Cerita Irma Rihi Debut Akting di Film Women from Rote Island, Ungkap Ada Kemiripan dengan Tokoh Martha

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktor Irma Novita Rihi memberikan paparan saat konferensi pers film Women From Rote Island, Kuningan, Jakarta, Jumat, 16 Februari 2024. Film yang membahas isu tentang kekerasan seksual tersebut yang disutradai oleh Jeremias Nyangoen dan dibintangi Irma Novita Rihi (marhta), Merlinda Dessy Adoe (orpa), Van Jhoov (Dhamar) itu akan tayang pada 22 Februari dan akan tayang di 6 Negara. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Aktor Irma Novita Rihi memberikan paparan saat konferensi pers film Women From Rote Island, Kuningan, Jakarta, Jumat, 16 Februari 2024. Film yang membahas isu tentang kekerasan seksual tersebut yang disutradai oleh Jeremias Nyangoen dan dibintangi Irma Novita Rihi (marhta), Merlinda Dessy Adoe (orpa), Van Jhoov (Dhamar) itu akan tayang pada 22 Februari dan akan tayang di 6 Negara. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Irma Novita Rihi atau akrab disapa Irma Rihi debut akting di film Women from Rote Island. Dalam film yang disutradarai Jeremias Nyangoen ini, Irma berperan sebagai Martha, perempuan yang alami kekerasan seksual saat bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia alias TKI ilegal di Malaysia. Untuk mendalami peran perdananya, Irma mengaku susah-susah gampang. Adanya kemiripan sifat introvert dia dan tokoh Martha salah satu faktor yang membantu saat berakting.

"Dalam mendalami peran, (ada) kemiripan sifat Martha dan Irma, di mana saya sendiri jarang ngobrol, jarang ungkapin perasaan, bisa dibilang introvert. Dalam mendalami peran Martha, saya dibantu bapak Jerry (Jeremias Nyangoen), pelatih akting kita, teman-teman, jadi saya bisa mendalami," ujar Irma dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat, 16 Februari 2024.

Dia juga mengatakan menonton beberapa film yang mengangkat isu kesehatan mental untuk mendalami karakter.

Terkait pengalaman pertama akting dan langsung menjajal layar lebar, Irma mengaku ini salah satu momen luar biasa dalam hidupnya. "(Ini) film pertama saya, yang membuat saya amazing bisa ada di sini," katanya.

Irma juga mengatakan cerita Women from Rote Island yang mengangkat topik keluarga dan kesehatan mental menjadi daya tarik baginya.

"Saat bertemu (dengan asisten casting director) menceritakan sedikit ceritanya, dan saya sangat tertarik. Kebetulan ini menceritakan keluarga dan kesehatan mental, dan bagi saya itu sebuah tantangan," jelasnya.

Sutradara Jeremias Nyangoen (kanan) memberikan paparan saat konferensi pers film Women From Rote Island, Kuningan, Jakarta, Jumat, 16 Februari 2024. Film yang membahas isu tentang kekerasan seksual tersebut yang disutradai oleh Jeremias Nyangoen dan dibintangi Irma Novita Rihi (marhta), Merlinda Dessy Adoe (orpa), Van Jhoov (Dhamar) itu akan tayang pada 22 Februari dan akan tayang di 6 Negara. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Sutradara Ungkap Mata Basah Irma RIhi jadi Pertimbangannya

Sutradara Jeremias mengaku sengaja memilih para pemain dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, karena ingin mempertahankan nyawa dari cerita yang ditulisnya.

"Karena saya tidak ingin kehilangan soul, dialek, saya butuh magic kecil untuk memperkuat film, yang mungkin kalau saya pakai aktor yang sudah jadi membutuhkan waktu latihan yang sangat panjang. Para pemain ini juga berlatih dengan bersungguh-sungguh selama tiga bulan. Saya lebih mengutamakan nilai atau value permainan aktor saya," tuturnya.

Terkait proses casting aktris untuk tokoh Martha, Jerry sapaan akrabnya membutuhkan jalan panjang selama tiga bulan hingga bertemu Irma Rihi. Tampilan mata Irma salah satu alasan Jerry yakin bisa menghidupkan tokoh Martha.

"Tokoh itu punya nasib. Tokoh itu akan mencari karakternya, siapa aktor yang memainkan dia. sehingga singgahlah ke Irma. Pertama kali saya lihat, mata irma ini agak basah. Saya merasa ada hal yang lain di dalam dirinya," jelas aktor dan penulis skenario berusia 55 tahun ini.

Jerry kemudian meminta Irma untuk melakoni beberapa adegan dari naskah, dan dia pun semakin yakin.

"Saya pancing dengan dua lembar, dia bisa memainkan. Kita bisa membaca lima menit, dia bisa main, kelemahannya di sini, kelebihannya di situ. Dengan matanya yang sering basah, ini tokoh sangat kuat," ucapnya.

Tak cuma dari sisi akting, Jerry juga berupaya membangun dialog dengan Irma Rihi untuk semakin meyakinkannya. "Saya banyak ngobrol secara psikologis setelah tes beberapa lembar itu, ngobrol dan diskusi beberapa jam," jelasnya.

Film Women from Rote Island bakal tayang di bioskop seluruh Indonesia pada Kamis, 22 Februari 2024. Selain Irma Rihi, film peraih piala Citra 2023 ini juga dibintangi Merlinda Dessy Adoe, Bani Sallum Ratu Ke, Van Jhoov, Maria Dona Ines, Leonard Leo Leba, hingga Chelsi Tasi. Women from Rote Island tayang perdana di Busan International Film Festival 2023 pada 7 Oktober silam. Film ini juga sempat tayang di Jakarta Film Week yang digelar akhir Oktober 2023 dan memenangkan Direction Award. Film ini juga tayang di Asian Film Festival Barcelona 2023, dan QCinema International Film Festival 2023 di Filipina.

Pilihan Editor: Sinopsis Film Tulang Belulang Tulang, Komedi Road Trip Keluarga Batak Toba

 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."