Oleh-oleh Khas Samarinda, dari Sagon Kelapa hingga Amplang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Amplang. Dok. Phinemo.com

Amplang. Dok. Phinemo.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat bertandang ke ibu kota Kalimantan Timur, Samarinda, ada beberapa oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan. Dari kuliner dengan cita rasa manis hingga gurih siap menggoyang lidah Anda. Dan, olahan durian salah satu primadonanya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut delapan oleh-oleh khas Samarinda.

1. Roti Durian Panglima 

Roti durian panglima. dok rotidurianpanglima.com

Roti Durian Panglima adalah toko oleh oleh khas Samarinda yang terkenal. Roti yang dijual di sini memang unik dibanding roti lain. Apalagi, daging durian roti terasa segar di mulut. Saking enak dan terkenal, para pembeli rela berjam-jam mengantre matangnya roti ini.  Di Toko Roti Durian Panglima, Anda juga bisa membeli suvenir khas Samarinda. Lengkap sekali, bukan?

2. Lempok Durian 

Kuliner ini salah satu oleh-oleh khas Samarinda. Bentuknya memang dodol, tetapi adonan lempok durian tidak membosankan seperti manisnya dodol biasa yang kaya minyak. Bahan utama lempok durian, yaitu durian asli yang ditambahkan gula dan tepung. Kuliner ini tahan lama sehingga cocok sebagai kudapan Anda ke luar kota.

3. Gula Gait 

Gula gait dok. libur.co

Hampir mirip dodol, kuliner gula gait ini adalah andalan buah tangan Samarinda yang penuh gula. Sebab, memang dibuat dari paduan gula aren dan pasir. Bentuk gula gait ini pun panjang dan kecil yang tidak mudah lumer di lidah. Jika Anda tertarik, maka bisa membelinya versi kiloan, juga kemasan mika yang mungkin dijajakan oleh para pedagang kaki lima.

4. Sagon Kelapa 

Sagon kelapa Samarinda biasanya ludes saat lebaran. Kuliner ringan ini rasanya sangat gurih terbuat dari kelapa parut asli yang disangrai. Komposisinya sangat sederhana. Hanya dari tepung dan gula yang dipadu kelapa. Kegurihan inilah yang membuat lidah Anda tidak mudah bosan menyantapnya.

5. Keminting

Kemiting. dok. sajiansedap.grid.id 

Nama keminting rupanya tidak jauh dari bahan utamanya, yaitu kemiri. Oleh-oleh ini dimasak dengan tambahan sagu, tepung, dan gula. Setelah masak, memang keminting terlihat bertekstur keras. Apalagi, bentuknya seperti tempurung kerang. Keminting pada aslinya tidak demikian karena kuliner ini mudah lumer dan lembut di mulut.

6. Amplang 

Olahan daging ikan tenggiri laris dijadikan bahan produk oleh-oleh khas Samarinda, salah satunya amplang yang juga dicampur dengan tepung kanji dan rempah. Amplang Samarinda cukup unik dengan tekstur seperti kerupuk. Jika Anda bosan dengan amplang rasa ikan tenggiri, cobalah pilih amplang rasa ikan haruan (gabus) serta ikan pipih (belida).

7. Kue Ilat Sapi 

Kue ilat sapi. dok.cookpad.com

Kue ilat sapi atau lidah sapi hampir sudah terkenal di banyak wilayah Nusantara. Namun, jika Anda membelinya di tanah Samarinda langsung tentu memiliki cita rasa yang berbeda. Bentuk oleh-oleh kuliner kue ilat sapi ini bulat cembung. Lalu, ditabur dengan wijen penambah kelegian kue. 

8. Abon Kepiting 

Abon yang diolah dari kepiting cukup sulit untuk Anda jumpai. Konon, yang namanya abon identik dari daging ayam atau sapi. Itulah yang membuat kuliner abon kepiting khas Samarinda menjadi incaran. Selain kepiting ada juga abon khas ikan gabus yang tidak kalah sedapnya.

Pilihan Editor: Oleh-oleh Khas Solo yang Banyak Digemari, dari Rambak Kulit hingga Serabi

NIA HEPPY | ALFI MUNA SYARIFAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."