4 Langkah Perawatan Kulit Mendapatkan Glass Skin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com

Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaGlass skin salah satu istilah yang populer dalam kosakata kecantikan selama beberapa waktu. Tren ini berasal dari Korea dan menggambarkan kulit yang terlihat sangat lembap serta bercahaya seperti kaca. Menurut dokter kulit bersertifikat dan Pendiri Boston Derm Advocate, David Li, glass skin merupakan tampilan kulit wajah yang sebagian besar warnanya merata, halus, berkilau, dan montok. Hal itu pun diamini dokter kulit bersertifikat dan pendiri Facet Dermatology, Geeta Yadav yang mendefinisikan tren ini mengacu pada kulit wajah yang sangat montok dan bercahaya sehingga tampak seperti kaca..

Namun, penting untuk diingat bahwa glass skin bukanlah tentang memiliki kulit yang sempurna. Sebaliknya, tren ini mendorong kulit Anda ke kondisi paling sehat dan bercahaya.

Untuk mendapatkan tampilan wajah glass skin, ada sejumlah rutinitas perawatan kulit yang direkomendasikan para dokter kulit. Berikut empat cara yang mudah diikuti.

1. Double Cleansing

Pembersihan ganda alias double cleansing salah satu rutinitas perawatan kulit yang disarankan untuk tampilan glass skin. Menurut dokter Li, tahapan ini berguna bagi mereka yang memakai riasan berbahan dasar minyak atau tabir surya, menurut dokter Li.

“Anda harus menggunakan formula berbahan dasar minyak terlebih dahulu untuk menghilangkan riasan, tabir surya, dan minyak wajah,” kata dokter Yadav.

Cobalah konsentrasikan pembersih Anda pada area wajah yang rawan pori-pori tersumbat. Lalu, ikuti dengan pembersih berbahan dasar air untuk menghilangkan sisa-sisanya.

Bagi mereka yang memiliki kulit lebih kering, ia merekomendasikan penggunaan pembersih berbahan dasar air yang menghidrasi karena hidrasi adalah kuncinya. untuk mendapatkan kulit tampak seperti kaca.

Jika Anda rentan berjerawat, dia menyarankan untuk menggunakan pembersih dengan asam salisilat, bahan yang dikenal dapat mengurangi jerawat komedonal.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang kusam, sehingga mencegah pori-pori tersumbat dan menghaluskan tekstur yang tidak rata. “Dengan menghilangkan [penumpukan kulit mati] melalui pengelupasan kulit, Anda dapat membantu kulit sehat di bawahnya, yang secara alami memantulkan cahaya, bersinar,” kata dokter Yadav.

Anda memiliki beberapa pilihan berbeda untuk mengelupas kulit Anda. Dokter Yi merekomendasikan penggunaan pembersih lembut dengan keratolitik aktif, seperti asam salisilat, untuk memberikan tekstur kulit Anda lebih merata. Dia lebih memilih ini daripada serum eksfoliasi karena pembersihnya akan terbilas dan kecil kemungkinannya menyebabkan iritasi.

Sementara itu, dokter Yadav merekomendasikan penggunaan exfoliant kimia, seperti peel pad. Pengelupasan kimiawi menggunakan asam alfa-hidroksi (AHA), asam beta-hidroksi (BHA), dan asam poli-hidroksi (PHA) akan membantu memutus ikatan yang mengamankan sel-sel kulit mati ke permukaan kulit, menyapu dan mengungkapnya. kulit baru yang segar itu.

Jika ingin menggunakan scrub yang mengandung exfoliant fisik, sebaiknya mempertimbangkan kembali. Para dokter kulit tidak menganjurkan produk ini karena dapat mengiritasi atau bahkan berpotensi merusak kulit Anda.

3. Hidrasi Kulit

Melembapkan kulit mungkin merupakan langkah yang paling penting untuk mendapatkan glass skin. “Kulit kering tidak bisa memantulkan cahaya seperti kulit terhidrasi,” kata dokter Yadav. "Gunakan essens yang menghidrasi, [toner], dan serum, mungkin beberapa lapis jika Anda rentan terhadap kulit kering."

Daripada hanya mengoleskan serum ini ke kulit Anda, dia menyarankan untuk menggunakan gerakan mendorong untuk menekannya dan membantu kulit Anda menyerapnya. Jika Anda menggunakan beberapa produk, biarkan masing-masing produk benar-benar kering sebelum menambahkan produk lainnya. Idealnya, berjarak lima menit dari pemakaian.

Untuk pilihan pelembap, dokter Li merekomendasikan produk yang mengandung ceramide dan asam hialuronat karena membantu memperbaiki pelindung kulit untuk menciptakan penampilan yang lebih halus juga membuat kulit tampak lebih montok dan bervolume.

Mengoleskan minyak wajah nonkomedogenik untuk menjaga kelembapan dan hidrasi juga mungkin bermanfaat. 

4. Rutin Pakai Tabir Surya

Memakai tabir surya setiap hari adalah suatu keharusan, bahkan saat cuaca mendung. Dan, ini salah satu langkah perawatan kulit glass skin yang tak boleh dilewatkan.

“Radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari menyebabkan perubahan warna kulit, warna kulit tidak merata, dan berkurangnya volume karena kerusakan kolagen dalam proses yang dikenal sebagai solar elastosis,” kata dokter Li.

Maka dari itu, dokter Li dan Yadav sepakat rutin memakai tabir surya mencegah risiko kulit rusak akibat sinar matahari.

Untuk mendapatkan tampilan glass skin, ada beberapa langkah perawatan kulit dan produk (mulai dari double cleansing hingga produk pelembap berlapis). Dan mengikuti tips bermanfaat yang dibagikan oleh dokter kulit akan memberi Anda kulit paling sehat dan bahagia. Seperti biasa, jika Anda tidak yakin produk mana yang harus digunakan atau bagaimana reaksi kulit Anda, konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat sebelum mendalaminya.

Pilihan Editor: 5 Bahan Alami Ini Bisa Merawat Wajah Glass Skin ala Korean Beauty

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."