Mengenal 6 Jenis Keintiman, dari Fisik hingga Intelektual

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keintiman tidak hanya terbatas pada hubungan romantis, tapi juga bisa hadir dalam persahabatan, hubungan keluarga, juga hubungan profesional. Keintiman adalah tentang mengalami rasa kedekatan, saling percaya, dan dukungan dalam lingkup hubungan. Berikut enam jenis keintiman yang perlu diketahui.

1. Keintiman Fisik

Keintiman fisik mengacu pada kedekatan antar pasangan. Ekspresi fisik cinta mencakup keintiman fisik. Ciuman, pelukan, pelukan, atau berpegangan tangan memperdalam keintiman fisik.

2. Keintiman Emosional

Keintiman emosional adalah landasan hubungan romantis. Inti dari keintiman emosional terletak pada rasa saling percaya dan mendukung satu sama lain. Ini menyiratkan berbagi keinginan, pemikiran, dan ketakutan terdalam satu sama lain. Bersikap empati dan berdiri teguh satu sama lain di masa-masa sulit memupuk ikatan yang kuat di antara pasangan.

3. Keintiman Eksperiensial

Keintiman eksperiensial adalah hubungan yang terbentuk antara dua individu yang berbagi pengalaman positif atau negatif serupa yang memupuk ikatan di antara mereka. Itu bisa terjadi baik dalam persahabatan maupun hubungan romantis. Ini tentang menciptakan momen kegembiraan dan berpartisipasi dalam aktivitas bersama. Misalnya saja berolahraga bersama atau jalan-jalan.

Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

4. Keintiman Intelektual

Keintiman intelektual mencakup diskusi ide, perspektif, dan filosofi. Ini lebih tentang melakukan percakapan intelektual satu sama lain. Ketika dua individu berbagi gelombang mental yang sama, hal itu menumbuhkan keintiman intelektual yang luar biasa. Individu yang sapioseksual tertarik pada orang-orang intelektual. Misalnya, berbagi selera yang sama dalam musik atau seni, dan mendiskusikan buku atau ide dapat membantu membangun ikatan antar orang.

5. Keintiman Spiritual

Keintiman spiritual adalah tentang berhubungan dengan pasangan Anda tidak hanya pada tingkat fisik atau emosional, tetapi juga pada tingkat spiritual. Ketika dua orang saling mendukung dalam perjalanan spiritual, kesehatan, dan penyembuhan, hal ini menumbuhkan sikap positif dan memperdalam keintiman spiritual mereka. Berbagi keyakinan serupa seputar agama dan spiritualitas membentuk hubungan yang lebih dalam. Misalnya saja pergi haji bersama atau berdoa bersama.

6. Keintiman Diri

Keintiman diri menekankan pada membangun pembicaraan diri yang positif. Berfokus pada praktik perawatan diri dan cinta diri adalah aspek penting dalam menumbuhkan keintiman diri. Ini tentang memahami diri sendiri dan mengambil langkah sadar untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan positif. Keintiman diri memerlukan kebutuhan untuk fokus pada kesehatan secara keseluruhan.

Pilihan Editor: 5 Alasan Mengapa Kamu Mendambakan Keintiman dalam Hubungan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."