetapi juga sebagai museum umum yang dibangun pada tahun 1995.

Ferragamo menikah pada tahun 1940, dan dia serta istrinya Wanda memiliki enam anak. Klan tersebut diperkenalkan dengan seni membuat sepatu, karena ayah mereka masih sangat muda. Ketika Ferragamo yang lebih tua meninggal pada tahun 1960, kerajaan bisnisnya diserahkan ke tangan anak-anaknya yang kompeten, yang memperkenalkan produksi mekanis ke merek tersebut di tengah kontrol kualitas yang ketat. 

Label ini telah berkembang selama bertahun-tahun ke dalam jam tangan, aksesoris, pakaian, dan tas tangan, yang merupakan beberapa dari sekian banyak tas tangan desainer autentik.

Pilihan Editor: Mengenal Christian Louboutin, Pendiri Merek Sepatu Mewah Bersol Merah

TRUEFASHIONISTAS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."