8 Manfaat Air Kelapa untuk Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Air kelapa punya segudang manfaat untuk tubuh, termasuk rambut. Mencuci rambut dengan air kelapa merupakan alternatif alami dan menyegarkan dibandingkan produk perawatan rambut tradisional. Berkat kandungan sukrosa, glukosa, magnesium, asam amino, potasium, dan mineral, air kelapa bisa menambah kemilau dan mencegah kerontokan rambut. Berikut sejumlah manfaat air kelapa untuk rambut.

1. Hidrasi untuk rambut dan kulit kepala

Air kelapa kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan elektrolit. Saat digunakan untuk mencuci rambut, air kelapa memberikan hidrasi mendalam pada helai rambut dan kulit kepala. Hidrasi alami ini membantu melawan kekeringan, mengurangi masalah seperti ketombe dan gatal-gatal.

2. Mencegah rambut patah dan ujung bercabang

Sifat pelembap yang melekat pada air kelapa berkontribusi pada peningkatan elastisitas rambut, mengurangi kemungkinan kerusakan dan rambut bercabang.

Rambut yang terhidrasi dengan baik lebih tangguh dan tidak rentan terhadap kerusakan akibat penyikatan, penataan rambut, atau faktor lingkungan.

3. Mendorong pertumbuhan rambut

Air kelapa mengandung nutrisi penting seperti potasium dan magnesium, yang meningkatkan pertumbuhan rambut. Kanduangan tersebut menutrisi folikel rambut, merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat. Penggunaan air kelapa secara teratur sebagai pencuci rambut dapat membuat rambut menjadi lebih tebal dan panjang.

4. Mengurangi kerontokan rambut

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, kekurangan nutrisi, dan kesehatan kulit kepala yang buruk. Kandungan ragam zat gizi air kelapa dapat membantu mengatasi masalah ini dengan memperkuat akar rambut.

5. Mengembalikan keseimbangan pH

Tingkat pH air kelapa sangat mirip dengan pH alami rambut dan kulit kepala. Jadi, menggunakan air kelapa sebagai pencuci rambut membantu mengembalikan keseimbangan pH, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kesehatan rambut.

Tingkat pH yang seimbang berkontribusi pada rambut yang lebih halus, berkilau, dan mudah diatur..

6. Menambah kilau rambut

Efek menghidrasi dan mengkondisikan air kelapa berkontribusi pada peningkatan kilau. Penggunaan air kelapa secara teratur dapat mengubah rambut kusam dan tak bernyawa menjadi rambut berkilau dan lebih sehat.

7. Meminimalkan rambut kusut

Rambut kusut seringkali disebabkan oleh dehidrasi dan kurangnya kelembapan. Air kelapa bisa bertindak sebagai obat pengontrol rambut kusut alami dengan melembapkan helai rambut secara mendalam. Air kelapa menghaluskan kutikula, mengurangi kusut, dan membuat rambut Anda halus dan lebih sehat.

8. Lembut di kulit kepala

Tidak seperti beberapa produk rambut komersial yang mungkin mengandung bahan kimia keras, air kelapa lembut di kulit kepala. Cocok untuk semua jenis rambut, termasuk kulit kepala sensitif. Menggunakan air kelapa untuk rambut memberikan pengalaman pembersihan yang alami dan menenangkan.

Pilihan Editor: 8 Manfaat Air Kelapa, Tak Cuma Menghidrasi

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."