Tips Merapikan Pakaian Tanpa Setrika, Lipat di Bawah Kasur dan Semprotan Buatan Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perlengkapan setrika.

Ilustrasi perlengkapan setrika.

IKLAN

5. Mandi Uap

Akan bersiap-siap dan menyadari pakaian Anda kusut? Lakukan banyak tugas dan hilangkan kusut pada pakaian Anda saat Anda mandi. Letakkan pakaian di gantungan, dan gantung di belakang kamar mandi Anda. Kemudian nyalakan air (semakin panas semakin baik), namun hati-hati jangan sampai sabun terciprat atau mengenai pakaian Anda.

Jika noda air pada kain benar-benar mengkhawatirkan, letakkan gantungan di rak handuk atau pengait di luar pancuran. Jika ini masalahnya, nyalakan pancuran air sepenuhnya dan biarkan ruangan menjadi beruap. Kemudian diamkan air selama kurang lebih 10 menit, dan saat Anda kembali, pakaian sudah siap untuk dikenakan. Jangan lupa menutup pintu dan jendela.

6. Ubah Panci Menjadi Setrika

Panci panas atau teko teh tidak sebagus setrika, namun cukup rapat, terutama jika bahan yang dimaksud adalah katun, wol, dan linen. Jangan menaruh panci panas di atas pakaian yang diberi hiasan plastik atau berbahan vinil karena dapat menyebabkan meleleh. Dan berhati-hatilah saat memegang hot pot tentunya.

Rebus sepanci air berukuran sedang.
Setelah air mulai beruap, keluarkan.
Tutupi pakaian dengan handuk sebelum disetrika, agar bagian bawah panci tidak merusak pakaian Anda.
Segera "setrika" pakaian dengan bagian bawah pot di atas meja atau permukaan keras lainnya.

7. Gunakan Semprotan Penghilang Kusut

Semprotan penghilang kusut adalah cara termudah untuk menghilangkan kusut dalam keadaan darurat jika Anda tidak memiliki setrika atau tidak punya waktu untuk menggunakannya. Cukup semprotkan pada pakaian yang kusut, kibaskan dengan kuat, dan kagumlah pada keajaiban yang terjadi.

8. Buat Sendiri Semprotan Penghilang Kusut

Jika Anda tidak memiliki semprotan penghilang kusut, jangan khawatir Anda mungkin memiliki semua bahan yang Anda perlukan untuk membuatnya sendiri.

Berikut cara membuat semprotan penghilang kusut:

- Campurkan 1 cangkir air (sebaiknya suling, rebus, atau botolan) dan 1 sendok teh pelembut kain cair.
- Tambahkan 1 sendok teh alkohol untuk membantu cairan menguap lebih cepat.
- Kocok larutan dalam botol semprot kosong lalu oleskan pada pakaian yang kusut.
- Jika Anda tidak memiliki pelembut kain, cobalah semprotan kerut buatan sendiri ini:

- Campurkan 1 bagian cuka putih dengan 3 bagian air dalam botol semprot.
- Oleskan pada pakaian Anda, lalu biarkan mengering. Kerutan akan hilang.
- Untuk menambah aroma, cobalah setetes minyak esensial favorit Anda (aroma jeruk sangat ideal) untuk menghilangkan baunya. Namun jangan menambahkan minyak terlalu banyak karena dapat menimbulkan noda.

9. Menghaluskan Kerutan dengan Setrika Datar

Alat setrika datar yang Anda gunakan pada rambut bisa menjadi setrika pakaian yang bagus dalam sekejap—dan bahkan berfungsi lebih baik pada area yang lebih kecil seperti kerah atau ruang kecil di antara kancing. Sebelum menyalakan setrika, pastikan pelatnya bersih dan bebas dari produk apa pun yang dapat menodai pakaian Anda. Meskipun piringnya tidak tampak kotor, bersihkan dengan alkohol sebelum melakukan hal lain.

Untuk bahan halus dan sutra, gunakan pengaturan suhu rendah. Untuk sweater dan kain yang lebih tebal, suhu yang lebih hangat adalah pilihan terbaik.

10. Letakkan di Bawah Kasur

Sedikit tekanan tambahan dari kasur Anda mungkin merupakan hal yang dibutuhkan pakaian Anda agar bebas kusut. Ratakan pakaian Anda pada permukaan yang rata lalu gulung kemudian letakkan di bawah kasur dan tunggu 15 hingga 20 menit sebelum dikeluarkan.

Cara ini berfungsi jika Anda punya waktu luang. Tergantung pada itemnya, mungkin diperlukan tekanan hingga 30 menit, tetapi meletakkan pakaian di bawah kasur semalaman akan lebih efektif. 

Pilihan Editor: Tips Menata Lemari Pakaian Agar Tetap Minimalis, Pilih Busana yang Masih Terpakai

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."