Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Potongan Rambut Bob, Kata Hair Stylist

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Supermodel Hailey Bieber. Foto: Instagram/@haileybieber

Supermodel Hailey Bieber. Foto: Instagram/@haileybieber

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Popularitas potongan rambut bob semakin meningkat. Dilihat dari tampilan pesohor di karpet merah dan unggahan media sosial akhir-akhir ini. Banyak selebritas yang memutuskan untuk mencoba potongan rambut tersebut seperti Zendaya dan Hailey Bieber.

“Saya menyukai rambut Zendaya, dan menurut saya rambut itu cocok dengan model bob tebal baru yang sedang tren,” kata Melissa Holinsworth, penata rambut di California, Amerika, dikutip dari Byrdie. "Ini sangat tahun 90-an, tetapi dengan teknik layering modern yang mencegah rambut menjadi gelembung tidak menarik yang menutupi wajah."

Sementara itu, Wes Sharpton, edukator dan penata rambut di Hair Story, menyukai potongan rambut istri Justin Bieber. "Rambut bob Hailey Bieber adalah salah satu yang saya sukai. Ini memiliki garis yang kuat tetapi cukup tersebar sehingga tekstur alami dan bergelombang terlihat tanpa terlihat terlalu besar di bagian bawah. Tampilan ini mudah ditata sehari-hari," katanya.

Potongan rambut bob terbilang serbaguna karena cocok untuk hampir semua jenis rambut dan mencakup beragam panjang serta gaya. Tergantung pada jenis rambut Anda, perawatan, dan gaya yang diinginkan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan potongan rambut bob.

Memilih Potongan Sesuai Jenis Rambut

Meskipun inspirasi selebriti pasti dapat membantu Anda memilih gaya bob dan menciptakan visi keseluruhan, Sharpton mencatat bahwa biasanya tidak mungkin (atau ideal) untuk meniru potongan rambut orang lain dengan sempurna.

“Kami selalu memberi tahu klien bahwa kami akan mendekati hal tersebut, namun kami tidak dapat meniru pemotongan yang tepat,” katanya.

"Penata rambut bukanlah mesin peniru. Kami mencari inspirasi, namun detail dan hasil akhirnya tergantung pada jenis rambut klien dan apa yang paling sesuai dengan gaya hidup klien," ucapnya.

Rambut Lurus

"Rambut lurus paling cocok dengan model rambut bob sama panjang, menurut Holinsworth. Untuk meningkatkan pesona Anda, Sharpton merekomendasikan menambahkan poni samping.

"Model bob berlapis pada rambut lurus dan halus bisa terlihat sedikit lemah, jadi membuat semuanya menjadi satu panjang akan memberi kesan Anda rambut lebih tebal dan tubuh," kata Sharpton.

Rambut Keriting

Jika Anda memiliki rambut keriting, Anda memiliki banyak pilihan untuk model rambut bob.  Apa pun bentuk yang Anda potong pada rambut keriting, itu lebih terlihat daripada rambut lurus. Tergantung pada bentuk dan volume yang Anda inginkan, ada beberapa hal penting yang perlu diingat.

“Jika Anda menambahkan lapisan bulat, model bob akan terlihat lebih bulat. Jika Anda memotong rambut keriting satu panjang, hasilnya akan terlihat seperti segitiga,” katanya.

Jadi, untuk rambut keriting, itu tergantung seberapa besar rambut yang Anda inginkan. Semakin banyak lapisan atau layer, rambut Anda akan semakin besar dan bulat.

Sharpton juga menyebut panjang sebagai pertimbangan untuk jenis rambut keriting. “Orang yang berambut keriting perlu memikirkan tentang penyusutan dan [mempertimbangkannya] saat memilih potongan bob,” katanya, seraya mencatat bahwa Anda harus memperhatikan apakah rambut Anda akan terlihat alami atau tergerai.

Rambut Tebal

Mereka yang memiliki rambut tebal akan mudah memilih model rambut bob, karena mereka tidak perlu khawatir akan terlihat terlalu halus atau rata. Oleh karena itu, pemeliharaan akan menjadi kuncinya di sini, dan Anda mungkin perlu meringankan bebannya.

"Beberapa orang dengan rambut tebal akan mendapatkan potongan segitiga yang tidak terduga—yang sangat keren jika Anda mencari bob segitiga—tetapi jika Anda mencari sesuatu yang lebih ramping, cobalah lapisan atau penghilangan beban untuk membuatnya terlihat rapi. seperti yang Anda inginkan di bagian bawah," kata Sharpton.

Mereka yang memiliki rambut sangat tebal terkadang melakukan undercut, yaitu mencukur atau memotong sangat pendek di bawah tulang oksipital, atau bahkan di bagian samping, untuk menghilangkan sebagian besar dan memotong bob.

"Bob bersudut biasanya paling cocok untuk rambut yang lebih tebal," ucap Holinsworth. "Membawanya ke sudut di depan membuat rambut terlihat lebih ramping. Lapisan panjang yang lembut juga cocok untuk rambut tebal untuk membantu menghilangkan sedikit berat," katanya.

Rambut Bergelombang

Ketika berbicara tentang rambut bergelombang dan bob, yang terpenting adalah merangkul tekstur alami rambut Anda. “Rambut bergelombang tampak bagus dengan lapisan panjang yang lembut,” kata Holinsworth.

Perawatan Rambut Bob

Untuk mempertahankan bentuk rambut bob, disarankan untuk memangkas antara 6-12 minggu, tergantung seberapa pendek potongan Anda, menurut Holinsworth. Tergantung pada seberapa pendek rambut, Anda mungkin ingin melakukannya lebih sering, tetapi jika Anda menginginkan model bob yang berubah menjadi lebih bob setiap beberapa bulan, silakan menunggu lebih lama. Sharpton juga menyarankan untuk memotong rambut Anda sedikit lebih pendek jika Anda ingin memotong rambut lebih lama, semuanya kembali ke pilihan Anda.

Selain memotong rambut, menjaga rambut tetap bagus dan sehat juga penting, terutama pada kulit kepala. Pastikan untuk menggunakan pelindung panas setiap kali Anda menggunakan alat panas pada rambut Anda baik itu pengering rambut, alat pelurus rambut, atau alat pengeriting rambut, dan berikan perhatian ekstra pada rambut Anda dengan menggunakan minyak dan bahkan perawatan pasca keramas. 

Pilihan Editor: Kerap Gonta-ganti Gaya Rambut, Kini Selena Gomez Tampil dengan Rambut Bob

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."