Muffest+ 2024 Media Viewing Hadirkan Cerita di Balik Fashion Designer saat Merancang Busana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menuju acara Road to MUFFEST+ 2024, Indonesian Fashion Chamber (IFC) menggelar MUFFEST+ Media Viewing pada tanggal 1-3 Maret 2024 di Jakarta/Foto: Doc. IFC

Menuju acara Road to MUFFEST+ 2024, Indonesian Fashion Chamber (IFC) menggelar MUFFEST+ Media Viewing pada tanggal 1-3 Maret 2024 di Jakarta/Foto: Doc. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhelatan fashion muslim tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival atau Muffest+ 2024 akan digelar untuk kesembilan kalinya pada tanggal 8-11 Agustus 2024 di Istora Senayan. Dalam rangkaian acara Road to MUFFEST+ 2024, Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersinergi dengan Gemalindo Kreasi Indonesia menyelenggarakan MUFFEST+ Media Viewing pada tanggal 1-3 Maret 2024 bertempat di Ice Palace Lotte Mall, Kuningan, Jakarta.

MUFFEST+ Media Viewing merupakan presentasi tren fashion dengan format yang berbeda dari yang biasa kita lihat selama ini. Dalam gelaran ini, para desainer dan brand fashion muslim Indonesia akan mempresentasikan koleksi tren 2024-2025 dalam format teatrikal yang menampilkan keragaman karya, kreativitas, dan inovasi dalam industri fashion muslim Indonesia dengan latar tempat Ice Palace yang ikonik. 

Menuju acara Road to MUFFEST+ 2024, Indonesian Fashion Chamber (IFC) menggelar MUFFEST+ Media Viewing pada tanggal 1-3 Maret 2024 di Jakarta/Foto: Doc. IFC

Mengusung tema "Indonesia As A Hub for Global Modest Fashion", MUFFEST+ Media Viewing 2024 menampilkan sebanyak 24 desainer dan brand yang mencapai 300 koleksi. Setiap desainer dan brand akan menampilkan 'pertunjukan' masing-masing yang bercerita tentang koleksinya, mulai dari konsep desain, produksi, hingga pemasaran di hadapan para fashion editors dan fashion buyers dari e-commerce, department store, reseller, loyal customer, dan lainnya yang secara khusus diundang dalam acara ini.

National Chair Indonesian Fashion Chamber (IFC), Lenny Agustin mengatakan MUFFEST+ Media Viewing dihadirkan sebagai showcase untuk memperlihatkan perkembangan tren, kreativitas, dan inovasi dalam industri fashion muslim yang diharapkan dapat menjadi acuan fashion muslim global. "Kami berharap melalui perhelatan ini dapat menunjukkan kepada dunia bahwa industri fashion muslim Indonesia memiliki potensi untuk berkembang secara global," papar Lenny Agustin, 

Lebih lanjut, Ali Charisma, Advisory Board Indonesian Fashion Chamber (IFC) menjelaskan perhelatan ini memberikan ruang bagi media untuk menggali lebih dalam sebuah konsep koleksi dari desainer dan brand fashion muslim Indonesia. Suatu koleksi memiliki story telling yang ingin diketahui oleh publik. Melalui event ini, kami juga bermaksud memberikan panggung dan apresiasi yang setara kepada brand-brand rintisan yang dapat memberikan dampak baik pada industri fashion dan lingkungannya, meskipun secara komersial dan finansial belum semapan brand-brand besar."

Menuju acara Road to MUFFEST+ 2024, Indonesian Fashion Chamber (IFC) menggelar MUFFEST+ Media Viewing pada tanggal 1-3 Maret 2024 di Jakarta/Foto: Doc. IFC

Begitu pula Guruh Heriansyah, Chief Marketing Officer PT. Gemalindo Kreasi Indonesia yang sangat antusias atas kerjasama perdana dengan IFC dalam penyelenggaraan MUFFEST+ 2024 ini. "Harapannya, kami dapat menjadi bagian dari perkembangan tren fashion Indonesia yang mewujudkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia. Dengan hadirnya kami, diharapkan dapat membuat acara ini semakin sukses dari segi penyelenggaraan," ucap dia. 

Keseluruhan koleksi yang dipresentasikan dalam MUFFEST+ Media Viewing ini meliputi ragam gaya busana muslim, antara lain street wear, urban wear, dan evening wear. MUFFEST+ Media Viewing 2024 terselenggara atas kerjasama sinergis dengan berbagai pihak, didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.  Untuk pertama kalinya, LUNARPRINTEX turut mendukung perhelatan MUFFEST+ dengan menyediakan bahan baku tekstil yang digunakan oleh enam desainer yang berpartisipasi dalam acara MUFFEST+ Media Viewing.

"Sebagai produsen kain atau tekstil, kami berupaya mengikuti perkembangan industri fashion, seperti kebutuhan brand fashion untuk membuat koleksi yang eksklusif atau terbatas. Kami memberikan layanan untuk memproduksi suatu motif tekstil dalam kuantiti kecil, tidak harus produksi dalam jumlah besar. Dengan begitu kami juga dapat membantu brand-brand yang ingin memulai produksi skala kecil dulu," ungkap Cathrine Nicole, Owner LUNARPRINTEX.

Pilihan Editor: Muffest 2023 Resmi Digelar, Ini Harapan Ali Charisma Ketua Nasional IFC

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."