Ketahui 6 Tipe Bos yang Sulit Dihadapi, dari Mudah Marah hingga Narsistik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi bos marah pada anak buahnya. Freepik

Ilustrasi bos marah pada anak buahnya. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bekerja dengan atasan yang sulit dapat menjadi tantangan dan berdampak pada kesehatan mental Anda. Ada berbagai karakter atau tipe bos yang sulit, masing-masing memiliki permasalahannya sendiri. 

Jika Anda pernah menghadapi situasi seperti ini, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian dalam menghadapi tantangan profesional ini. Bekerja dengan bos yang menuntut bisa jadi sulit - melibatkan hambatan komunikasi, ekspektasi yang bertentangan, atau gaya kepemimpinan yang tidak selaras dengan preferensi Anda. Dampak dari tantangan tersebut terhadap kesejahteraan dan kepuasan kerja Anda tidak dapat disangkal, kata para ahli.

Dr Harshil Shah, konsultan psikiater, terapis bersertifikat, dan konselor mengkategorikan bos yang sulit ke dalam berbagai jenis.

1. Mudah Marah

Mereka cenderung mudah tersinggung dan mudah marah, bahkan karena masalah sepele. “Mereka kesulitan mengendalikan amarah dan sering meledak-ledak. Para karyawan di bawah mereka seringkali cenderung kewalahan karena seringnya meluapkan amarah, yang menyebabkan mereka tidak mampu bekerja secara maksimal,” kata Dr Shah.

2. Pasif-agresif

Mereka mungkin tidak secara aktif mengkonfrontasi karyawan tentang kesalahan mereka dan lebih suka memendam emosi dan kemudian mengamuk karena masalah lain. Mereka bahkan mungkin mengejek karyawan atas pekerjaan yang tidak dilakukan dengan baik di masa lalu, karena para bos tersebut tidak mampu menyampaikan kekecewaan mereka secara sehat saat dibutuhkan.

3. Cuek

Mereka mungkin tidak menunjukkan sedikit pun kemarahan atau bahkan ketegasan, bahkan ketika diperlukan agar perusahaan dapat berfungsi dengan baik dan berkembang. Atasan yang demikian bisa saja mengalami kerugian yang sangat besar, baik bagi dirinya sendiri, karyawannya, maupun perusahaan itu sendiri.

4. Berdarah Dingin

Mereka mungkin tidak menunjukkan sedikit pun emosi atau rasa kemanusiaan ketika menyangkut hak-hak karyawan. Mereka mungkin tidak mengizinkan mereka untuk mengambil cuti bahkan dalam situasi yang diperlukan. Mereka akan mengharapkan jam kerja yang panjang tanpa mempertimbangkan dampak buruk yang ditimbulkan terhadap kesehatan mental karyawan atau kompromi yang mereka lakukan terhadap waktu pribadi dan keluarga.

5. Perfeksionis

Seringkali mereka sangat sulit dan mengharapkan Anda bekerja pada level mereka. Kunci untuk bekerja dengan mereka adalah secara transparan memeriksa apa yang mereka ingin Anda lakukan — baik sehari-hari, minggu demi minggu, atau bulan ke bulan — dan membuat daftar tugas yang jelas yang dapat Anda lakukan. 

6. Narsistik 

Atasan yang narsisis membuat pilihan berdasarkan kebutuhan egoisnya, tanpa mempertimbangkan orang-orang di sekitar mereka di tempat kerja. Mereka sering kali menyukai bawahan yang suka menjilat, yang merupakan kunci untuk bekerja dengan mereka. Cobalah untuk memuji salah satu pemikirannya untuk membantu Anda memihaknya.

Pilihan Editor:  Saat Anda Tidak Setuju dengan Bos, Lakukan 6 Hal Ini

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."