Oleh-oleh Khas Purwokerto yang Manis dan Gurih Selain Getuk Goreng

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Getuk goreng, kuliner khas Sokaraja, Banyumas. Dok.Kemendikbud

Getuk goreng, kuliner khas Sokaraja, Banyumas. Dok.Kemendikbud

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kota Purwokerto adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan berbagai julukannya seperti kota satria, kota pendidikan, kota keripik, dan disebut juga sebagai kota transit memiliki oleh-oleh khas Purwokerto yang beragam.

 Hal ini memungkinkan banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati kota hingga membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Oleh-oleh yang harus Anda coba saat berkunjung ke Purwokerto ada beragam, mulai dari sajian gurih hingga berbagai camilan manis. 

Nah jika kamu sedang jalan-jalan atau mampir ke kota ini, jangan lewatkan beberapa oleh-oleh khas asal Purwokerto yang bisa kamu beli, berikut informasinya. 

1. Klanting

dok. bayumas.tribunews.com

Makanan khas yang bisa Anda beli adalah klanting yang merupakan camilan atau makanan ringan yang terbuat dari tepung berbahan dasar singkong. Klanting umumnya berbentuk seperti cincin dan ada yang berbentuk seperti angka delapan dengan rasa gurih. 

2. Getuk Goreng Sokaraja

Ada juga getuk goreng yang terbuat dari singkong yang diolah dengan gula jawa. Setelah matang, getuk ini berwarna coklat dengan tekstur empuk dan rasanya yang manis. Anda bisa dengan mudah menemukan getuk goreng di toko-toko pinggir jalan yang berpusat di Kecamatan Sokaraja, salah satu kecamatan di pinggir kota Purwokerto.
 

3. Nopia

Dok. Liputan6.com

Oleh-oleh Purwokerto bernama nopia adalah jajanan berbentuk bulat seperti telur serta berwarna putih serta berbagai varian rasa yang terbuat dari tepung terigu. Proses pembuatannya pun cukup unik, yaitu dengan menempelkan adonan nopia di tungku khusus dalam suhu yang panas.

4. Lumpia Boom

Dok. cookpad.com

Jika Anda suka dengan camilan dengan cita rasa gurih dan asin, lumpia boom bisa menjadi pilihan. Lumpia ini unik karena ukurannya besar dan isinya yang banyak. Isian lumpia boom sendiri biasanya terdiri dari berbagai sayuran, telur, dan varian isi dengan rasa yang bermacam-macam sesuai selera. Lumpia boom ini juga biasa disajikan sebagai lauk dengan tambahan kremesan, nasi, lalapan, dan sambal sehingga makin lezat untuk disantap.

5. Jenang Jaket

Dok. m-griya syariah hotel

Oleh-oleh khas Purwokerto selanjutnya yang bisa Anda bawa yaitu jenang jaket. Makanan ini terbuat dari bahan tepung ketan, gula merah, dan santan kelapa dengan proses pengolahan yang panjang.

6. Wajik Kletik

Dok. cookpad.com

Wajik kletik menjadi kuliner populer di banyak wilayah Jawa Tengah, termasuk Purwokerto. Wajik kletik sendiri rasanya manis, tentu karena olahan gula Jawa di dalamnya. Teksturnya juga kenyal serta cocok untuk disantap kapan pun, biasanya juga disajikan jika ada acara-acara tertentu.

7. Tempe Dage

Dok. x.com

Jika Anda menyukai mendoan, maka tidak ada salahnya mencoba tempe dage. Tempe dage ini adalah campuran kelapa yang sudah dijemur dan digumpalkan. Olahan tempe dage ini biasanya juga ditambah dengan tauge atau cabai merah di atasnya untuk menambah rasa gurih. Anda juga bisa membeli tempe dage yang belum diolah untuk dimasak sendiri di rumah.

8. Tempe Mendoan

Ilustrasi tempe mendoan. Shutterstock

Mendoan adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai atau tempe yang dibalut dengan adonan tepung lalu digoreng. Anda juga bisa dengan mudah menemukan mendoan di warung-warung sekitar Purwokerto. Harganya pun cukup terjangkau dan Anda bisa memasaknya sendiri di rumah sehingga cocok untuk menjadi oleh-oleh.

9. Jalabiya

Dok. cookpad.com

Jalabiya adalah makanan khas Purwokerto juga yang terbuat dari bahan dasar singkong dan dibentuk menyerupai donat. Dalam jalabiya sendiri terdapat isian gula merah yang membuat cita rasanya semakin lengkap dan bisa menjadi opsi oleh-oleh khas Purwokerto.

Pilihan Editor: Oleh-oleh Khas Samarinda, dari Sagon Kelapa hingga Amplang

AWALIA RAMADHANI | VIVIA AGARTA FEBRIANTI | ISTIQOMATUL HAYATI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."