Gejala Kanker Serviks, Keputihan Hingga Gatal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kanker serviks. shutterstock.com

Ilustrasi kanker serviks. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Spesialis Onkologi dari RS Persahabatan Anindhita mengatakan ada beberapa gejala kanker serviks. Salah satunya adalah keputihan. Walau begitu, semua keputihan belum tentu artinya dia terkena kanker serviks.

"Iya, jadi ini gejalanya biasanya memang ada keputihan ya. Keputihan berulang gitu ya. Rasanya mungkin ada gatal, ada bau. Tapi tidak semua gejala ini arahnya ke arah kanker," ujar Anindhita dalam acara  “Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV” yang disiarkan oleh Kementerian Kesehatan di Jakarta, Selasa 13 Februari 2024.

Ia mengungkapkan hal itu sebagai respon dari pertanyaan mengenai gejala kanker serviks. Apabila terdapat tanda seperti itu, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui apakah gejala itu disebabkan oleh infeksi atau hal lain.

Dalam kesempatan tersebut, dia menjelaskan, bahwa kanker serviks adalah kanker yang menyerang bagian serviks, yaitu bagian rahim yang menonjol ke permukaan vagina. Sejumlah orang yang berisiko terkena kanker tersebut adalah orang yang pernah melakukan hubungan seksual saat masih muda, misalnya di bawah 17 tahun, orang yang sering bergonta-ganti pasangan, serta yang sering merokok. "Biasanya ini pasien yang dicurigai kanker serviks datang ke dokter dengan keluhan biasanya perdarahan," katanya.

Dia menjelaskan, keluhan-keluhan tersebut seperti pendarahan setelah hubungan seksual, atau menstruasi yang tidak selesai-selesai. Bahkan yang sudah menopause, yaitu perempuan berusia 50 tahunan yang tidak menstruasi lagi, bisa tiba-tiba berdarah lagi.

Selain itu, ujarnya, keluhan yang selanjutnya adalah keputihan dengan durasi yang lama. Dia menjelaskan, pada kanker serviks stadium tinggi, ada keluhan lain, seperti nyeri di daerah panggul. "Karena biasanya kanker-nya sudah besar, jadi menekan ke area-area di sekitar serviks sampai ke area panggul," dia menjelaskan.

Kanker serviks merupakan kasus kesehatan organ reproduksi yang paling tinggi. Dia menyebut, kasus baru kanker serviks sekitar 30 ribuan, dan angka tersebut merupakan 17 persen dari kasus kanker pada wanita.

Sementara itu, ujarnya, angka kematian akibat kanker serviks mencapai 19 persen dari total kematian akibat kanker. Sejumlah cara untuk mencegah kanker serviks, seperti melakukan vaksinasi, skrining, tidak merokok, dan makan makanan dengan gizi seimbang.

Pilihan Editor: Pengidap Kanker Serviks Bisa Hamil, Ketahui Risikonya Berikut Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."