Cerita Putri Muhaimin Iskandar, Rahma Arifa yang Berprofesi sebagai Jurnalis di Tahun Politik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Putri kedua calon wakil presiden Muhaimin Iskandar, Rahma Arifa/Foto: Linkedln/Rahma Arifa

Putri kedua calon wakil presiden Muhaimin Iskandar, Rahma Arifa/Foto: Linkedln/Rahma Arifa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Putri kedua calon presiden Muhaiman Iskandar atau akrab disapa Cak Imin, Rahma Safira ternyata memiliki ketertarikan yang sama dengan ayahnya yakni dunia politik. Ketertarikan Rahma pada bidang politik inilah yang mengantarkan dia akhirnya kuliah di jurusan International Social and Public Policy with Politics di The London School of Economics and Political Science (LSE). 

Usai merampungkan kuliahnya, Rahma Arifa yang akrab disapa Rara ini bergabung menjadi jurnalis di salah satu media nasional. Namun, privilise dia sebagai putri salah satu calon presiden membuat cerita berbeda manakala ia harus tetap menjalankan perannya sebagai jurnalis yang profesional dan independen. 

"Pastikan secara personal pasri dilema ya. Aku sebagai anak juga punya tanggung jawab mendukung. Nah, di sisi lain aku juga bekerja sebagai jurnalis yang memang profesional dengan bidangnya," ucap Rara dalam kanal YouTube Merry Riana yang diunggah pada 24 Desember 2023. 

Inisiator dan Kepala Sekolah Kebon Kemang ini merasa apresiatif dengan media tempatnya bekerja dengan kebijakan yang mereka lakukan untuk Rahma. Menjelang konstetasi politik berlangsung saat sang ayah fiks berpolitik, Rahma di non-aktifkan sebagai jurnalis yang mengampu politik domestik. Ia dialihkan sementara untuk menggarap isu sosial atau geopolitik luar negeri. 

"Setelah di non-aktifkan dari isu politik domestik, lalu mulai memasuki kampanye aku cuti panjang dulu di luar tanggungan tak berbayar biar clear semuanya sampai nanti pascapemilu. Supaya tidak ada conflict of interest, sih. Aku juga tidak masalah dan menghormati apa yang sudah jadi keputusan," ucap Rahma yang sebelumnya tidak terpikir terjun ke media. 

Meski tengah asyik menggeluti sebagai Jurnalis, ke depan Rahma memiliki rencana melanjutkan kuliah S2 Komunikasi. "Setelah itu nanti akan dilihat apakah akan pindak ke korporat, NGO atau lainnya, ya jalanin saja dulu," lanjut perempun kelahiran 29 Februari 2000 ini. 

Sementara ini, sebagai politisi muda, Rara memiliki program yang menyasar anak muda bertajuk Ekspedisi Perubahan yang diadakan di berbagai kota di Indonesia. 

Pilihan Editor: Mengenal Putri Muhaimin Iskandar, Mega Safira: Alumnus Universitas Indonesia dan Bekerja di OJK

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."