4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D Dilihat dari Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kekurangan vitamin D cukup umum terjadi pada manusia. Temuan terbaru mengungkapkan bahwa sekitar 79 persen pria dan 75 persen wanita menderita kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat memengaruhi berbagai fungsi tubuh termasuk kesehatan tulang yang buruk, perubahan suasana hati atau depresi, seringnya kram otot, lambatnya penyembuhan luka, dan banyak lagi. Hal ini juga dapat berdampak pada kulit.

Berikut tanda tubuh kekurangan vitamin D dilihat dari kulit.

1. Kulit Pucat atau Kering

Kulit adalah salah satu bagian terpenting dari seluruh tubuh dan perubahan pigmentasinya dapat memberi Anda beberapa petunjuk penting tentang kesehatan Anda. Kadar Vitamin D yang lebih rendah dapat menyebabkan seringnya perubahan hormon yang selanjutnya dapat menyebabkan seringnya timbulnya jerawat atau pucat secara acak pada kulit.

Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan kulit merah, kering, dan gatal. Vitamin D sangat penting untuk berfungsinya melanosit, sel yang bertanggung jawab memproduksi pigmen kulit.

Jika kadarnya tidak mencukupi, hal ini dapat menyebabkan perubahan warna kulit, yang merupakan manifestasi lahiriah dari ketidakseimbangan internal.

2. Keringat Berlebihan di Dahi

Archana Gupta, Ginekolog, pendiri Purna Gummies mengatakan keringat berlebihan dan tidak diketahui penyebabnya bisa menjadi tanda yang tidak kentara namun signifikan bahwa Anda kekurangan vitamin D.

"Meskipun berbagai faktor berkontribusi terhadap keringat, termasuk genetika dan kondisi lingkungan, penelitian menunjukkan korelasi antara kadar vitamin D yang rendah dan peningkatan keringat. Tingkat vitamin D yang cukup mendukung berfungsinya sistem saraf, dan kekurangan vitamin D dapat mengganggu keseimbangan ini dan menyebabkan keringat berlebih," ucapnya dikutip dari Times of India, 16 Januari 2024.

3. Kulit Cepat Menua

Kekurangan Vitamin D dapat membuat kulit menua lebih cepat. Berbagai perubahan fungsi tubuh akibat kekurangan vitamin D berkontribusi terhadap penuaan dini. Selain itu, penuaan juga memengaruhi kemampuan tubuh Anda memproduksi vitamin D.

4. Eksim Kambuh

Ini adalah kondisi yang bisa diperburuk oleh kekurangan vitamin D. Sifat anti-inflamasi vitamin berperan dalam mengatur respons imun dan dapat membantu meringankan gejala eksim. Penelitian menunjukkan bahwa menjaga kadar vitamin D yang optimal dapat berkontribusi dalam mengelola eksim dan mengurangi frekuensi dan intensitas kambuhnya eksim.

Jika Anda menderita eksim yang berkepanjangan, mempertimbangkan kadar vitamin D Anda dan mengambil tindakan yang tepat dapat meredakannya.

Pilihan Editor: Tanda Kekurangan Vitamin D, Kerap Alami Perubahan Suasana Hati

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."