Cara Menyimpan Raspberry yang Tepat, Hindari Wadah Kedap Udara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Raspberry. Pixabay.com

Ilustrasi Raspberry. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaRaspberry tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan mineral bahkan terbukti melindungi terhadap penyakit seperti diabetes, kanker, dan banyak lagi. Namun, meskipun raspberry sangat lezat, buah ini juga merupakan salah satu buah beri yang paling lembut, dan cepat rusak. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menyimpan raspberry yang tepat.

Jika disimpan dengan benar, raspberry segar bisa bertahan hingga dua hari di kulkas. Jika Anda ingin menikmatinya sebaik mungkin, jangan buang waktu. Namun, membekukan raspberry segar juga merupakan pilihan yang bagus karena akan meminimalkan limbah dan memungkinkan Anda menikmati raspberry bahkan saat sedang tidak musimnya. 

Cara Menyimpan Raspberry

Cara untuk menjaga raspberry tetap segar adalah dengan menghilangkan kelembapan tambahan. Setelah Anda pulang dari pasar petani atau toko kelontong, letakkan semua raspberry segar di atas tisu agar kelembapan ekstra dapat diserap. Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa buah beri berjamur, itu harus dibuang dan tidak dimasukkan kembali bersama raspberry lainnya.

Setelah raspberry ditepuk hingga kering, masukkan kembali ke dalam wadah berlubang. Aliran udara sangat penting untuk menjaga buah beri tetap segar, jadi jangan pernah menyimpannya dalam wadah penyimpanan makanan yang kedap udara.

Hal lain yang perlu diingat adalah mencuci raspberry hanya setelah Anda siap memakannya. Memberikan kelembapan pada buah beri akan mendorong pertumbuhan jamur dan membuatnya lebih cepat rusak.

Terakhir, Anda harus menyimpan raspberry di bagian depan kulkas. Meletakkan raspberry di bagian belakang kulkas, atau bahkan di laci rak, dapat menyebabkan raspberry lebih cepat rusak.

Cara Membekukan Raspberry

Raspberry cepat rusak, bahkan jika disimpan dengan benar. Jika Anda ingin mengawetkan raspberry segar selama mungkin, membekukannya selalu merupakan pilihan yang bagus.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengawetkan raspberry Anda hingga 18 bulan:

- Periksa karton raspberry Anda dan buang semua yang berjamur atau berubah warna.

- Cuci raspberry secara perlahan dalam saringan setidaknya dua kali, pastikan tidak merendamnya.

- Biarkan terkuras selama 10 menit.

- Sebarkan raspberry di atas tisu dan keringkan, jangan sampai lembap.

- Letakkan raspberry di atas loyang yang dilapisi kertas lilin, pastikan tidak bersentuhan.

- Masukkan loyang ke dalam freezer selama 2-4 jam, pastikan untuk memeriksa raspberry setiap sekitar satu jam.

- Setelah raspberry membeku, masukkan ke dalam kantong atau wadah kedap udara yang aman untuk freezer. Jika disimpan dengan cara ini, raspberry akan bertahan sekitar 18 bulan.

Cara Mencairkan Raspberry

Ingin mengonsumsi raspberry beku, terlebih dahulu Anda bisa membiarkannya mencair di lemari es selama sekitar 12 jam, atau, jika Anda ingin menikmatinya lebih cepat, Anda bisa meletakkannya di meja dapur dan menyimpannya setelah mencapai suhu kamar. Pastikan untuk tidak memasukkan raspberry beku ke dalam microwave, karena dapat merusak tekstur dan rasanya.

Semoga cara menyimpan raspberry beserta cara membekukannya bisa membantu Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Lemon agar Tetap Segar Menurut Ilmuwan Makanan

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."