Minum Jus Cranberry Bisa Mengatasi Sembelit, Begini Penjelasan Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jus cranberry. Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Ilustrasi jus cranberry. Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan kesehatan atau Health kali ini, kita mengulik manfaat minum jus cranberry bisa mengatasi sembelit. Meskipun jus cranberry bukanlah obat pencahar alami yang paling efektif, ada beberapa alasan mengapa jus cranberry dapat membantu meringankan sembelit.

Alasan pertama adalah menghidrasi. Jika Anda bukan penggemar air putih, jus cranberry dapat membantu Anda mencapai target hidrasi hari itu. Karena hidrasi yang cukup adalah kunci untuk buang air besar yang sehat dan teratur, minum jus cranberry untuk meningkatkan asupan cairan dapat membantu Anda buang air besar, menurut Amanda Sauceda, ahli diet yang berfokus pada kesehatan usus.

"Jus cranberry juga merupakan sumber gula alami yang disebut fruktosa, yang dapat memberikan efek pencahar ringan," kata Sarah Robbins, ahli gastroenterologi dan pendiri Well Sunday Health Corporation dikutip dari Well+Good, 7 Maret 2024. Satu porsi biasa jus cranberry (8 ons) akan dengan lembut membantu tinja bergerak melalui saluran pencernaan Anda.

Namun perlu diingat, jika Anda sangat sensitif terhadap fruktosa (seperti kebanyakan penderita sindrom iritasi usus besar) atau meminumnya dalam jumlah banyak, efek sebaliknya mungkin terjadi, menyebabkan diare. Jadi, ukuran porsi itu penting.

Selain itu, jus cranberry memiliki senyawa yang disebut salisilat, kata Katie Breazeale, ahli diet yang berspesialisasi dalam kesehatan usus di Princeton Longevity Center. Salisilat dikenal dapat meningkatkan bakteri sehat di usus sehingga melancarkan pencernaan.

Di luar khasiat sehat ini, cukup minum cairan termasuk delapn ons jus cranberry dengan air, teh herbal, dan minuman menghidrasi lainnya dan mendapatkan cukup kalori setiap hari dapat membantu usus besar berkontraksi, mengeluarkan kotoran dari sistem Anda.

Meskipun jus cranberry memiliki sifat menghilangkan sembelit, sebenarnya jus cranberry memiliki serat yang jauh lebih sedikit dibandingkan cranberry utuh, kata Dr. Robbins. Artinya, meminum jus cranberry mungkin tidak seefektif mengonsumsi cranberry atau makanan berserat tinggi lainnya.

Bisakah minum jus cranberry mengubah warna kotoran?

Secara teknis, jus cranberry dapat menyebabkan kotoran Anda terlihat berwarna kemerahan karena pigmennya yang berwarna merah tua, kata dokter Robbins. Namun dia menyebutkan hal ini tidak umum, dan kemungkinan besar tidak akan terjadi kecuali Anda sudah banyak mengonsumsi jus cranberry.

Meskipun demikian, jika warna kotoran Anda berubah setelah minum jus cranberry, warnanya akan kembali normal dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah meminumnya.

Namun, jika tinja Anda tampak hitam, itu bukan karena jus cranberry. Kotoran berwarna hitam bisa menandakan adanya pendarahan di saluran cerna bagian atas, misalnya dari lambung atau usus kecil bagian atas.

Kondisi ini—dikenal sebagai melena—biasanya tidak disebabkan oleh cranberry atau jus buah lainnya, menurut Clinic Cleveland. Hal ini mungkin disebabkan oleh suplemen tertentu, seperti suplemen zat besi atau obat yang mengandung bismut seperti Pepto-Bismol. Jika Anda mengalami tinja berwarna hitam (bisa disebabkan oleh pengobatan atau tidak), sebaiknya temui dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Berapa banyak jus cranberry yang bisa diminum per hari?

Porsi jus cranberry harian yang direkomendasikan adalah 8 ons, kata Breazeale. Dia menyarankan untuk tetap mengikuti rekomendasi ini, karena minum terlalu banyak dapat menyebabkan diare, lonjakan gula darah, dan kram perut.

Saat memilih jus cranberry, dokter Robbins merekomendasikan untuk memilih jus cranberry murni tanpa pemanis daripada koktail jus cranberry atau minuman lain dengan tambahan gula.

Efek samping minum jus cranberry

Berikut potensi kerugian jika terlalu banyak minum jus cranberry, menurut dokter Robbins:

- Gula alami dalam 100 persen jus cranberry dapat menambah dan berkontribusi terhadap risiko/komplikasi diabetes tipe 2 dan masalah gigi.

- Jus cranberry mengandung oksalat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal pada orang yang rentan terhadapnya, menurut Medical College of Wisconsin.

Jus cranberry juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk pengencer darah seperti warfarin. Inilah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba jus cranberry untuk mengatasi sembelit, atau meminumnya secara teratur, imbau dokter Robbins.

Pilihan Editor: Perempuan Lebih Sering Alami Sembelit Ketimbang Pria, Menurut Studi

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."