Tayang Hari Ini, Berikut 3 Fakta Menarik Film Ali Topan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Poster film Ali Topan. Foto: Visinema Pictures.

Poster film Ali Topan. Foto: Visinema Pictures.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Ali Topan tayang di bioskop Indonesia hari ini, Rabu, 14 Februari 2024. Film yang diangkat dari novel terlaris berjudul Ali Topan karya Teguh Esha ini hadir dengan cerita yang dekat dengan anak muda masa kini karena akrab dengan musik dan tongkrongan. Untuk lebih lengkapnya, berikut fakta menarik film Ali Topan yang diproduksi Visinema Pictures.

1. Ada Gebrakan, tapi Tetap Relevan

Tersi Eva Ranti selaku produser film Ali Topan mengaku sejak awal dapat IP karya besar ini, dia merasa harus ada gebrakan yang dibuat agar karya ini tetap relevan.

"Ali Topan jadi budaya pop yang tinggi di tahun 70-an. Cita-citanya Visinema gimana caranya kita mengembangkan karya tersebut sesuai dengan nilai-nilai baru yang relevan dengan masa kini. Khususnya, bagaimana kita menciptakan rebel yang bertanggung jawab," ujar Tersi kepada awak media usai penayangan perdana film Ali Topan di Jakarta Selatan, Selasa, 13 Februari 2024.

2. Cerita di Film Berangkat dari Pengalaman Asli Sutradara

Sidharta Tata selaku sutradara film ini antusias menjelaskan pengalamannya soal semangat yang dihadirkan dalam film Ali Topan masa kini. Menurutnya, film Ali Topan masih berangkat dari inti utama Ali Topan di karya novel aslinya. 

"Kita masih tetap mengambil core utama dari Ali Topan dengan semangat pemuda yang melawan ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya. Pemuda yang memang urakan, punya ideologi yang cukup besar tapi juga dia tidak melupakan nilai-nilai yang juga penting baginya," ujar sutradara Sidharta Tata. 

Meski begitu, ia tidak menambahkan istilah anak jalanan yang hadir di film versi sebelumnya. Bagi sutradara dan tim, istilah anak jalanan sudah tak relevan dengan budaya generasi muda masa kini yang cenderung menganut skena atau culture musik yang unik.

"Itu yang saya coba masukkan dari kehidupan saya sebetulnya. Saya besar di lingkungan anak-anak skena, anak-anak musik yang memang hidupnya tidak berada di level permukaan yang terlihat orang pada umumnya. Saya mencoba substitusi jalanan itu menjadi sebuah komunitas komunal underground yang memang tersebar di seluruh kota di Indonesia," tutur Tata.

Dari pengalaman itu, kemudian lahirlah dinamika-dinamika cerita yang ada di film Ali Topan. "Jadi ruangnya yang kami pindahkan, tapi semangat, kemampuan, dan kisahnya mereka masih tetap sama yang kami modifikasi supaya tetap relevan dengan anak muda," imbuh Tata. 

3. Pemeran Film Ali Topan

Film produksi Visinema Pictures ini dibintangi oleh Jefri Nichol sebagai Ali Topan dengan gaya kekinian bersama motor dan teman-temannya di jalanan. Sementara itu, Lutesha berperan sebagai Anna Karenina, kekasih Ali Topan. Kisah percintaan keduanya mencuri perhatian dengan gaya urakan atau rebel.

Jefri Nichol juga bersanding dengan Ari Sihasale, aktor senior yang pernah memerankan
karakter Ali Topan di versi 1997. Pada film Ali Topan terbaru ini, Ari Sihasale ikut terlibat dan memerankan karakter Opung Brotpang. Sosok pria paruh baya yang mengelola Warung Seni dan disegani oleh Ali Topan serta kawan-kawannya. 

Selain itu, Film Ali Topan juga dibintangi oleh Reza Hilman sebagai Dudung, Omara Esteghlal memerankan Bobby, Bebeto Leutualy  sebagai Gevaert, dan Axel Matthew Thomas menjadi Boy.

Pilihan Editor: Sinopsis Film Tulang Belulang Tulang, Komedi Road Trip Keluarga Batak Toba

INTAN SETIAWANTY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."