Imlek 2024, Kecap Manis Jadi Ciri Akulturasi Budaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kecap manis.

Ilustrasi kecap manis.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2024 (2575 Kongzili), masyarakat keturunan Tionghoa biasanya akan berkumpul dengan keluarga dan makan bersama. Ada beragam jenis makanan yang terhidang di pesta tersebut. 

Koki selebritas Ragil Imam Wibowo mengatakan salah satu makanan yang menjadi khas setiap perayaan Imlek adalah Pindang Ikan Bandeng. Menurut Ragil, kecap manis dipakai akibat adanya perpaduan budaya Tionghoa dan Indonesia yang sudah turun temurun.

"Kalau Imlek itu banyak makanan juga yang mulai menggunakan kecap manis karena pengaruh Indonesia, karena harusnya kan pakai mushroom sauce itu kecapnya masakan Tionghoa yang sebenernya rasanya asin tapi dulu susah dapatnya jadi akhirnya diganti kecap manis," kata Ragil pada Jumat 9 Februari 2023.

Ia mengatakan ciri khas makanan imlek masih memiliki pengaruh Tiongkok sebesar 70 persen, namun karena kesulitan mencari bahan untuk kecap, masyarakat Tionghoa memakai kecap manis yang hanya ada di Indonesia sebagai penggantinya.

Rasa yang dihasilkan kata Ragil akan ada sedikit perbedaan, namun warna yang terlihat pada makanan tersebut masih sama dengan resep asli Ikan Pindang Bandeng khas Tionghoa.

Selain Ikan Pindang Bandeng, makanan khas lainnya yang juga menggunakan kecap manis adalah paha babi yang dimasak semur atau sering disebut Samchan. Ada juga Mie Panjang Umur yang terdiri dari belasan kondimen yang dijadikan satu sebagai simbol melimpahnya rejeki dan kesehatan.

Beberapa makanan tersebut menjadi ciri khas saat perayaan Imlek karena memiliki makna kemurahan dan berharap keberkahan rejeki selama satu tahun ke depan. "Yang penting ada beberapa yang jadi pakemnya mereka misalkan harus ada ikan sebagai simbol harus lincah nyari rejeki, aslinya ada potongan ham dari babi bisa diganti sebenarnya dari daging sapi," kata Ragil.

Berbagai macam elemen dalam masakan khas imlek akan menyatu menjadi satu kesatuan dan membuat yang memakannya lebih sehat dan semangat cari rejeki lebih.

Pilihan Editor: Imlek 2024, Ini Angka Keberuntungan dan Kemalangan pada Tahun Naga Kayu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."