3 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bantu Kelola Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Daun pandan. Paxel

Daun pandan. Paxel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Daun pandan kerap digunakan saat membuat camilan manis seperti kolak ubi, bubur sumsum hingga bolu. Aroma dan rasa khasnya menambah cita rasa suatu hidangan. Selain itu, ada sederet manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh kita.

Dikutip dari WebMD, daun pandan adalah sumber vitamin dan antioksidan seperti beta karoten, vitamin C, tiamin, riboflavin, hingga niasin. Berkat kandungan gizi tersebut, daun pandan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun pandan juga bisa mencegah sejumlah penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Apalagi manfaat daun pandan? Berikut tiga di antaranya dikutip dari Healthline.

Manfaat Daun Pandan

1. Mengurangi Nyeri Radang Sendi

Penyakit radang sendi atau artritis mengakibatkan kekakuan sendi. Kandungan

Minyak yang terbuat dari ekstrak daun pandan kaya akan fitokimia yang diketahui dapat meredakan gejala radang sendi.

2. Bantu Mengelola Kadar Gula Darah

Daun pandan dapat membantu mengatur kadar gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan memiliki gula darah lebih rendah dibandingkan orang yang tidak. 

3. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Merujuk dari Medicenet, minum teh yang terbuat dari daun pandan dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan tubuh serta mengurangi stres maupun kecemasan.

Cara Mengolah Daun Pandan

Daun pandan terlalu berserat dan berserabut untuk dikonsumsi langsung. Daunnya biasanya digiling menjadi bubuk atau pasta, atau dimasukkan ke dalam air untuk membuat pasta atau ekstrak. 

Karena rasa pandan sangat kuat, satu atau dua ikat daun pandan biasanya sudah lebih dari cukup untuk dicampur ke dalam masakan.

Pilihan Editor: Manfaat Daun Kelor untuk Tubuh, Kontrol Tekanan Darah hingga Bantu Penyembuhan Luka

MALINI | DWI ARJANTO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."