Agar Foto Paspor Kece, Begini Tips Riasan dan Gaya Rambut Menurut Pakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di ulasan kecantikan atau beauty kali ini, kita membahas tips riasan dan gaya rambut agar foto paspor kece dan stunning. Kita semua pernah melihat foto selebritas, kreator konten, dan teman yang berhasil mengambil foto paspor yang benar-benar bagus, dan muncul sejuta pertanyaan tentang pencahayaan dan beberapa kali percobaan. Meski pengambilan gambar tampak lebih bersifat sihir daripada sains, sebenarnya ada banyak hal yang dapat Anda persiapkan dengan riasan dan gaya rambut untuk foto paspor menurut para pakar.

Tips Menata Rambut untuk Foto Paspor

Sebelum Anda mulai menata gaya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa pedoman foto yang diperlukan untuk dokumen paspor. Penata rambut selebriti Christin Brown mengatakan persiapan rambut sangat penting untuk menangkap tampilan terbaik di kamera, apa pun gaya yang Anda inginkan.

“Salah satu saran saya adalah selalu memulai sesi penataan rambut dengan rambut lembap dan krim penghalus (untuk gaya ramping) atau krim pengeriting favorit Anda,” ujarnya dikutip dari Byrdie. "Ini benar-benar dapat menentukan gaya memori gaya," lanjutnya.

Kecuali jika Anda sangat terikat dengan tata rambut tertentu, menata rambut tergerai mungkin juga lebih mudah dikontrol dan disesuaikan di tengah pemotretan, kata penata rambut selebriti dan Artis Mane Addicts Cherilyn Farris.

Saran terbaiknya adalah menjaga tampilan tetap sederhana, fokus pada bentuk, kilau, dan penempatan. Farris menunjukkan bahwa kilau berfungsi sebagai highlight rambut. “Pikirkan tentang apa yang akan terlihat dari foto langsung,” sarannya, seraya menambahkan bahwa menyempurnakan tekstur alami Anda adalah pilihan yang tepat.

Untuk tekstur yang lebih lurus atau bergelombang, Farris sangat suka melakukan sentuhan dengan catokan dan spray volume. Saat menangani rambut keriting, dia menyukai minyak rambut berbahan mawar karena kilaunya yang kaya dan menutrisi, bahkan berfungsi ganda sebagai minyak tubuh untuk kilau ekstra pada tulang selangka, bahu, dan tulang belangka.

Untuk foto papors yang lugas dan langsung, Farris merekomendasikan untuk menata rambut tergerai dengan satu sisi terselip di belakang telinga atau bahu Anda. "Ini akan memastikan wajah Anda terlihat tetapi rambut Anda tetap terlihat disengaja. Gaya setengah ke atas juga bagus jika Anda ingin rambut menjauh dari wajah tetapi tetap memiliki rambut yang terlihat dari depan," tambahnya.

Brown mengatakan salah satu tips penataan rambut terbaiknya adalah membiarkan rambut diatur selama mungkin sebelum foto untuk mendapatkan volume dan bentuk yang optimal. “Jika Anda menginginkan rambut bervolume, pakai set roller sebelum melakukan apa pun akan memberikan gaya rambut yang tahan lama,” katanya

Tips Riasan untuk Foto Paspor

Menurut penata rias selebriti Nydia Figueroa, tidak apa-apa jika riasan yang Anda kenakan lebih tebal dari biasanya saat foto paspor atau tanda pengenal lainnya. Karena foto dalam jarak dekat dan lampu kilat cukup kuat, wajah Anda membutuhkan lebih banyak primer, concealer, dan foundation dengan cakupan penuh. Setelah dasar penampilan Anda siap, Figueroa menjelaskan bahwa penting untuk menambahkan kembali struktur melalui kontur.

“Kontur adalah cara terbaik untuk membuat fitur Anda menonjol,” jelasnya. Dia menyarankan menerapkannya berlapis-lapis dan memadukannya dengan baik sehingga meniru bayangan alami.

Dia menambahkan bahwa mengaplikasikan highlighter adalah langkah yang sangat baik untuk foto, tetapi merekomendasikan untuk tetap menggunakan highlight berwarna krem atau cair untuk mendapatkan cahaya yang lebih alami dan menyala dari dalam yang tidak terlihat terlalu keras di bawah lampu kilat.

"Aplikasikan perona pipi Anda di bagian atas tulang pipi untuk mengangkat dan buat kontur di bawah perona pipi untuk membentuknya," saran Figueroa. Dan, tonjolkan dagu Anda, terutama jika Anda tidak memiliki garis rahang yang kuat, karena ini tidak hanya akan membuat Anda terlihat percaya diri. tetapi lebih terstruktur di bagian wajah.

Dalam hal foto tanda pengenal resmi seperti paspor, yang mungkin akan Anda simpan selama beberapa tahun, sebaiknya gunakan tampilan yang sederhana namun tegas, berdekatan secara alami, yang menekankan struktur tulang Anda dan fitur-fitur yang mudah dikenali seperti mata, alis, dan bibir, kata penata rias selebriti dan Artis Mane Addicts Brittany Sullivan.

"Pikirkan bagaimana Anda akan merias wajah dan rambut Anda agar terasa halus, misalnya untuk wawancara kerja, tetapi jangan terlalu menekan karena pencahayaan membuat perbedaan besar dalam tampilan riasan," jelasnya.

Semoga tips riasan dan gaya rambut agar foto paspor kece bisa membantu, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 5 Produk Makeup yang Wajib Dibawa di Tas Anda, Lipstik hingga Eyeliner

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."