6 Kebiasaan Makan Malam Sehat Ini Bisa Kelola Gula Darah dan Mengontrol Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi diet makanan mentah. Freepik.com/Yanalya

Ilustrasi diet makanan mentah. Freepik.com/Yanalya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Jika Anda adalah seseorang yang berjuang dengan kolesterol tinggi, perlemakan hati, diabetes atau tekanan darah tinggi, apa yang Anda makan saat makan malam bisa berdampak besar pada kondisi Anda. Makan malam yang lebih awal dan ringan dibandingkan dengan makan malam yang berat dan terlambat bisa menjadi keajaiban dalam perjalanan kesehatan Anda dengan membantu mengendalikan berat badan, kadar gula darah, dan penyakit kronis lainnya.

Anda juga dapat memanfaatkan waktu makan malam dengan mengunyah setiap gigitan secara perlahan, menikmati makanan bersama keluarga dan duduk dalam posisi santai, mengikuti semua prinsip makan dengan penuh kesadaran. Berjalan-jalan setelah makan akan memastikan Anda mencerna makanan dengan baik dan juga mulai mempersiapkan waktu tidur. 

“Salah satu faktor gaya hidup utama yang mempengaruhi sistem metabolisme kita adalah makan pada waktu yang salah. Hati adalah salah satu faktor metabolisme utama dalam sistem fisiologis manusia. Hati bekerja erat dengan ritme sirkadian jam tubuh dan membantu pembentukan glukosa atau glikogen. penyimpanan. Hati bekerja dalam dua siklus: memecah zat untuk menghasilkan glukosa dan membangun zat yang dicerna untuk membentuk simpanan glikogen. Makan pada waktu yang tepat mendukung fungsi opsional hati. Makan malam lebih awal saat matahari terbenam, yang merupakan waktu di mana jam internal diatur turun pada fase metabolisme yang berbeda, membantu sistem pencernaan berfungsi secara efisien," kata Dr Karthiyayini Mahadevan, ahli Neurologi Perkembangan, Kepala Kesehatan dan Kesejahteraan di Komunitas Columbia Pacific.

Manfaat kesehatan dari makan malam tepat waktu

Salah satu penyakit hati yang paling umum, yang diamati dengan gaya hidup saat ini, adalah perlemakan hati. Nah, manfaat makan malam lebih awal sebelum matahari terbenam antara lain fungsi pencernaan yang efektif, fungsi hati yang efektif dalam detoksifikasi, pergerakan usus dan evakuasi yang efektif, dan waktu transit yang cukup bagi flora usus untuk mendapatkan nutrisi.

6 kebiasaan makan malam yang positif untuk kesehatan

1. Makan malam sebelum matahari terbenam atau sebaiknya sebelum jam 7 malam

Kearifan tradisional dan ilmu pengetahuan modern sepakat bahwa makan malam lebih awal dapat memberikan keajaiban bagi pencernaan dan metabolisme Anda. Ini memastikan tubuh tidak harus bekerja ekstra keras saat tidur dan mendapat waktu untuk relaksasi dan peremajaan.

2. Menghindari makanan berminyak dan gorengan saat makan malam

Makan malam harus ringan dan mudah dicerna. Lemak tidak dicerna dengan baik saat makan malam karena produksi empedu yang lebih sedikit, karena hati berada dalam fase anabolik, yang sedang membangun glikogen.

3. Hidrasi dengan baik

Hidrasi yang cukup melalui sup hangat saat makan malam membantu melancarkan pencernaan dan jika dikonsumsi dengan sayuran kaya serat, akan membantu menyehatkan flora usus.

4. Hindari protein hewani saat makan malam

Mencerna protein hewani membutuhkan banyak usaha dan tidak akan didukung secara efektif oleh hati karena masih dalam fase penumpukan. Hal ini dapat menyebabkan protein yang dicerna sebagian tertinggal di usus, yang jika membusuk akan mempengaruhi flora usus yang sehat.

5. Mengonsumsi makanan berbahan dasar serelia saat makan malam

Hidangan berbahan dasar serelia kaya akan mikronutrien dan juga merupakan sumber serat yang baik akan menyehatkan flora usus. Ini akan memastikan kesehatan mental yang lebih baik dan tidur yang nyenyak juga.

6. Makan dengan penuh perhatian setiap saat, terlebih lagi saat makan malam

Makan malam yang bergizi dan ringan adalah cara terbaik untuk melepas lelah setelah hari yang sibuk. Ini akan membantu menutup sistem metabolisme dengan rasa syukur untuk hari itu. Makan dengan penuh kesadaran pada waktu, kuantitas dan kualitas yang tepat menambah umur bertahun-tahun.

Pilihan Editor: Selain Kaya Antioksidan, Air Okra Punya Khasiat Kontrol Gula Darah

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."