5 Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berbicara bahasa Inggris dengan baik adalah kemampuan yang penting di dunia modern. Bahasa Inggris lisan menjadi komponen pendidikan yang penting karena anak-anak maupun orang dewasa diharapkan fasih dan mahir dalam bahasa tersebut. Saat ini, semakin banyak orang tua yang menganggap penting bagi anak-anak mereka untuk mempelajari bahasa Inggris sedari dini. Berikut beberapa cara mengajarkan bahasa inggris pada anak.

5 Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak

1. Gunakan kreativitas saat mengajari anak

Minta anak Anda mengucapkan frasa atau kalimat bahasa Inggris dengan berbagai cara, seperti wajah senang, wajah sedih, suara robot hingga ekspresi gembira untuk membantunya berbicara bahasa Inggris tanpa rasa takut.

Libatkan kreativitas Anda. Anak-anak biasanya akan senang mengulangi bahasa lagi jika penekanannya adalah pada membuat wajah lucu dibandingkan berbicara. Jika anak Anda enggan mengucapkan kata-kata baru, jangan pernah mengungkapkan ketidaksenangan. Ingatlah, menjadi pusat perhatian bisa jadi meresahkan.

2. Buat jadwal berbahasa Inggris

Buatlah jadwal belajar bahasa Inggris sendiri di rumah. Sesi yang singkat dan sering lebih disukai daripada sesi yang panjang dan jarang. Bagi anak-anak yang masih sangat kecil, lima belas menit adalah waktu yang cukup. Seiring bertambahnya usia anak Anda dan dapat fokus lebih lama, Anda dapat memperpanjang sesi secara bertahap.

Perhatian anak Anda dapat dipertahankan dengan membuat aktivitasnya singkat dan menarik. Buat zona bahasa Inggris di salah satu area rumah, dan simpan benda pun yang berhubungan dengan bahasa tersebut di sana, seperti permainan, buku, DVD, dan barang buatan anak.

3. Motivasi anak untuk menulis jurnal sebelum tidur

Karena penjurnalan memungkinkan anak-anak menggambarkan pemikiran dan aktivitas sehari-hari mereka dalam bahasa Inggris, hal ini dapat membantu mereka menjadi lebih mahir dalam bahasa tersebut sejak usia dini. Semakin banyak membuat jurnal, anak-anak menjadi lebih nyaman dengan penggunaan tata bahasa dan frasa, yang berdampak langsung pada bahasa Inggris lisan mereka dan meningkatkan kebenaran dan kelancaran mereka. Hal ini meningkatkan penguasaan mereka terhadap bahasa Inggris seiring berjalannya waktu.

4. Pilih mata pelajaran yang menarik minat anak

Memilih mata pelajaran yang diminati anak Anda adalah metode yang bagus untuk mendorong mereka belajar bahasa. Mendorong anak-anak untuk mengomunikasikan ide dan pendapat mereka dalam bahasa Inggris tentang objek dan subjek yang mereka anggap menarik membantu mereka membentuk hubungan dengan bahasa tersebut dan memberi mereka lebih banyak rasa percaya diri saat menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Menciptakan hari yang menyenangkan di mana anak Anda dapat membuat presentasi untuk keluarga mendiskusikan segala hal yang dia suka bicarakan dalam bahasa Inggris adalah metode yang bagus untuk membantu mereka sering berbicara bahasa Inggris. Hal ini memberikan aktivitas pendidikan dengan sentuhan menyenangkan yang akan disukai anak-anak Anda dan dapat meningkatkan kefasihan mereka dalam berbahasa Inggris.

5. Manfaatkan kekuatan musik

Seorang anak dapat terlibat secara efektif dengan musik dan dibantu dalam mempelajari kata-kata baru tanpa merasa stres. Menyanyi dan menonton film atau video interaktif dengan teks bahasa Inggris seringkali merupakan cara paling efektif agar anak-anak menjadi fasih berbahasa. Sejauh ini, pengujian telah menunjukkan bahwa hal ini bermanfaat bagi banyak anak yang mempunyai masalah dengan kosa kata mereka. Mayoritas anak-anak menyukai lagu, dan mereka belajar banyak hal dengan cepat melalui lagu.

Yang harus dihindari saat mengajarkan bahasa Inggris pada anak

Jangan pernah menekan anak Anda untuk mengucapkan kalimat yang lebih panjang dalam bahasa Inggris. Jika hanya itu yang ingin mereka katakan saat ini, boleh saja mengucapkan satu kata saja. Tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda puas dengan kemampuan berbicaranya, betapa pun singkatnya, dan cobalah untuk tampil tenang.

Saat anak Anda sedang berbicara, jangan menyela atau membiarkan orang lain menyela. Yang terpenting, cobalah untuk tidak menganggap diamnya anak Anda terlalu serius. Bersikap suportif, optimis, dan membantu setiap saat. Jika diperlukan, sampaikan hal tersebut kepada mereka dan beri tahu mereka bahwa Anda ada untuk mendukung peningkatan rasa percaya diri mereka.

Pilihan Editor: Cara Whulandary Herman Mengajarkan Bahasa Inggris ke Putranya, Zayn

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."