Yuk Intip Ragam Festival Budaya Jepang, dari Minum Teh hingga Penghormatan Dewa Kuil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Cosplayer berpose saat Jak-Japan Matsuri 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu 18 November 2023. Festival tahunan Jak-Japan Matsuri 2023 yang diselenggarakan untuk memperkenalkan budaya Jepang serta mempererat hubungan Indonesia-Jepang itu digelar pada 18-19 November. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Cosplayer berpose saat Jak-Japan Matsuri 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu 18 November 2023. Festival tahunan Jak-Japan Matsuri 2023 yang diselenggarakan untuk memperkenalkan budaya Jepang serta mempererat hubungan Indonesia-Jepang itu digelar pada 18-19 November. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -Apakah Negeri Sakura jadi salah satu destinasi wisata Anda? Jepang memiliki beragam festival budaya yang senantiasa diwariskan turun menurun, beberapa di antaranya bahkan dirayakan selama berabad abad.

Berikut adalah tiga festival budaya Jepang dalam skala terbesar:

1. Kanda Matsuri

Hinamatsuri, Tradisi dan Harapan untuk Anak Perempuan dalam Budaya Jepang. Kanda Matsuri adalah salah satu dari tiga festival utama di Tokyo dan berlangsung di sekitar Kuil Kanda Tokyo. Perayaannya berlangsung sekitar satu minggu dan puncaknya akan dilakukan sehari penuh melalui tiga pusat distrik Tokyo seperti Kanda, Nihonbashi, Otemachi dan Marunouchi, disertai dengan mikhosi (kuil portable).

 Kanda Matsuri berasal dari periode Edo (1603-1868) sebagai demonstrasi kemakmuran Edo (sekarang Tokyo) Ketika Shogun Tokugawa pertama menetap di sana. Festival musim semi berlangsung pada pertengahan Mei setiap tahun dan berlangsung selama enam hari dengan perayaan utama berkonsentrasi pada hari Sabtu dan Minggu.

2. Kyoto Gion Matsuri

Menikmati Suasana Jepang dari Mekarnya Sakura hingga Minum Teh. Kyoto Gion Matsuri adalah festival menahun Kuil Yasaka, salah satu dari tiga festival teratas di Jepang. Perayaan akbar ini dihelat sepanjang bulan Juli dengan prosesi utama yaitu mendorong turun 33 kendaraan hias besar yang dikenal dengan yamahoko ke jalan-jalan Kyoto. Karena festival ini berlangsung sebulan penuh, banyak aktraksi budaya yang dapat disaksikan di Kyoto, termasuk proses pembuatan yamahoko.

3. Tenjin Matsuri

Tenjin Matsuri adalah salah satu festival paling terkenal di Osaka, festival ini terkait dengan Kuil Tenmangu Osaka dan dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada dewa Kuil Sugawara no Michizane, dewa ilmu pengetahuan dan pembelajaran.

Hari pertama festival dimulai dengan ritual di tanah kuil, sementara hari kedua memiliki dua prosesi yaitu ritual di darat dan ritual di air. Prosesi darat akan dilakukan dengan parade di jalanan menggunakan kostum warna-warni, kostum karakter dan diiringi musisi. Selanjutnya pemujaan dilakukan di atas perahu khusus yang melayari sungai serta dimeriahkan pertunjukan kembang api.

Pada puncak perayaannya, sungai akan dipenuhi dengan kapal-kapal yang membawa noh (teater Jepang Klasik) dan pemain bunraku (boneka). Sementara itu, di sepanjang sungai akan dipenuhi kios makanan dan minuman. 

Pilihan Editor:  Fashion Liburan Shireen Sungkar di Jepang, dari Puffer Jacket hingga Kimono

NI KADEK TRISNA CINTYA DEWI | LUDHY CAHYANA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."