Cerita Pilu Kiky Saputri Alami Keguguran, Harus Angkat Kista dan Ovarium Kiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Kiky Saputri dan suaminya saat mengabarkan harus kehilangan janin di perutnya. Foto: Instagram.

Kiky Saputri dan suaminya saat mengabarkan harus kehilangan janin di perutnya. Foto: Instagram.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komedian Kiky Saputri bersama suaminya, Muhammad Khairi mengumumkan kabar duka. Dengan berurai air mata, Kiki mengatakan calon anak pertamanya telah meninggal di dalam kandungan saat usia sepuluh minggu atau dua setelah bulan. Hal itu dia sampaikan lewat kanal Youtube pribadi miliknya.

"Tepat di bulan lalu, aku mengalami keguguran. Penyebab pastinya ada, tapi ditambah faktor lain, kecapekan," kata Kiky dalam unggahan empat jam lalu, Senin dini hari, 18 Maret 2024.

Operasi Pengangkatan Kista dan Ovarium Kiky Saputri

Kiky mengungkapkan terdapat kista di dalam tubuhnya dan harus diangkat dari rahimnya. Berawal dari membersihkan rahimnya usai keguguran, Kiky mengalami nyeri hebat di bagian perut dan area sensitifnya.

Ternyata, kista yang ia idap sebelum hamil itu telah berukuran 4,8 cm. Saat konsultasi ke dokter, ia harus segera diberi tindakan sesegera mungkin.

"Tepat jam 10 pagi, aku sudah kesakitan banget, sampai kata temanku sudah kayak kontraksi mau melahirkan. Aku tanya ke bidan yang jaga. Ternyata sudah radang dan memang enggak bisa dikeluarin langsung, harus melalui proses dan tahapan," kata Kiky melalui Youtube pribadinya yang diunggah Senin dini hari, 18 Maret 2024.

Akhirnya, pada jam 1 siang, dokter menggunakan laparoskopi, yakni  tindakan medis yang bertujuan memeriksa dan mengobati kondisi organ perut dan panggul. "Jadi dia pakai alat robotik untuk pemeriksaannya. Tapi, kata dokter kalau tidak memungkinkan dan kistanya pecah saat proses operasi menggunakan metode itu, pihak rumah sakit harus panggil suami aku untuk menentukan tindakan," kata Kiky.

Di tengah perbincangan soal operasinya, Kiky berlinangan air mata saat mengetahui ujiannya tidak hanya kehilangan calon anaknya saja, tapi juga mengangkat kista. "Aku kayak yang, Ya Allah, ujian kemarin aja belum selesai. Ini harus menghadapi yang selanjutnya. Aku pikir bisa menyusut dan mengecil (kista-nya), ternyata harus di operasi," kata istri Muhammad Khairi itu.

Faktor Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil, Salah Satunya karena Stres

Sambil menyeka air mata, Kiky kembali bercerita kalau kistanya sudah menggerogoti ovarium sebelah kiri, tepat di lokasi janinnya tumbuh. Air matanya menggenang saat bercerita, ovariumnya harus diangkat supaya tidak menjalar ke organ lainnya.

"Dokter bilang, untungnya segera tindakan pada waktu itu. Ya berat bagi aku, aku sudah kehilangan anak, dan harus kehilangan ovarium kiri juga."

Kiky Menyesal karena Tak Bisa Jaga Kesehatan

"Untungnya ovarium kanan aku itu masih bagus banget. Tapi aku sedih, karena aku enggak bisa jaga diri dengan baik dan jaga kesehatan juga. Istirahat juga enggak cukup," ujarnya melanjutkan.

Perempuan 30 tahun itu juga ingin memutar waktu agar ia bisa hidup sehat dan tidak menjalani hal yang membuat dia harus kehilangan. "Ini bisa jadi pembelajaran juga buat kita semua dan juga teman-teman aku di luar sana, terutama yang perempuan harus jaga kesehatan," tuturnya.

Pilihan Editor: Kiky Saputri jadi Korban Body Shaming Karena Lipatan Perut, Benarkah Tanda Awal Obesitas?

YUNI ROHMAWATI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."