Kiky Saputri jadi Korban Body Shaming Karena Lipatan Perut, Benarkah Tanda Awal Obesitas?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi diet. shutterstock.com

Ilustrasi diet. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komika, Kiky Saputri kembali mencuri perhatian lantaran mengunggah foto  Instagram story' yang memperlihatkan perut bergelambir atau lipatan perut. Warganet membalas story Kiky dengan ungkapan bernada body shaming dan bullying. 

Di luar selebrasi menerima tubuh apa adanya, bukan berarti Anda mengabaikan alarm yang muncul kalau memang berat badan perlu dikontrol agar tidak terjadi obesitas.

Hal itu disampaikan oleh Spesialis Gizi Klinik Dokter Nathania bahwa lingkar pinggang dan lingkar perut atau gelambir jika di luar indikator indeks massa tubuh (IMT) maka sudah bisa dikatakan tanda obesitas. 

Selain IMT, Anda juga bisa melakukan pengukuran lingkar perut menggunakan pita pengukur untuk mengetahui apakah Anda termasuk kategori obesitas sentral. Kondisi Anda dikatakan obesitas sentral jika lingkar perut lebih dari 80 cm (untuk wanita) dan 90 cm (untuk pria).

"Belum tentu kalau lengannya berotot, lalu perutnya buncit itu IMT-nya normal," ucap Nathania saat ditemui Cantika di acara peluncuran Allurion Program di Jakarta Slimming Center, Kamis, 6 Juli 2023 di Jakarta. 

Nathania menyarankan kalau ingin mengetahui jenis lemak dalam lipatan perut, maka perlu diperiksa lebih lanjut. Sebab, lemak terbagi menjadi dua, pertama subkutan yang terletak di bawah kulit dan lemak viseral terletak di organ dalam. 

"Nah lemak visceral ini yang berbahaya karena bisa memicu penyakit sindrom metabolik dan banyak ditemui di orang-orang yang kurus," tambah Clinical Manager Jakarta Slimming Center ini.  

Oleh sebab itu, Nathania mengimbau agar memastikan lagi munculnya gelambir karena faktor apa, apakah proses exercise dan diet seseorang atau tanda obesitas. 

"Kalau misal dulunya obesitas lalu jadi normal,  gelambir yang muncul its fine. Nah, kalau karena gelambir karena obesitas, itulah yang perlu diperbaiki," saran Nathania.

Pilihan Editor: Obesitas pada Anak: Penyebab, Gejala, Dampak, dan Cara Mencegahnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."