Bedanya Tujuan Wisatawan Gen Z dan Gen X Saat Liburan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi mengisi liburan dengan membaca buku. Dok. Zenius

Ilustrasi mengisi liburan dengan membaca buku. Dok. Zenius

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aplikasi perjalanan RedDoorz mengungkap hasil menarik mengenai preferensi tujuan wisata pelancong Indonesia. Berdasarkan survei RedDoorz Indonesia, diketahui bahwa wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan milenial umumnya memilih liburan sebagai cara untuk mengurangi stres.

Menurut laporan resmi yang diterima pada hari Minggu, survei tersebut dilakukan dari akhir Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024, melibatkan responden pelanggan RedDoorz dari kelompok Gen Z dan milenial dengan rentang usia 14-42 tahun, serta kelompok Gen X yang berusia 43-50 tahun.

Sebanyak 67 persen dari responden kelompok wisatawan Gen Z dan milenial mengatakan bahwa mereka melakukan perjalanan liburan untuk menghilangkan stres. Di sisi lain, 57 persen wisatawan dari kelompok Gen X melakukan liburan untuk mendapatkan lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga.

Survei ini juga mengungkap preferensi liburan dari masing-masing kelompok wisatawan. Wisatawan Gen Z dan milenial cenderung mencari inspirasi liburan langsung melalui media sosial, sementara Gen X lebih suka mencari sumber inspirasi liburan melalui mesin pencari seperti Google.

Yogyakarta dan Bandung menjadi destinasi liburan favorit sepanjang tahun 2023 untuk ketiga kelompok wisatawan ini.

Dalam hal pemilihan waktu liburan, ketiga kelompok wisatawan cenderung memilih tiga momen penting, yaitu libur bersama Natal dan Tahun Baru (40 persen), libur sekolah (38 persen), dan libur cuti Hari Raya Idul Fitri (37 persen).

Rata-rata, wisatawan Gen Z dan milenial menghabiskan waktu liburan selama tiga hari, sedangkan Gen X cenderung menghabiskannya hingga tujuh hari.

Terdapat temuan menarik lainnya, dimana 41 persen wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan milenial lebih memilih merencanakan liburan secara spontan atau mendadak. Sementara itu, 29 persen wisatawan dari kelompok Gen X cenderung merencanakan liburan beberapa bulan sebelumnya.

Perilaku spontan wisatawan Gen Z dan milenial ini juga memengaruhi kebiasaan mereka dalam memesan kamar hotel. Banyak dari mereka memesan hotel pada hari yang sama atau bahkan H-1 saat mereka akan menginap.

NIA PRATIWI | ANTARA

Pilihan Editor: Libur Nataru, Ahli Bagikan 7 Tips Tetap Sehat dan Terhindar dari Covid-19

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."