Perjalanan Karier Rose Blackpink, Ikut Audisi YG Entertainment di Australia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Rose Blackpink (tangkapan layar Youtube)

Rose Blackpink (tangkapan layar Youtube)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rose Blackpink berulang tahun hari ini, Minggu, 11 Februari 2024. Salah satu anggota grup K-Pop Blackpink itu menapaki usia 27 tahun. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat Rose, berikut sekilas profil dan perjalanan kariernya di dunia musik Korea Selatan

Rose diketahui lahir di Auckland, Selandia Baru, pada 11 Februari 1997. Menurut IMDb, perempuan dengan nama asli Roseanne Park Chaeyoung itu dibesarkan di Melbourne, Australia. Sedari kecil, Roses menunjukkan ketertarikan di dunia tarik suara.

Dia diketahui bagian dari paduan suara di salah satu gereja di Australia. Saat mengetahui agensi YG Entertainment mengadakan audisi di Sydney, Australia pada 2012, Rose segera mendaftar untuk mengikuti audisi. Dia pun berhasil lolos dan menduduki peringkat pertama dalam audisi tersebut dengan mengalahkan 700 peserta lainnya.

Sembari bersekolah di Canterbury Girls' Secondary College di Melbourne, Australia, Rose juga melakukan latihan sebelum debutnya. Kurang dari enam bulan setelah bergabung dengan YG, Rose tampil dalam album mini G-Dragon yang berjudul One of a Kind, dalam lagu Without You

Pada 8 Agustus 2016, Rose memulai debutnya di bawah naungan YG Entertainment, sebagai anggota BLACKPINK. Dikutip dari Soompi, Rose diketahui debut solo pada 12 Maret 2021 dengan merilis lagu dan video musik On The Ground dari album solo pertamanya berjudul R. Lagu dengan lirik yang seluruhnya berbahasa Inggris ini bercerita tentang kesadaran bahwa yang paling penting adalah diri sendiri.

Debut Solo Rose Blackpink Pecahkan Dua Rekor

Lewat lagu On The Ground dari album solonya yang bertajuk R, Rose memecahkan dua rekor dunia versi Guinness World Records. Hal itu diumumkan langsung oleh Guinness World Records pada Sabtu, 9 April 2021. Dilansir dari Soompi, video musik On The Ground milik Rose menjadi video dengan penonton terbanyak di YouTube dalam kurun waktu 24 jam oleh artis Korea. Video musik On the Ground berhasil mengumpulkan 41,6 juta penayangan dalam 24 jam pertama setelah dirilis pada 12 Maret 2021.

Dengan begitu, Rose Blackpink menjadi penyanyi Korea pertama yang memecahkan rekor tersebut dalam delapan tahun. Sebelumnya, rekor dibuat oleh PSY dengan 36 juta penayangan video musik Gangnam Style.

Selain itu, Rose juga menjadi yang pertama memuncaki dua tangga lagu global Billboard, yaitu Global Billboard 200 dan Billboard Global selain Amerika Serikat baik sebagai solois maupun sebagai grup. Data yang diluncurkan September 2020, Global Billboard 200 memberi peringkat lagu berdasarkan streaming dan data penjualan dari lebih dari 200 wilayah. Sedangkan, Billboard Global terdiri dari data dari wilayah tidak termasuk Amerika Serikat.

Guinness World Records memberi selamat kepada Rose Blackpink atas pencapaiannya yang luar biasa. "Ini mungkin hanya awal dari karir solonya yang memecahkan rekor," katanya.

Pilihan Editor: Jadi Model Sampul Majalah Elle, Rose Blackpink Tampil dengan Gaya Rambut Baru

YOLANDA AGNE | DWI ARJANTO | MARVELA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."