3 Manfaat Pose Yoga Dolphin untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pose dolphin yoga. Foto : Yoga Practice

Pose dolphin yoga. Foto : Yoga Practice

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pose yoga lumba-lumba atau dolphin pada dasarnya merupakan variasi dari pose anjing menghadap ke bawah dan bisa digunakan sebagai alternatifnya. Pose yoga dolphin menenangkan pikiran individu dan dapat digunakan sebagai pose meditasi jika tubuh tidak tegang.

Terlibat dalam pose ini bukan sekadar menahan statis, melainkan juga mengajak Anda menjelajahi berbagai lapisan ketahanan fisik dan fokus mental yang diperlukan untuk melakukan inversi tanpa intimidasi untuk mengangkat keseimbangan lengan. Pose yoga dolphin secara bertahap membantu Anda menguasai asana terbalik dan mengubah cara tubuh bergerak. Ini juga disebut ardha pincha mayurasana dalam Bahasa Sansekerta.

Manfaat Pose Yoga Dolphin

1. Efektif bagi penderita asma hingga atasi gejala menstruasi

Pose yoga dolphin berguna untuk meregangkan berbagai bagian tubuh secara bersamaan. Ini juga dianggap sebagai postur santai dan menenangkan, juga merupakan pose awal yang bagus bagi mereka yang ingin menjelajahi sisi meditatif yoga untuk kali pertama.

Pose ini juga efektif untuk penderita tekanan darah tinggi, linu panggul, atau asma. Wanita yang ingin meredakan gejala menstruasi dan wanita hamil sebaiknya memilih alternatif praktis ini selain pose anjing ke bawah.

2. Memperbaiki postur tubuh

Pose yoga dolphin cocok sebagai penawar dari tekanan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Saat seseorang membuka bahu dan meluruskan tulang belakang, pose ini  meningkatkan postur tegak yang juga memancarkan vitalitas dan kepercayaan diri.

Pose yoga dolphin adalah penggerak seluruh tubuh dan dengan demikian menargetkan beberapa kelompok otot pada saat yang sama, menuntut lengan, punggung atas, dan bahu, mempersiapkan tubuh untuk keseimbangan dan inversi lengan tingkat lanjut.

3. Mengatasi stres

Saat melakukan pose yoga dolphin, postur tubuh tradisional invert memungkinkan aliran darah yang menyegarkan ke otak. Pose ini tidak hanya meremajakan secara fisik, tetapi juga merevitalisasi mental melawan kelelahan sekaligus membantu meringankan stres dan kecemasan.

Pose yoga dolphin juga meningkatkan kesehatan mental sekaligus meningkatkan konsentrasi dengan sistem saraf yang terstimulasi serta menghilangkan insomnia dan depresi.

Cara Melakukan Pose Yoga Dolphin

Jaga agar pergelangan tangan Anda tetap sejajar dan berada di bawah bahu dengan lutut di bawah pinggul. Letakkan lengan bawah Anda di lantai dengan siku diletakkan tepat di bawah bahu Anda.

Saat Anda mengeluarkan napas, tekuk jari-jari kaki ke bawah dan gerakkan otot perut bagian bawah, lalu angkat lutut perlahan dari lantai. Dorong pinggul Anda ke atas lalu rentangkan kaki Anda hingga membentuk bentuk 'V', biarkan tumit Anda turun ke lantai.

Lanjutkan menarik perut bagian bawah ke dalam dan tekan tulang belikat ke punggung untuk memastikan tulang belakang Anda tetap panjang dan memanjang.

Sekarang, jaga agar kepala tetap rileks di antara kedua lengan dan pastikan kepala tidak menyentuh lantai. Pertahankan posisi ini selama 5 hingga 20 napas.

Sebelum memulai rutinitas olahraga baru apa pun termasuk pose yoga dolphin, konsultasikan dengan ahli kesehatan atau dengan kondisi kesehatan apa pun yang sudah ada sebelumnya. Orang dengan masalah punggung bawah seperti linu panggul harus berhati-hati. Pose ini memerlukan ekstensi tulang belakang yang besar dan dapat memperburuk kondisi tertentu. Karena pose yoga dolphin memberi beban pada pergelangan tangan dan lengan, hal ini dapat menyebabkan cedera tangan sehingga pose ini harus dihindari.

TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."