11 Manfaat Buah Semangka, dari Hidrasi Tubuh hingga Melancarkan Pencernaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah semangka bukan hanya menyegarkan, namun memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan. Buah yang berasal dari Afrika Selatan ini memiliki kulit keras berwarna hijau pekat atau hijau muda, dengan larik-larik berwarna hijau tua. Umumnya daging buah semangka berwarna merah, namun ada pula yang berwarna kekuningan.

Cuaca terik dan panas, memang paling cocok melepas dahaga dengan mengkonsumsi buah semangka. Sebab, semangka mengandung 92 persen air menyegarkan yang cocok dikonsumsi siang hari dengan dimakan langsung, di jus, hingga dijadikan camilan si kecil.

Untuk itu, mari ketahui 11 manfaat buah semangka yang kaya akan manfaat berikut ini.

1. Hidrasi Tubuh

Kandungan 92 persen dalam buah semangka membantu mengurangi dehidrasi tubuh, sehingga efektif untuk menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah. Semangka sangat cocok dikonsumsi saat musim panas, agar cairan tubuh terpenuhi setiap hari dan membuat tubuh dapat bekerja secara optimal.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dalam penelitian The American Journal of Hypertension, senyawa antioksidan dan lycopene dalam buah semangka mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan vitamin, mineral, dan fitokimia dalam buah semangka dapat mengurangi risiko penyakit jantung, pembekuan darah, atau aterosklerosis.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin pada buah semangka bukan hanya berguna untuk kesehatan jantung saja, sebab kandungan Vitamin A dan C dalam buah semangka dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, memperbaiki akar rambut, hingga membantu melembabkan kulit.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah semangka mampu meningkatkan kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A, C, lutein, dan antioksidan, sehingga melindungi kesehatan mata dari paparan radikal yang memicu degenerasi makula, melembabkan mata, dan mengoptimalkan kesehatan sel-sel mata.

5. Meningkatkan Energi

Energi dalam tubuh berperan penting agar tidak mudah lesu dan lelah, sebab itulah mengkonsumsi semangka sangat dianjurkan karena memiliki kandungan vitamin B1 dan B6 yang sangat baik mengirimkan sinyal-sinyal positif sehingga tubuh menjadi lebih segar.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan likopen, seperti buah semangka dapat membantu mencegah kanker prostat. Selain itu, kandungan vitamin C dapat melindungi sel-sel kanker tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga sistem kekebalan tubuh tersebut dapat melawan perkembangan sel kanker.

7. Mencegah Stroke

Pencegahan stroke dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah semangka, sebab kandungan lycopene dalam semangka bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Menariknya, semaka juga berpotensi untuk mengurangi kekakuan dan ketebalan dinding arteri.

8. Melancarkan Pencernaan

Serat dan air dalam semangka dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga saluran pencernaan dapat bekerja secara efisien. Pastikan untuk mengkonsumsi semangka secukupnya saja, untuk menghindari sakit perut.

9. Menjaga Kesehatan Ginjal

Air yang tinggi dalam buah semangka, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urin, sehingga kesehatan ginjal jadi lebih baik dan terhindar dari penyakit.

10. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Dilansir dari Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology, senyawa citrulline dalam buah semangka membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh dan dapat melonggarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga tekanan dara tinggi dapat turun secara optimal.

11. Mengurangi Kelelahan

Jus semangka yang dikonsumsi sebelum latihan atau berolahraga mampu mengurangi pegal-pegal pada otot di keesokan hatinya. Dilansir menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, kandungan amino acids citrulline dan arginine membantu melancarkan sirkulasi dan tubuh jadi terasa lebih ringan.

Pilihan Editor: 10 Buah Anti-Inflamasi untuk Melawan Peradangan, Buah Naga hingga Semangka

NUR QOMARIYAH | DINI DIAH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."