Manfaat Alpukat untuk Perawatan Kulit, Menjaga Elastisitas hingga Mencegah Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain rasanya yang lezat sebagai kudapan sehat atau sebagai olesan roti panggang hangat, manfaat alpukat juga bisa untuk mengencangkan kulit. Hal ini disebabkan adanya lemak sehat, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam buah super bergizi ini

Alpukat tidak hanya kaya akan lemak sehat, tetapi juga merupakan sumber vitamin E dan C yang sangat baik, yang keduanya berperan penting dalam kesehatan dan vitalitas kulit Anda.

Berikut adalah manfaat alpukat untuk perawatan kulit

1. Menenangkan kondisi kulit

Menurut Maya Ivanjesku, kepala ilmuwan di LaFlore Probiotic Skincare, lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat.

Selain itu, kata Ivanjesku, nutrisi yang sama dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warna kulit.

2. Mencegah kerusakan kulit

Penelitian dari tahun 2011 menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan. Kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) pada kulit Anda dapat menyebabkan kerutan, tanda-tanda penuaan lainnya, dan kanker kulit.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dan vitamin E, yang ditemukan dalam alpukat, berperan penting dalam membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya.

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah penelitian tahun 2010 terhadap lebih dari 700 wanita mengamati hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan mikronutrien antioksidan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi – terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan dalam alpukat – membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."